Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Jokowi Nyatakan Indonesia Bisa Kendalikan 2 Krisis BREAKING NEWS: Belasan Warga Tanah Bumbu Diduga Terjebak Longsor di Tambang Batu Bara Jokowi Sebut Potensi Wakaf Uang Bisa Tembus Rp 188 Triliun Naik 1.000 per Gram, Segini Harga Emas Antam Hari Ini

Disdukcapil Kapuas Mulai Cetak Dokumen Kependudukan Pakai Kertas A4

- Apahabar.com Senin, 3 Agustus 2020 - 20:37 WIB

Disdukcapil Kapuas Mulai Cetak Dokumen Kependudukan Pakai Kertas A4

Pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Kapuas. Foto-apahabar.com/Irfan

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas, Kalteng mulai menerapkan penggunaan kertas A4 80 Gram untuk penerbitan dokumen kependudukan masyarakat.

Penerapan itu sesuai surat edaran yang dikeluarkan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat tentang penggunaan kertas A4 80 gram dalam penerbitan dokumen pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil di Dinas Dukcapil setempat.

Surat edaran bernomor : 470/742/DKPS-KPS tahun 2020 tersebut dikeluarkan guna menindaklanjuti pasal 12 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 109 Tahun 2019 tentang formulir dan buku yang digunakan dalam administrasi kependudukan.

Dengan demikian, maka perlu dilakukan penyesuaian jenis dan spesifikasi formulir serta buku yang digunakan dalam administrasi kependudukan di Kapuas.

Dalam surat edaran itu dijelaskan bahwa mulai tanggal 3 Agustus tahun 2020, Disdukcapil Kapuas mulai melaksanakan penggunaan kertas HVS 80 Gram ukuran A4 warna putih dalam penerbitan dokumen pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil, kecuali bagi blanko KTP-el dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Berkenan hal itu, seluruh masyarakat diwajibkan memiliki alamat email dan nomor kontak pribadi yang dapat dihubungi guna penerbitan dokumen administrasi kependudukan tersebut.

Sementara itu Kepala Disdukcapil Kabupaten Kapuas, Ruseni, Senin (3/8) menjelaskan, berdasarkan pesan dari Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrullah, bahwa sesuai pasal 12 Permendagri 109 tahun 2019 formulir pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil menggunakan kertas A4 80 gram.

Untuk dapat melaksanakan hal tersebut maka harus menggunakan SIAK versi 7.3.4 dan berdasarkan pasal 21 menyatakan bahwa kertas sekuriti masih berlaku dan dapat digunakan sampai dengan 30 Juni 2020.

“Sehubungan itu apabila sampai kedepannya masih menggunakan SIAK versi lain dan kertas bukan A4 80 Gram, maka Dirjen Dukcapil akan menonaktifkan jaringan pelayanan,” pungkas Ruseni.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Reporter: Ahc25 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Pemprov Kalteng Ikut Selesaikan Polemik Jalan Eks Pertamina
Kalteng

Kalteng

Nyoblos di Kapuas, Ketua DPRD Kalteng: Siapa Pun Pemenangnya Itu Pilihan Rakyat
apahabar.com

Kalteng

Bersatu Lawan Covid-19, PT Jakon, PWI dan Satlantas Barut Berbagi Masker
apahabar.com

Kalteng

Takut Dicerai, Istri di Pangkalan Bun Rela Anak Digagahi Suami

Kalteng

Beri Rompi Pers untuk Wartawan, Simak Ungkapan Kapolresta
apahabar.com

Kalteng

Simak Ajakan Habib Ismail di Momen Hari Pahlawan
apahabar.com

Kalteng

Pasien Dalam Pengawasan di Barito Utara Bertambah
apahabar.com

Kalteng

Dua Bulan Buron, Pelaku Jambret di Kapuas Berhasil Diringkus
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com