Breaking News! Warga Tangkap Buaya Pemangsa di Pantai Kotabaru Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir

Ibadah Haji 2020 Selesai, Jemaah Puji Kerja Keras Pemerintah Arab Saudi

- Apahabar.com Senin, 3 Agustus 2020 - 10:17 WIB

Ibadah Haji 2020 Selesai, Jemaah Puji Kerja Keras Pemerintah Arab Saudi

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, MEKAH – Ibadah haji tahun 2020 selesai digelar pemerintah Arab Saudi. Kerja keras pihak pemerintah mendapat acungan jempol dari para jemaah haji tahun ini.

Jemaah haji mulai meninggalkan Mekah pada hari Minggu (3/8) malam setelah menyelesaikan ‘haji luar biasa’ pada tahun 2020 ini. Mereka sebelumnya telah meninggalkan tenda Mina setelah menyelesaikan lempar jumrah dan kemudian untuk melakukan Tawaf Al Wida (perpisahan) untuk menandai berakhirnya ibadah haji.

Berbicara kepada Saudi Gazette, beberapa peziarah menyatakan kegembiraan karena mendapatkan kesempatan emas menjadi ‘Tamu Allah’ dalam perjalanan haji paling lancar yang diadakan di tengah protokol pandemi Covid-19 yang ketat.

Mereka memuji upaya luar biasa yang dilakukan pemerintah Arab Saudi, terutama Kementerian Haji serta Umrah dan semua lembaga yang terlibat dalam ziarah untuk layanan membantu mereka melakukan ibadah dengan mudah dan nyaman. Mereka berdoa memberi rahmat kepada semua orang yang berkontribusi pada kelancaran ibadah haji tahun ini.

Para haji memulai melempar jumrah sore kemarin dengan cara yang tertib dan damai dengan kepatuhan ketat pada protokol kesehatan.

Mereka melempari tujuh batu kerikil pertama di Jamrat Al-Sugra, kemudian di Jamrat Al-Wusta, dan akhirnya di Jamrat Al-Aqba.
Pelaksanaan ibadah haji ditutup secara resmi pada hari Senin (3/8) atau hari ketiga Tashreeq (Ayyam Al-Tashreeq), para peziarah diizinkan untuk pergi sehari sebelumnya.

Semua jemaah haji tahun ini, yang merupakan tamu dari Kementerian Haji dan Umrah, mengambil keuntungan dari konsesi untuk menyelesaikan hajinya lebih awal.

Sebuah kontingen besar pasukan keamanan dan personil Pertahanan Sipil serta petugas kesehatan terlihat di berbagai titik di kompleks Jamarat yang canggih, mengawasi kelancaran pelaksanaan melempar jumrah.

Setelah mencapai akomodasi mereka di menara perumahan Mina, peziarah mengepak barang bawaan mereka dan naik bus yang membawa mereka ke Makkah untuk melakukan tawaf Wida (perpisahan).

Kebanyakan para jemaah haji memang meninggalkan Mekah pada hari Ahad, sementara beberapa jemaah haji dari daerah terpencil di Arab Saudi akan tinggal selama beberapa waktu tergantung pada jadwal penerbangan keberangkatan mereka.

Sumber: irham.co.id
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Kisah Kedermawanan Sayidina Hasan RA
apahabar.com

Ceramah

Isi Ceramah di Tanbu, Gus Miftah Cerita Deddy Corbuzier Masuk Islam
apahabar.com

Religi

Tak Banyak yang Tahu, Datu Sanggul Pernah Menyalurkan Ilmu Melalui Sastra
apahabar.com

Habar

Masjid Pusaka Banua Lawas Tabalong, Bukti Islam Diterima Suku Dayak
apahabar.com

Habar

Syekh Al Azhar Mesir Sampaikan Pidato Corona untuk Dunia
apahabar.com

Religi

Jaga Ukhuwah Islamiyah, Warga Flamboyan Gelar Bukber
apahabar.com

Hikmah

Abdullah bin Abbas, Masuk Islam di Usia Muda
apahabar.com

Habar

Ribuan Pengamal Tarekat Hadiri Pembukaan World Sufi Forum di Pekalongan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com