Kronologi Lengkap Ambruknya Pilar Jembatan HKSN Banjarmasin Versi Pemerintah VIDEO: Detik-Detik Evakuasi Pekerja Proyek Jembatan HKSN Banjarmasin Pilar Ambruk, Jembatan HKSN Banjarmasin Jadi Tontonan Warga Pilu Bocah Difabel Yatim di Kotabaru, Sekolah Lagi Berkat Bantuan Polisi Dermawan Breaking News: Pengundian Nomor Urut Pilkada Tanbu, Cuncung-Alpiya Datang Paling Awal

Doa Orang Sakit Sama dengan Doa Malaikat

- Apahabar.com Kamis, 6 Agustus 2020 - 06:30 WIB

Doa Orang Sakit Sama dengan Doa Malaikat

Ilustrasi berdoa. Foto-IBtimesindia

apahabar.com, JAKARTA – Menjenguk orang sakit dan mendoakannya perbuatan yang dianjurkan Rasulullah SAW. Dengan membesuk, maka orang yang sakit akan merasa terhibur dan termotivasi untuk sembuh.

Begitu juga bagi penjenguk, ia bisa mengambil pelajaran terutama agar lebih mensyukuri nikmat sehat yang masih diberikan oleh Allah SWT.

Dalam hadist dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:
وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ
Artinya: “Apabila ia sakit maka jenguklah.” (HR Muslim)

Jika kita menjenguk orang yang sedang sakit, sudah semestinya kita mendoakan yang terbaik untuk kesehatan dan dirinya. Namun bagaimana, jika kita yang meminta doa kepada orang sakit?

Mengutip artikel ditulis oleh alumnus Pesantren Walisongo Jombang dan Unhasy, Silmi Adawiya di Tebuireng.Online, bahwa Imam Nawawi dalam kitabnya al-Azkar menjelaskan berdasarkan hadis dari Umar bin Khatab:

عن عمر بن الخطاب رضي الله عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إذا دخلت على مريض فمره فليدع لك، فإن دعاءه كدعاء الملائكة

Artinya: “Umar bin Khatab berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Bila kamu mengunjungi orang sakit, mintalah ia untuk mendoakanmu, karena sesungguhnya doa mereka sama dengan doa malaikat.” (HR. Ibn Majah).

Kutipan hadist di atas mengingatkan bahwa ketika kita mendoakan orang lain, kita seyogyanya tidak melupakan doa untuk dirinya sendiri.

Meminta doa kepada orang sakit merupakan satu hal yang sering dilupakan oleh kita, padahal doa orang sakit itu laksana doa malaikat.

Mengapa demikian? Karena kebanyakan dari orang yang sakit hanya sibuk dengan mengingat Allah dengan caranya, tidak beraktifitas padat layaknya orang sehat biasanya.

Orang yang sedang sakit kebanyakan lebih ingat kepada Allah dan mulutnya tak henti mengucapkan dzikir tentunya. Pada momen inilah kita dianjurkan untuk meminta doa kepadanya.

Mungkin terkesan aneh bagi yang pertama melakukannya, karena kebiasan di masyarakat kita adalah kita sebagai penjenguk yang akan memberikan doa terbaik untuk orang yang sedang sakit.

Namun tak ada salahnya jika kita mau memulai kebiasan tersebut dari sekarang, karena terlalu indah jika dilewatkan begitu saja.

Bayangkan saja kita sedang minta didoakan oleh malaikat.

Dengan demikian, jika ada yang bertanya bolehkah kita meminta doa atau didoakan orang yang sedang sakit? Jawabannya adalah boleh, justru ini merupakan anjuran Nabi yang banyak dilalaikan oleh sebagian orang.

Bahkan dalam keterangan hadis Nabi disebutkan bahwa doa orang sakit sama dengan doa malaikat. (okz)

Editor: Syarif

Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Berikut Fatwa Muhammadiyah Jika Wabah Corona Terjadi Selama Ramadan
apahabar.com

Religi

Ulama Wanita yang Bersembunyi dari Nama Besar Sang Paman
apahabar.com

Religi

Sering Menginap di Rumah Abah Guru Sekumpul, Begini Cerita Guru Mulkani
apahabar.com

Habar

Di Tengah Pandemi, Haul Habib Mancung ke-52 di Pacakan Kusan Hulu Digelar Terbatas
apahabar.com

Habar

Jelang Haul ke 15 Guru Sekumpul,  Peziarah Makin Membludak
apahabar.com

Habar

Buka Umrah dalam Waktu Dekat, Saudi Minta Sejumlah Syarat
apahabar.com

Habar

Kader Muda NU Hadirkan Habib Seggaf Baharun di Tabligh Akbar, Catat Tanggalnya
apahabar.com

Religi

Ribuan Jemaah Hadiri Haul Guru Bawai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com