ga('send', 'pageview');
BREAKING NEWS: Banjarmasin Barat Geger, Kebakaran Rumah Padat Penduduk di Kuin Cerucuk Resmi Sebagai Calon di Pilgub Kalsel, Sahbirin Noor Lepas Jabatan Gubernur Kalsel Pengundian Nomor Urut Pilwali Banjarmasin, KPU Warning Pasangan Calon Jokowi Ungkap Sederet Masalah Food Estate Penyelamat Pangan RI di Kalteng dan Sumut Klaster Perkantoran Pertama di Tabalong, Belasan Pegawai KPP Pratama Tanjung Terpapar Covid-19

Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu hingga 5.000 Meter

- Apahabar.com Senin, 10 Agustus 2020 - 15:57 WIB

Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu hingga 5.000 Meter

Gunung Sinabung Erupsi. Foto: Istimewa via Okezone

apahabar.com, MEDAN – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada Senin (10/8) pukul 10.16 WIB kembali erupsi dengan tinggi kolom abu kurang lebih 5.000 meter di atas puncak atau kurang lebih 7.460 meter di atas permukaan laut.

Pos Pengamatan Gunung Sinabung Badan Geologi dan PVMBG Pos Pengamatan Gunung Sinabung dalam rilis datanya, Senin, menyatakan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara.

Saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Tingkat III (Siaga) dengan rekomendasi masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.

Serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.

Warga juga diminta mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat atau tebal agar tidak roboh.

Selain itu, masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya banjir lahar panas maupun dingin.(Ant)

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Pemerintah Indonesia Kebut Distribusi 679.000 APD
apahabar.com

Nasional

Kemendagri Rencanakan Payung Hukum Pembinaan Ormas
apahabar.com

Nasional

Kalsel Harus Waspadai Kebakaran Dahsyat Hutan California
apahabar.com

Nasional

Nadiem Resmi Terbitkan Kurikulum Darurat Pandemi Covid-19, Simak Isi Kepmennya
apahabar.com

Nasional

Kalsel Waspada ‘People Power’, Kapolda: Masyarakat Sudah Pintar, Tak Terpengaruh
apahabar.com

Nasional

Tips Belanja Lebih Bijak Saat Musim Promo
apahabar.com

Nasional

Genap 48 Tahun, MHM: Hipmi Menuju Usia Keemasan
apahabar.com

Nasional

PKK Bitung Ajak Warga Belanja Tanpa Kantong Plastik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com