Bank Data Pilkada Kalsel 2020: 1 Pilgub, 2 Pilwali, 5 Pilbup, Peta Kekuatan 24 Paslon Misteri KDRT Berdarah di Kintap Tala, Polisi Selisik Jejak Suami Pandemi Covid-19, Air-Listrik Balai Karantina Banjarmasin Malah Nunggak! Akun Ilegal Paslon di Banjarmasin, Bawaslu Gandeng Kepolisian Dikira Diare, Wakil Gubernur Kalbar Ternyata Positif Covid-19

Dongkrak Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah di HST, LHE 2019 Jadi Pemicu

- Apahabar.com Selasa, 25 Agustus 2020 - 08:46 WIB

Dongkrak Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah di HST, LHE 2019 Jadi Pemicu

Salah satu kepala perangkat daerah di HST menerima penghargaan dalam penerapan sistem akuntabilitas kinerja 2019 di Auditorium setempat, Senin (24/8). Foto-Prokom HST for apahabar.com.

apahabar.com, BARABAI – Pemkab Hulu Sungai Tengah (HST) terus mendongkrak perangkat daerahnya agar mendapat nilai terbaik atas Laporan Hasil Evaluasi (LHE) akuntabilitas kinerja pada 2020 ini.

Bupati HST, HA Chairansyah mengatakan dari hasil LHE pada 2019, perangkat daerah di HST mengalami peningkatan.

Walau masih ada beberapa yang mendapatkan kategori CC, namun kebanykan perangkat daerah mendapatkan nilai A dan BB.

“Atas pencapaian ini, saya mengapresiasi sebesar-besarnya seluruh perangkat daerah yang telah bersungguh-sungguh mengupayakan perbaikan sehingga tercipta penggunaan anggaran yang efektif dan efisien,” kata Chairansyah usai menyerahkan penghargaan atas LHE 2019 lalu kepada perangkat daerah di Auditorium Setda HST, Senin (24/8).

Dari LHE itu, Chairansyah mengharapkan bisa dijadikan pemicu atau spirit dalam melaksanakan tugas yang berkualitas. Supaya dapat mendorong pencapaian target visi misi HST.

Ditegaskan Chairansyah, perangkat daerah agar lebih serius memenuhi unsur-unsur formalitas atau pemenuhan dokumen dan ketentuan lainnya. Baik instrumen maupun pemahaman yang mendalam oleh aparatur terkait pelaksanaan reformasi birokrasi.

Hal itu dicontohkan Chairansyah. Misalnya, meningkatkan kualitas perencanaan penganggaran dengan memastikan sasaran strategis yang jelas dan berorientasi hasil, ukuran keberhasilan yang jelas dan terukur serta program dan kegiatan yang berdampak langsung bagi pencapaian sasaran pembangunan.

“Janganlah cepat merasa puas. Mari kita terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan, sehingga kita bisa menunjukkan hasil yang lebih baik dalam sistem manajemen penyelenggaraan pemerintahan,” harap Chairansyah yang didampingi Wakilnya, Berry Nahdian Forqan dam Pj Sekda HST, H Faried Fakhmansyah.

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda HST, H Ehwan Rijani selaku panitia penyelenggara, ada dua tujuan dari kegiatan itu.

Pertama untuk memberikan pemahaman tentang implementasi SAKIP dilingkungan perangkat daerah. Tentunya sesuai rekomendasi yang diberikan oleh Inspektorat HST selaku Evaluator Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah.

Kedua, memberikan penghargaan kepada perangkat daerah dalam penerapan sistem akuntabilitas.

“Diharapkan dapat meningkatkan nilai akuntabilitas dari B menjadi BB melalui pembentukan komitmen pimpinan daerah dalam penerapan SAKIP melalui pemberian reward dan punishment,” kata Ehwan.

Dikatakan Ehwan, pelaksanaan evaluasi di 2020 telah dilakukan terhadap 37 perangkat daerah. Ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 26 perangkat daerah.

Ehwan merincikan, evaluasi akuntabilitas kinerja itu dilaksanakan dua tahap. Tahap evaluasi pertama didapat nilai rata-rata akuntabilitas kinerj perangkat daerah dengan predikat B.

Kemudian, perangkat daerah melakukan perbaikan nilai akuntabilitas kinerja melalui desk pada 6 Juli 2020 di ruang Bappelitbangda HST.

Pada tahap evaluasi kedua, kata Ehwan baru didapat nilainya.

“Predikat A atau nilai 80+ sebayak 6 perangkat daerah. BB atau nilai 70+ sebanyak 27 perangkat daerah. B atau nilai 60+ sebanyak 2 perangkat daerah dan predikat CC atau dengan nilai 50+ sebanyak 2 perangkat daerah,” papar Ehwan.

Rencananya, penyampain penilaian pelaksanaan reformasi birokrasi pada 2020, dijadwalkan oleh Tim Evaluator Menpan RB pada 3 September nanti.

“Diagendakan melalui Aplikasi Zoom Meeting atau konferensi video,” tutup Ehwan.

Editor: Puja Mandela

Reporter: HN Lazuardi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tanggap Corona, Pemkab HST Perketat Pengawasan Fasilitas Kesehatan

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Menyongsong New Normal di HST, Sosialisasi Protokol Kesehatan Gencar Dilakukan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Ribuan KK di HST Dapat BLT DD, Chairansyah: Harus Tepat Sasaran
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Salurkan Bantuan Pada Hari Anak Nasional, Ini Pesan Istri Bupati HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Penggunaan Anggaran Tak Efektif, Penanganan Covid-19 di HST Dihujani Kritik
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Dinsos Salurkan Sembako Khusus untuk Penyandang Disabilitas di HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Berry Salurkan Sembako dari BNI Barabai
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Bupati Chairansyah: Satgas Penegak Hukum Prokes di HST Harus Serius
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com