Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Dua Reperda DPRD Kalsel Masuk Fasilitasi Mendagri

- Apahabar.com Rabu, 19 Agustus 2020 - 16:34 WIB

Dua Reperda DPRD Kalsel Masuk Fasilitasi Mendagri

Perwakilan anggota DPRD Kalsel menyerahkan draft raperde ke Mendagri. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Dua Rancangan Peraturan Daerah (Rapeda) DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kemendagri akan mengkoreksi dan mendapat nomer registrasi sebelum rancangan payung hukum itu bisa disahkan dalam paripurna.

Dua Rapeda itu adalah Perlindungan Budaya dan Tanah Adat dan Raperda Kebun Raya Banua.

Ketua Pansus Raperda Perlindungan Budaya dan Tanah Adat, M Lutfi Saifuddin menjelaskan, dengan diserahkannya draft finalisasi Raperda itu dapat segera disahkan. Harapanya jika Perda sudah belaku masyarakat adat dapat terlindungi dengan aturan itu.

“Kami harap setelah Rapeda ini segera disahkan. Agar langsung kita gunakan untuk pelestarian kebudayaan di Kalimantan Selatan. Dengan Perda itu kita memfasilitasi masyarakat adat yang ada di Kalimantan Selatan agar tetap bisa berjalan dan bersinergi dengan kepentingan-kepentingan lain seperti adanya gesekan-gesekan yang terjadi antara pengusaha dengan masyarakat adat. Sehingga kehadiran perda ini menjadi jalan tengah,” katanya.

Sementara Ketua Pansus Raperda Kebun Raya Banua, H Suwardi Sarlan mengaku bersyukur dengan diserahkannya draft Raperda tersebut sehingga diharapkannya pengembangan Kebun Raya Banua dapat segera berjalan dengan yang diharapkan.

”Sesuai prosedur setelah difinalisasi dapat cepat selesai prosesnya karena ini menyangkut untuk kepentingan kita di Banua. Alhamdulillah ini sudah disampaikan mudah-mudahan cepat selesai, biar kebun raya dapat terakselerasi untuk kepentingan Banua,” harapnya.

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Rizal Khalqi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Perbatasan Diperketat, Tim Satgas Cek Kesehatan Warga yang Masuk ke Tanbu
apahabar.com

Kalsel

Kebakaran Alalak Selatan, Dinsos Kalsel Salurkan Bantuan Ratusan Juta
apahabar.com

Kalsel

Direktur RSUD Pangkalan Bun Positif Covid-19, Begini Pesannya
THM

Kalsel

Lampu Hijau Buat Pengusaha THM Tabalong, Tapi Ada Syaratnya
apahabar.com

Kalsel

Ada Apa dengan KPU Kalsel? Pengamat: Ini Tidak Wajar!
apahabar.com

Kalsel

Tangkapan 300 Kg Sabu, Kapolda Kalsel Bersyukur Anggotanya Tak Tergiur
apahabar.com

Kalsel

DPRD Kalsel: Pemprov Belum Optimal Tangani Perbatasan
apahabar.com

Kalsel

Jelang Iduladha, PMI Batola Berbagi Tandon Cuci Tangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com