2021, Kemenhub Kaji Wacana Pembangunan Bandara di Barabai HST Kalsel Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan

Kasat Lantas Polres HSU Tanda Tangani MoU Diseminasi dengan Dinas Pendidikan

- Apahabar.com Kamis, 6 Agustus 2020 - 11:20 WIB

Kasat Lantas Polres HSU Tanda Tangani MoU Diseminasi dengan Dinas Pendidikan

Sat Lantas Polres HSU menandatangani MoU Diseminasi Model Integrasi Pendidikan Lalu Lintas dengan Dinas Pendidikan HSU. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Program Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta untuk menjaga Harkamtibmas menjadi prioritas Polres HSU, terutama bagi generasi muda dalam berlalu lintas. Untuk itulah, Sat Lantas Polres HSU melaksanakan penandatanganan MoU Diseminasi Model Integrasi Pendidikan Lalu Lintas dengan Dinas Pendidikan HSU, Rabu (5/8) sekitar 11:00 Wita.

“Program ini dimasukan dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) di tingkat Sekolah Dasar (SD), SLTP/sederajat di Kabupaten HSU,” tutur Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSU yang diwakili Plt. Diknas H. Junaidi Gunawan.

Lebih lanjut H. Junaidi Gunawan menjelaskan, penerapan pendidikan lalu lintas di sekolah sudah dimulai pada 2010 dengan membuat kesepakatan kerjasama atau konsultasi Polri dengan Kemendikbud. Isi perjanjian ini telah disetujui kembali pada 2017.

“Adapun strategi yang digunakan adalah mengintegrasikan nilai-nilai tertib lalu lintas dalam mata pelajaran di sekolah, saat ini khusus di mata pelajaran PKn, ” jelas H. Junaidi Gunawan.

Sementara Kapolres HSU AKBP Pipit Subiyanto melalui Kasat Lantas AKP Sabilal Mahmud menuturkan, belajar memahami tentang keselamatan berlalu-lintas harus dimulai sejak dini. Oleh sebab itu, Direktorat Keamanan dan Keselamatan (Ditkamsel) Korlantas Polri melaksanakan Diseminasi Model Integrasi Pendidikan Lalu Lintas.

“Program ini dan tentunya kami tindak lanjuti di Kabupaten HSU, diseminasi model pendidikan lalu lintas ini merupakan bagian dari edukasi,” ujar AKP Sabilal Mahmud.

Selain itu, sebagai upaya antisipasi keselamatan serta menanamkan nilai-nilai persetujuan dan disiplin dalam lintas pendidikan diseminasi lalu lintas ini dan sangat bermanfaat bagi orang tua dari pelajar.

“Sebab, anak usia muda memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi dan juga rentan terhadap perubahan lingkungan sekitar,” katanya.

Pendidikan ini mulai dari dasar, sambungnya, para guru ini bisa menjadi ikon, bahkan mampu menjadi bagian mentransformasi penanaman nilai-nilai keselamatan lalu lintas kepada anak didik atau orang tua siswa.

“Kesadaran berlalu lintas penting bagi keselamatan kita sendiri dan orang lain. Maka saya berharap para guru memiliki peran dan fungsi yang sangat luar biasa, terutama guru SD9 SLTP/sederajat bisa menjadi teladan atau pilar edukasi keselamatan lintas lintas sejak dini,” tegas AKP Sabilal Mahmud.

Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Alasan Banyak SD di Kota Banjarmasin Kekurangan Siswa
apahabar.com

Kalsel

Tabrakan Horor di Pulau Laut, Sopir Sempat Lihat Percikan Api
apahabar.com

Kalsel

BMKG: Waspada Potensi Hujan Berpetir di 10 Wilayah Kalsel Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Bijak Gunakan Medsos, Tangkal Radikalisme
apahabar.com

Kalsel

BREAKING NEWS! Tongkang Tua Itu Terbakar Lagi
apahabar.com

Kalsel

Penyelamat Bekantan Asal Banua Raih Penghargaan Internasional
apahabar.com

Kalsel

Motif Bentrokan Maut yang Tewaskan 2 Pemuda di Veteran Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Berawal Cekcok Mulut dengan Suami, Istri di Hampang Kotabaru Nekat Gantung Diri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com