Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

Kasus Positif Covid-19 Melonjak, Pemkab HST Bikin Gerakan 100 Ribu Masker

- Apahabar.com Senin, 3 Agustus 2020 - 08:56 WIB

Kasus Positif Covid-19 Melonjak, Pemkab HST Bikin Gerakan 100 Ribu Masker

Wabup Berry memimpin Rakor didampingi Kapolres HST, AKBP Danang Widaryanto dan Dandim 1002 Barabai, Letkol Muh Ishak H Baharuddin di Auditurium Pemkab setempat, Senin (27/7). Foto-Prokom HST for apahabar.com.

apahabar.com, BARABAI – Pemkab Hulu Sungai Tengah (HST) mengambil langkah dalam menyikapi lonjakan kasus positif Covid-19.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat, lonjakan terjadi sejak 27 Juli hingga 2 Agustus 2020.

Tercatat hingga kini sebanyak 179 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Rinciannya 87 orang dalam perawatan, 84 orang sembuh dan 8 orang meninggal dunia.

Kadinkes HST, Kusudiarto menyebut peningkatan kasus positif itu dipicu oleh kelalaian atau kurangnya kedisiplinan masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan.

“Yang sering diabaikan, tidak memakai masker apabila keluar rumah dan berkumpul banyak orang atau di tempat keramaian,” ujar Kusudiarto.

Mengantisipasi agar penyebaran Covid-19 tidak meluas sehingga tak terjadi peningkatan kasus positif, Wakil Bupati HST, Berry Nahdian Forqan mengambil langkah mengumpulkan unsur Forkopimda untuk membahas langkah yang perlu ditekankan untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

Kata Berry, menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga kesehatan dan mengikuti himbauan dari pemerintah, sulit dijalankan tanpa kesadaran masyarakat.

Saat itulah dibahas masalah bagaimana menggerakan kesadaran masyarakat untuk memakai masker, melalui Gerakan 100.000 Masker.

“Perlu adanya dukungan dari berbagai pihak untuk menyukseskan gerakan 100 ribu masker ini. Batasan waktu minggu kedua Agustus 2020,” tekan Berry saat Rakor bersama Forkopimda di Auditorium Kantor Bupati HST, Senin (27/7).

Ditekankan Berry, untuk menggalakan pemakaian masker kepada masyarakat, mengampanyekan pakai masker dengan penyedian masker dan lonceng pemakaian masker perlu dilakukan oleh berbagai pihak. Tujuannya agar masyarakat sadar terhadap protokol kesehatan.

Sejauh ini, Pemkab HST telah melakukan berbagai upaya dan tahapan mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Di antaranya, adanya SK tentang kesiapsiagaan antisipasi penyebaran Covid 19, surat edaran tentang antisipasi bahayanya, imbauan kewaspadaan bersama untuk mencegah penyebarannya dan SK Bupati tentang penetapan status siaga bencana non alam dan pembentukan gugus tugas penanganan Covid-19.

“Kita juga sudah melakukan pemetaan wilayah yang rawan terkena covid-19. Setiap wilayah agar dapat mengantisipasi dan melakukan upaya yang cepat dan tepat untuk melakukan penanganan penyebaran Virus Corona,” tutup Berry.

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: HN Lazuardi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pantau Penyerahan BLT DD, Bupati HST Ingatkan Penerima
Meratus

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Warga Meratus Diduga Diserang Beruang, Alami Luka di Bagian Kaki
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tahun Ajaran Baru di Tengah Pandemi, Wabup Berry Tinjau Proses Pembelajaran di Kelas

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Lestarikan Alam Bumi Murakata, Dua Lokasi Wisata HST Ditanami Ratusan Pohon
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Bupati HST Berharap Fungsi Legislatif Berjalan Baik Setelah Semua Kursi Terpenuhi
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Dinsos Salurkan Sembako Khusus untuk Penyandang Disabilitas di HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Makesta IPNU dan IPPNU, Wabup Berry: Harus Ada Kemajuan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Esensi Pilkada 2020, Pemkab HST Terus Berkoordinasi Tingkatkan Partisipasi Masyarakat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com