Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Disdukcapil Kapuas Mulai Cetak Dokumen Kependudukan Pakai Kertas A4

- Apahabar.com Senin, 3 Agustus 2020 - 20:37 WIB

Disdukcapil Kapuas Mulai Cetak Dokumen Kependudukan Pakai Kertas A4

Pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Kapuas. Foto-apahabar.com/Irfan

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas, Kalteng mulai menerapkan penggunaan kertas A4 80 Gram untuk penerbitan dokumen kependudukan masyarakat.

Penerapan itu sesuai surat edaran yang dikeluarkan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat tentang penggunaan kertas A4 80 gram dalam penerbitan dokumen pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil di Dinas Dukcapil setempat.

Surat edaran bernomor : 470/742/DKPS-KPS tahun 2020 tersebut dikeluarkan guna menindaklanjuti pasal 12 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 109 Tahun 2019 tentang formulir dan buku yang digunakan dalam administrasi kependudukan.

Dengan demikian, maka perlu dilakukan penyesuaian jenis dan spesifikasi formulir serta buku yang digunakan dalam administrasi kependudukan di Kapuas.

Dalam surat edaran itu dijelaskan bahwa mulai tanggal 3 Agustus tahun 2020, Disdukcapil Kapuas mulai melaksanakan penggunaan kertas HVS 80 Gram ukuran A4 warna putih dalam penerbitan dokumen pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil, kecuali bagi blanko KTP-el dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Berkenan hal itu, seluruh masyarakat diwajibkan memiliki alamat email dan nomor kontak pribadi yang dapat dihubungi guna penerbitan dokumen administrasi kependudukan tersebut.

Sementara itu Kepala Disdukcapil Kabupaten Kapuas, Ruseni, Senin (3/8) menjelaskan, berdasarkan pesan dari Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrullah, bahwa sesuai pasal 12 Permendagri 109 tahun 2019 formulir pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil menggunakan kertas A4 80 gram.

Untuk dapat melaksanakan hal tersebut maka harus menggunakan SIAK versi 7.3.4 dan berdasarkan pasal 21 menyatakan bahwa kertas sekuriti masih berlaku dan dapat digunakan sampai dengan 30 Juni 2020.

“Sehubungan itu apabila sampai kedepannya masih menggunakan SIAK versi lain dan kertas bukan A4 80 Gram, maka Dirjen Dukcapil akan menonaktifkan jaringan pelayanan,” pungkas Ruseni.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Reporter: Ahc25 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Gegara Pasien Tak Jujur, Puluhan Tenaga Medis di Muara Teweh Diisolasi
apahabar.com

Kalteng

Positif di Palangka Raya, Tiga dari Kluster Pasar
apahabar.com

Kalteng

Ketika ‘Kota Cantik’ Diselimuti Kabut Asap, Palangka Raya Perpanjang Status Siaga Karhutla
apahabar.com

Kalteng

Imbas Pandemi, Taman TPA Palinget Sepi Pengunjung
apahabar.com

Kalteng

Lokasi Sakral Rusak, MD-AHK Barut Sampaikan Tuntutan ke PT Indexim
apahabar.com

Kalteng

Update Covid-19 Palangka Raya, Total 855 Pasien Sembuh
apahabar.com

Kalteng

Bayi Tewas Dalam Kantong Plastik di Teweh Selatan Ternyata Dibunuh Ibunya Sendiri
apahabar.com

Kalteng

IDI Kalteng Mencatat 11 Dokter Terpapar Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com