Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Keren! TNI, BIN dan Tim Riset Unair Berhasil Temukan Obat Covid-19

- Apahabar.com Sabtu, 15 Agustus 2020 - 21:34 WIB

Keren! TNI, BIN dan Tim Riset Unair Berhasil Temukan Obat Covid-19

Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto-Viva

apahabar.com, JAKARTA – TNI, Badan Intelijen Negara dan tim riset dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya berhasil menemukan obat untuk virus corona atau Covid-19.

Obat itu ditemukan dalam sebuah riset bersama.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat yang juga selaku Wakil Ketua I Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Jenderal TNI Andika Perkasa, mengatakan obat Covid-19 itu ditemukan saat tim melakukan upaya penyembuhan terhadap seribuan prajurit TNI AD yang terpapar corona di Sekolah Calon Perwira (Secapa) di Bandung, Jawa Barat.

Menurut Andika, tim yang dikepalai Dr Purwati telah menyelesaikan uji klinis tahap III. Dengan demikian, lanjut Kasad, saat ini Indonesia sudah memiliki obat untuk menangani pasien positif Covid-19.

“Jadi sesuai dengan laporan hasil penelitian yang disampaikan oleh Ketua tim pelaksana riset Unair bahwa semuanya sudah memenuhi syarat saint riset yang sesuai dengan prosedur yang berlaku. Sehingga ini bisa dikatakan temuan kombinasi obat pertama untuk menyembuhkan Covid-19,” kata Jenderal Andika Perkasa di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat seperti dilansir Viva, Sabtu (15/8).

Tim Riset Penanggulangan Covid-19 dalam waktu dekat ini akan mengajukan syarat izin edar temuan kombinasi obat Covid-19 itu kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pengajuan izin edar itu, agar dapat segera diproduksi secara massal guna membantu para pasien positif Covid-19 di seluruh Indonesia dan memutus mata rantai penyebaran asal Wuhan, China tersebut.

“Kita memerlukan kerjasama semua yang hadir di sini, saat ini hadir ada dari tim Kimia Farma, tim dari IDI, tim dari BPOM, ada juga Komisi I DPR RI, ada teman-teman Polri, ada Jamdatun yang merupakan Anggota KPCPEN, kita sangat membutuhkan dukungan dari semuanya,” kata Andika.

“Sementara itu kami akan melakukan proses pengajuan izin edar dari obat itu ke BPOM. Kita berharap dalam waktu dekat ini izin edar bisa kita dapatkan sehingga kita bisa melakukan tahap berikutnya, yaitu tahap produksi massal,” Imbuhnya.

Jenderal Andika menyampaikan, bahwa di momentum semangat kemerdekaan yang ke-75 tahun ini, temuan kombinasi obat Covid-19 yang dilakukan oleh tim riset Unai yang didukung oleh TNI AD, serta BIN ini bisa menjadi hadiah untuk rakyat Indonesia.

Karena pada prinsipnya, lanjut Andika, hasil penelitian uji klinis yang dilakukan oleh tim gabungan itu merupakan keberhasilan yang sangat luar biasa bagi bangsa Indonesia.

“Semoga dengan hasil kombinasi obat Covid-19 ini, bangsa Indonesia bisa kembali pulih, perekonomian nasional kita bisa kembali bangkit seperti yang kita harapkan bersama,” pungkas Andika.(Viv)

Editor: Aprianoor

Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi Beberkan Lokasi Calon Ibu Kota Baru di Kukar
apahabar.com

Nasional

TNI/Polri Belum Berhasil Evakuasi Korban Penembakan KKB
apahabar.com

Nasional

Kendaraan Listrik Mampukah Tekan Defisit Migas?
apahabar.com

Nasional

Irjen Napoleon Bonaparte Minta Penyidikan Kasusnya Dihentikan
apahabar.com

Nasional

Sudah Ribuan Masker Gratis Dibagikan di Kaltara
apahabar.com

Nasional

Imbas Eror: Saldo Ribuan Nasabah Bertambah, Mandiri Rugi Puluhan Miliar
apahabar.com

Nasional

Kapolri Turut Sumbang Sapi Limosin untuk Acara Haul Guru Sekumpul ke-14
apahabar.com

Nasional

Ada Peserta Demo Positif Covid-19, Satgas: Sayangi Keluarga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com