Ramuan Herbal Daun Sungkai Digunakan Warga Bantu Pengobatan Pasien Covid-19 di Banjar Nah Loh, Dana PPKM Level IV Banjarmasin Gagal Cair Update Pemakaman Istri Guru Ijai: Sekumpul Lengang, Polisi Berjaga di Puluhan Titik Kabar Baik! Banjarmasin Rencanakan Gelar Pekan Gebyar Vaksinasi Massal BREAKING! Ambulans Mendiang Istri Abah Guru Sekumpul Tiba di Ar-Raudhah

Ibadah Haji 2020 Selesai, Jemaah Puji Kerja Keras Pemerintah Arab Saudi

- Apahabar.com     Senin, 3 Agustus 2020 - 10:17 WITA

Ibadah Haji 2020 Selesai, Jemaah Puji Kerja Keras Pemerintah Arab Saudi

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, MEKAH – Ibadah haji tahun 2020 selesai digelar pemerintah Arab Saudi. Kerja keras pihak pemerintah mendapat acungan jempol dari para jemaah haji tahun ini.

Jemaah haji mulai meninggalkan Mekah pada hari Minggu (3/8) malam setelah menyelesaikan ‘haji luar biasa’ pada tahun 2020 ini. Mereka sebelumnya telah meninggalkan tenda Mina setelah menyelesaikan lempar jumrah dan kemudian untuk melakukan Tawaf Al Wida (perpisahan) untuk menandai berakhirnya ibadah haji.

Berbicara kepada Saudi Gazette, beberapa peziarah menyatakan kegembiraan karena mendapatkan kesempatan emas menjadi ‘Tamu Allah’ dalam perjalanan haji paling lancar yang diadakan di tengah protokol pandemi Covid-19 yang ketat.

Mereka memuji upaya luar biasa yang dilakukan pemerintah Arab Saudi, terutama Kementerian Haji serta Umrah dan semua lembaga yang terlibat dalam ziarah untuk layanan membantu mereka melakukan ibadah dengan mudah dan nyaman. Mereka berdoa memberi rahmat kepada semua orang yang berkontribusi pada kelancaran ibadah haji tahun ini.

Para haji memulai melempar jumrah sore kemarin dengan cara yang tertib dan damai dengan kepatuhan ketat pada protokol kesehatan.

Mereka melempari tujuh batu kerikil pertama di Jamrat Al-Sugra, kemudian di Jamrat Al-Wusta, dan akhirnya di Jamrat Al-Aqba.
Pelaksanaan ibadah haji ditutup secara resmi pada hari Senin (3/8) atau hari ketiga Tashreeq (Ayyam Al-Tashreeq), para peziarah diizinkan untuk pergi sehari sebelumnya.

Semua jemaah haji tahun ini, yang merupakan tamu dari Kementerian Haji dan Umrah, mengambil keuntungan dari konsesi untuk menyelesaikan hajinya lebih awal.

Sebuah kontingen besar pasukan keamanan dan personil Pertahanan Sipil serta petugas kesehatan terlihat di berbagai titik di kompleks Jamarat yang canggih, mengawasi kelancaran pelaksanaan melempar jumrah.

Setelah mencapai akomodasi mereka di menara perumahan Mina, peziarah mengepak barang bawaan mereka dan naik bus yang membawa mereka ke Makkah untuk melakukan tawaf Wida (perpisahan).

Kebanyakan para jemaah haji memang meninggalkan Mekah pada hari Ahad, sementara beberapa jemaah haji dari daerah terpencil di Arab Saudi akan tinggal selama beberapa waktu tergantung pada jadwal penerbangan keberangkatan mereka.

Sumber: irham.co.id
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Uploader - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Mualaf di Prancis Meningkat, Konon Dipicu Seorang Pemain Bola
apahabar.com

Habar

Warga Pengaron Siapkan 30 Truk Kayu Bakar untuk Haul Sekumpul ke 15
apahabar.com

Habar

KH Ma’ruf Amin Kunjungi Guru Bakhiet, Polisi Turunkan 300 Personel
apahabar.com

Habar

Tahun Ini, Haul Guru Bangil KH Syarwani Abdan Ditiadakan untuk Umum
apahabar.com

Habar

Dihadiri Ribuan Jemaah, UAS: Masyarakat Banjarbaru Religius
apahabar.com

Habar

Digadang-gadang Gantikan Almarhum Guru Zuhdi, Guru As’ad Buka Suara
apahabar.com

Habar

37 Masjid di Singapura Keluarkan 600 Ribu Dolar untuk Buka Puasa Warganya
apahabar.com

Habar

12 Ribu Relawan Sudah Terdaftar, Panitia: Kebersihan dan Kesehatan Masih Diperlukan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com