20 Hari Kasus Wildan, Keluarga Pertanyakan Komitmen Polresta Banjarmasin Buntut Aksi Koboi Bripka CS, Kapolda Kalsel: Tak Ada Anggota ke THM! Hilang di Sangkulirang, Mahasiswa Kedokteran Kaltim Ditemukan Meninggal Dunia Pandemi, Rp8 M Insentif Ribuan Guru Ngaji-Marbot di Banjarmasin Disiapkan Utak-atik RTRW Banjarmasin, Kantor Pemkot Diusulkan Pindah

Jokowi: Indonesia Kembangkan Sendiri Vaksin Merah Putih

- Apahabar.com Selasa, 11 Agustus 2020 - 14:39 WIB

Jokowi: Indonesia Kembangkan Sendiri Vaksin Merah Putih

Petugas mengambil sampel darah relawan saat simulasi uji vaksin di RSP Unpad. Foto-Antara/Bagus Ahmad Rizaldi

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan ada 2 vaksin yang saat ini sedang dikembangkan dan dikerjakan atas kerja sama dengan lembaga terkait yaitu vaksin dari Sinovac, China juga vaksin Merah Putih yang seluruhnya buatan Indonesia.

“Jadi kita mengembangkan full sendiri oleh lembaga Eijkman dan juga BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), Kementerian Riset dan Teknologi dan universitas-universitas yang kita miliki yaitu vaksin Merah Putih,” kata Jokowi di RS Pendidikan Universitas Padjajaran Bandung, Selasa (12/8).

Jokowi menyampaikan hal tersebut seusai menyaksikan uji klinis tahap ketiga dari vaksin Covid-19 dari Sinovac, China yang produksinya akan dilakukan oleh Bio Farma sedangkan uji klinis dilakukan oleh tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran.

“Kita telah 3 bulan ini mengembangkan vaksin sendiri dari isolated (virus) yang dikembangkan dari (virus) Covid-19 yang beredar di Indonesia,” tambah Jokowi.

Jokowi mengatakan rencananya vaksin Merah Putih tersebut akan selesai pada pertengahan 2021.

“Selain itu kita juga membuka diri untuk bekerja sama misalnya dengan Sinovac dari Tiongkok, kemudian bekerja sama dengan Uni Emirat Arab di G-42, bekerja sama dengan Korea Selatan saya rasa kita membuka diri dalam rangka secepat-cepatnya untuk melakukan vaksinasi bagi seluruh rakyat Indonesia,” ungkap Jokowi.

Sedangkan terhadap vaksin Covid-19 yang sedang dilakukan uji klinis fase III, Jokowi pun sudah melihat penyuntikannya secara langsung.

“Hari ini saya melihat secara langsung pelaksanaan penyuntikan yang perdana untuk imunisasi 1.620 relawan, yang akan diujicobakan dan kita berharap uji klinis yang ketiga ini nantinya Insya Allah akan diselesaikan dalam 6 bulan dan insyaallah di bulan Januari (2021) kita sudah bisa memproduksi,” tambah Jokowi.

Produksi vaksin akan dikerjakan sendiri oleh Bio Farma.

“Yang kita tahu di bulan Agustus ini bisa memproduksi kurang lebih 100 juta vaksin tapi nanti akhir tahun di bulan Desember sudah meningkat menjadia 250 juta vaksin. Artinya vaksin inilah yang nanti akan digunakan untuk vaksinasi di tanah air,” tambah Presiden.

Vaksin Merah Putih merupakan vaksin Covid-19 buatan dalam negeri. Proses pengembangannya dilakukan oleh Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman.

Vaksin tersebut berbeda dengan vaksin Covid-19 dari Sinovac, China yang sedang diuji klinis fase III.

Perbedaannya adalah valsin Sinovac menggunakan satu virus kemudian diperbanyak di laboratorium dan virus itu kemudian dipisahkan dan dilakukan inaktivasi (inactivated vaccine) agar aman bagi manusia. Jadi vaksin yang diberikan adalah keseluruhan virus.

Sedangkan vaksin Merah Putih dikembangkan dengan metode rekombinan, artinya tidak seluruh virus digunakan tapi hanya bagian-bagian tertentu dari virus yang dianggap penting kemudian diperbanyak dan dijadikan antigen.

Vaksin Merah Putih sendiri dijadwalkan bisa menyelesaikan uji coba pada hewan di akhir tahun 2020. Setelah uji hewan efektif, bibit vaksin nantinya akan diserahkan ke Bio Farma untuk kemudian dilakukan uji praklinis dan klinis.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Polda

Nasional

Polda Metro Jaya Siap Bubarkan Aksi 1812
apahabar.com

Nasional

Debat Capres Kedua, Jokowi: Konektivitas Itu Penting
Dirjen PAUD

Nasional

Pernyataan Dirjen PAUD tentang Atribut Keagamaan Dinilai Meresahkan
apahabar.com

Nasional

Gempa M 4,2 Guncang Brebes, Bergetar hingga Cirebon
apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi Tetap Tolak Cabut UU KPK
Tito Karnavian

Nasional

Tito Karnavian: Vaksinasi Perdana Covid-19 Dilakukan pada 13 Januari
apahabar.com

Nasional

Muhyiddin Yassin Resmi Jadi Perdana Menteri Malaysia
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: Positif Jadi 52.812, Sembuh 21.909 Orang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com