Kasus Covid-19 Indonesia Tembus 275.213, Letjen Doni Sebut OTG Silent Killer Buron, Suami Penggorok Istri di Kintap Tala Kuasai Medan Pelarian KDRT di Kintap Tala: Cemburu, Suami Tebas Leher Istri Link Live Streaming MotoGP Catalunya 2020, Live Trans7, Kans Rossi Podium Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya 2020, Morbidelli Pole Position, Rossi Start Ketiga, Live Trans7

Ingat! Pakai Ban Serep Jangan Ngebut

- Apahabar.com Rabu, 26 Agustus 2020 - 09:00 WIB

Ingat! Pakai Ban Serep Jangan Ngebut

Ilustrasi ban serep. Foto-autoguide.com

apahabar.com, JAKARTA – Ban cadangan untuk mobil sangat penting untuk mengantisipasi kondisi darurat. Wajib diketahui, ban cadangan itu tidak bisa dibawa ngebut.

Demikian dijelaskan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu seperti dilansir apahabar.com dari detikOto. Jusi menjelaskan ban cadangan memiliki peran yang sangat penting saat berkendara, terlebih berkendara jauh.

“Jadi fungsi ban serep lebih kepada kenyamanan. Tapi kita bisa temukan bahwa ada perbedaan ukuran atau dimensi pada keempat ban aslinya dengan ban cadangan. Ini hanya bisa digunakan pada batas kecepatan tertentu tidak bisa pada kecepatan normal,” Jusri.

Alasan lain pabrikan beda dimensi antara ban cadangan dengan aslinya, untuk bisa menghemat bagasi.

“Ban cadangan jauh lebih kecil bertujuan agar tidak terlalu memakan bagasi, karena itu dimensi atau ukurannya berbeda. Selain itu kembali saya ingatkan ban cadangan ini hanya bisa digunakan pada batas kecepatan tertentu tidak bisa pada kecepatan normal sampai kita ketemu dengan tambal ban atau bisa menambal kembali ban asli kita,” kata Jusri.

Dalam pemberitaan sebelumnya, dilansir dari laman Suzuki, meski terlihat terlindungi dengan baik, ban cadangan ternyata juga membutuhkan perawatan agar kondisinya tetap baik dan siap digunakan saat diperlukan.

“Satu hal yang penting untuk diingat saat merawat ban serep adalah pastikan kondisi tekanan anginnya tetap terjaga supaya siap dipakai saat diperlukan,” tulis pernyataan Suzuki.

Khusus untuk ban serep yang ditempatkan di kolong mobil, perlu mendapatkan perawatan ekstra. Alasannya, ban serep di kolong mobil bisa dengan mudah terkena cipratan lumpur atau kotoran, terlebih kalau ban serep tersebut tidak diberi pelindung tambahan.

“Kotoran bisa bisa menempel di bagian antara rim dengan bead (pinggir ban yang menempel ke pelek). Jika kotoran ini mengering, maka berisiko membuat celah antara pelek dan ban. Akibatnya, angin gampang keluar dan membuat ban jadi kehilangan tekanan anginnya,” lanjutnya.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki mobil dengan ban serep di kolong, maka sangat disarankan untuk lebih rajin mengecek, membersihkannya, serta menjaga tekanannya. (Dtk)

Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

7 Cara Atur Keuangan di Tengah Covid-19

Gaya

7 Cara Atur Keuangan di Tengah Covid-19
apahabar.com

Gaya

Melalui Playlist Pilihan, Joox Ajak Pengguna Ekspresikan Kata Hati
apahabar.com

Gaya

Imun Tubuh Menurun Akibat Cuaca Dingin, Yuk Bikin Minuman Ini di Rumah
apahabar.com

Gaya

5 Fakta Ngeri Pasar Tomohon, Tempat Paling Sadis yang Membuatmu Beruji Nyali
apahabar.com

Gaya

Terlalu Sering Selfie Ternyata Dapat Munculkan Efek Negatif
apahabar.com

Gaya

Pandemi, Waktu Tonton Konten Otomotif di Youtube Meningkat
apahabar.com

Gaya

Ratu Elizabeth II Selalu Bawa Tas, Apa Isinya?
apahabar.com

Gaya

Bukalapak Bantah Diretas dan Data Pengguna Bocor
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com