Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

DPRD Tanbu Sampaikan 4 Raperda Inisiatif

- Apahabar.com Senin, 10 Agustus 2020 - 20:22 WIB

DPRD Tanbu Sampaikan 4 Raperda Inisiatif

Ketua DPRD Tanah Bumbu, H Supiansyah saat menyampaikan 4 buah raperda inisiatif pada rapat paripurna. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – DPRD Kabupaten Tanah Bumbu mengajukan 4 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif kepada pihak eksekutif.

Pengajuan 4 buah Raperda tersebut disampaikan dalam rapat paripurna yang digelar di Ruang Sidang Utama DPRD, Senin (10/8).

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu, H M Alpiya Rakhman, dihadiri Bupati H Sudian Noor, Wakil Bupati H Ready Kambo, Sekretaris Daerah H Rooswandi Salem, unsur Forkopimda, serta Kepala SKPD.

Empat raperda inisiatif yang disampaikan yakni Raperda Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah, Raperda Keolahragaan, Raperda Pengelolaan Perikanan Pada Perairan Umum Daratan, dan Raperda Pemberdayaan Nelayan Kecil.

“Raperda inisiatif yang diajukan ini dilatarbelakangi oleh kepekaan dan kepedulian DPRD Tanah Bumbu terhadap aspirasi yang diserap dan disampaikan oleh masyarakat,” ungkap Ketua DPRD Tanah Bumbu, H Supiansyah.

Salah satunya Raperda Pemberdayaan Nelayan Kecil. Sebagian besar penduduk Kabupaten Tanah Bumbu mengandalkan pendapatan dari pekerjaan sebagai nelayan. Hal itu karena mereka tinggal di daerah yang dekat dengan laut dan pantai.

“Mereka (nelayan) sangat tergantung terhadap sumber daya ikan, kondisi lingkungan, sarana dan prasarana, kepastian usaha, akses permodalan, dan teknologi informasi, sehingga membutuhkan pemberdayaan,” ujar H Upi panggilan akrabnya.

H Upi menyebut selama ini nelayan bekerja secara sederhana dan tradisional, baik dari sisi peralatan maupun sarana dan prasarana yang sebagian besar hanya bergantung pada tanda-tanda alam untuk turun melaut mencari ikan.

Untuk itu, menurutnya pemberdayaan terhadap nelayan kecil sangat perlu dilakukan dengan cara memberikan pelatihan cara menangkap ikan secara modern, pengoperasian peralatan tangkap ikan, aspek keselamatan kerja, bahkan penambahan modal untuk menjalankan usaha.

“Raperda inisiatif yang diajukan ini semata-mata untuk memberikan perlindungan dan pemberdayaan terhadap nelayan kecil dalam menaikkan taraf hidup agar lebih baik lagi di masa mendatang,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela

Reporter: Syahriadi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

DPRD Tanbu Gelar Rapat Gabungan Komisi Terkait Penyelesaian Sengketa Lahan Pantai Rindu Alam
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Tanggapan Bupati Tanbu Terkait 4 Raperda Inisiatif
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

DPRD Tanbu Gelar Paripurna Pemandangan Umum Fraksi terhadap 4 Raperda
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Komisi II DPRD Tanah Bumbu Gelar Rapat Bersama Soal HGU
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Hari Bhayangkara, Wakil Rakyat Apresiasi Kinerja Polres Tanbu
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Bupati Tanbu Sampaikan Jawaban Atas Pemandangan Umum Fraksi DPRD
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

DPRD Tanbu Apresiasi Bangunan Baru Puskesmas Sebamban II
apahabar.com

DPRD Kab Tanah Bumbu

Eksekutif dan Legislatif di Tanbu Sepakati KUPA-PPAS Perubahan 2020
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com