2021, Kemenhub Kaji Wacana Pembangunan Bandara di Barabai HST Kalsel Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan

Disdik Kalsel Kembangkan Metode Belajar Jarak Jauh

- Apahabar.com Senin, 10 Agustus 2020 - 20:30 WIB

Disdik Kalsel Kembangkan Metode Belajar Jarak Jauh

Kepala Dinas Pendidikan Kalsel, Yusuf Effendi. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARBARU – Mengantisipasi kendala pada masa pandemi Covid-19, Dinas Pendidikan Kalimantan Selatan menyerahkan kebijakan pemilihan metode pembelajaran kepada masing-masing sekolah.

Dalam hal ini yaitu sistem dalam jaringan (daring) atau luar jaringan (luring).

“Sistem pembelajaran yang direposisi dari sekolah ke rumah, kita sadari memang ada di antaranya tidak bisa diakses melalui jaringan internet, ” ucap Kepala Dinas Pendidikan Kalsel, Yusuf Effendi kepada apahabar.com, Senin (10/8).

Dipaparkannya, Kalsel memiliki 4 karakteristik yaitu daerah rawa, dataran, pegunungan dan Kepulauan, sehingga dia tak menampik ada beberapa wilayah yang sulit terjangkau oleh jaringan internet.

“Sehingga untuk melengkapi sistem daring (online), maka digunakan juga sistem luring. Kemudian dikembangkan lagi dengan pembelajaran modul dan guru kunjung,” sebutnya.

Untuk peserta didik yang tidak dapat mengakses pembelajaran sistem daring, peran guru dilibatkan untuk hadir langsung dalam penyampaian materi atau modul pelajaran. Dia menyebutkan seperti yang dilakukan SMKN 1 Loksado.

“Akan tetapi tidak mutlak penuh lewat modul atau guru kunjung, sebagian juga ada yang lewat daring,” lanjutnya.

Dia memastikan Disdik Kalsel belum menerima laporan peserta didik yang putus sekolah akibat terdampak pandemi. Pembelajaran jarak jauh masih dapat diatasi hingga kini dengan melibatkan peran guru dan pengawas sekolah.

“Melalui koordinator pengawas sekolah, kita tekankan di awal apabila ada masalah untuk segera dilaporkan kepada kami. Sementara ini berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Terkait keterbatasan perangkat belajar secara daring, hal itu telah diatasi melalui bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) kepada sekolah untuk pengadaan gawai untuk siswa.

“Sekolah melalui dana DAK afirmasi dan kinerja untuk pengadaan gawai itu, jadi yang tidak punya bisa dipinjamkan untuk siswa. Sementara untuk internet melalui dana BOS, “tutupnya.

Editor: Puja Mandela

Reporter: Musnita Sari - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemprov Kalsel

Kejar Target, Bapelkes Banjarbaru Curi Start Swab Masif
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Dukung Belajar #dirumahaja, Dispersip Hadirkan Aplikasi iKalsel
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Soal Pembukaan Tempat Wisata, Ini Penjelasan Dinas Pariwisata Kalsel
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Dikerjakan Lebih Cepat, Barak SPN Banjarbaru Siap Difungsikan
apahabar.com

Pemprov Kalsel

HUT Ke-70 Pemprov Kalsel, Siap-Siap Swab Massal Esok
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Aksi Peduli Lingkungan, DLH Kalsel Turun Ke Jalan Bagikan Peralatan Kebersihan
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Proyek Renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin Terus Berlanjut
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Event Olahraga di Kalsel Mulai Bergairah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com