Fix, Presiden Jokowi Akan Resmikan Bendungan Tapin Resmikan Bendungan Tapin, Jokowi Bertolak ke Kalsel 5 RS Ngutang Darah Miliaran Rupiah ke PMI, DPRD Banjarmasin Turung Tangan Pembunuhan di Balikpapan, “Hukum Mati Praka MAM” Menggema di Rumah Duka Antisipasi Teror Bom, PLN Kalselteng Gandeng Polda Gelar Simulasi

Kapolsek Kelumpang Hilir Sampaikan Instruksi Kapolri di Rakor Pencegahan Karhutla

- Apahabar.com Selasa, 11 Agustus 2020 - 10:46 WIB

Kapolsek Kelumpang Hilir Sampaikan Instruksi Kapolri di Rakor Pencegahan Karhutla

Kapolsek Kelumpang Hilir AKP Hasanuddin menyampaikan instruksi Kapolri terkait sanksi bagi pelaku pembakaran lahan dan hutan. Foto-istimewa

apahabar.com, KOTABARU – Forum koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kecamatan Kelumpang Hilir melakukan rapat koordinasi penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Senin (10/8).

Dalam pertemuan tersebut, Camat Kelumpang Hilir Johanuddin mengundang seluruh pemangku kepentingan terdiri dari TNI-Polri, seluruh kepala desa, dan anggota serta staf dari kecamatan Kelumpang Hilir dan beberapa perwakilan dari perusahaan yang masuk wilayah Kelumpang Hilir menjelang musim kemarau yang diprediksi melanda Kabupaten Kotabaru hingga September 2020.

Musim panas ini dikhawatirkan akan membuat lahan-lahan rawan di Kecamatan Kelumpang Hilir dikhawatirkan kembali terbakar.

Kapolsek Kelumpang Hilir AKP Hasanuddin menambahkan, dalam upaya antisipasi Karhutla, selain tindakan pencegahan, Kapolri juga mengintruksikan penindakan hukum kepada pelaku pembakaran hutan dan lahan.

“Ini sesuai intruksi presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2020, yang berisikan pelanggaran, penindakan hukum, penanganan di lapangan,” ujarnya.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta melalui Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin diwakilkan Kapolsek Kelumpang Hilir mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Apabila hal itu dilakukan akan dikenai sanksi sesuai dengan undang-undang yang mengatur masalah Karhutla beserta denda yang berlaku baik bagi pelaku pembakar hutan/lahan perorangan maupun perusahaan,” jelas Kapolsek.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek juga mengenalkan aplikasi Bekantan (Berantas Kebakaran Hutan dan Lahan) Polda Kalsel kepada peserta rapat terkait apa manfaat atau fungsi dari Aplikasi Bekantan.

“Semoga dengan adanya Rakor Forkopimcam dapat menekan angka kebakaran hutan yang terjadi di Kabupaten Kotabaru khususnya Kecamatan Kelumpang Hilir,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pertanian Clara Novianto dan kepala PKM Serongga Ibu Fatma Wijayanti.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pemko Ngotot Bongkar Bangunan Sekitar RS Sultan Suriansyah, Masyarakat: Hormati Proses Hukum
apahabar.com

Kalsel

Komunitas Moge Kalsel Salurkan APD ke Pejuang Medis di Zona Merah
apahabar.com

Kalsel

Kunjungi Pemkot Banjarmasin, BPK RI Lirik Kampung Tangguh Banua
apahabar.com

Kalsel

Kapolres HSU Beri Penghargaan pada Personel Berdedikasi Tinggi
apahabar.com

Kalsel

Kapolda Kalsel Imbau Massa Aksi 1 Tahun Jokowi-Ma’ruf di Banjarmasin Bubar Sore Ini

Kalsel

Peduli Korban Banjir Batola, Karang Taruna Kotabaru Salurkan Selimut
apahabar.com

Kalsel

Lagi, Kantor DPRD Kalsel Sepi, Ternyata Mereka Lagi….
apahabar.com

Kalsel

Dua Puskesmas Kabupaten Banjar Kejar Akreditasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com