Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Keren! TNI, BIN dan Tim Riset Unair Berhasil Temukan Obat Covid-19

- Apahabar.com Sabtu, 15 Agustus 2020 - 21:34 WIB

Keren! TNI, BIN dan Tim Riset Unair Berhasil Temukan Obat Covid-19

Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto-Viva

apahabar.com, JAKARTA – TNI, Badan Intelijen Negara dan tim riset dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya berhasil menemukan obat untuk virus corona atau Covid-19.

Obat itu ditemukan dalam sebuah riset bersama.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat yang juga selaku Wakil Ketua I Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Jenderal TNI Andika Perkasa, mengatakan obat Covid-19 itu ditemukan saat tim melakukan upaya penyembuhan terhadap seribuan prajurit TNI AD yang terpapar corona di Sekolah Calon Perwira (Secapa) di Bandung, Jawa Barat.

Menurut Andika, tim yang dikepalai Dr Purwati telah menyelesaikan uji klinis tahap III. Dengan demikian, lanjut Kasad, saat ini Indonesia sudah memiliki obat untuk menangani pasien positif Covid-19.

“Jadi sesuai dengan laporan hasil penelitian yang disampaikan oleh Ketua tim pelaksana riset Unair bahwa semuanya sudah memenuhi syarat saint riset yang sesuai dengan prosedur yang berlaku. Sehingga ini bisa dikatakan temuan kombinasi obat pertama untuk menyembuhkan Covid-19,” kata Jenderal Andika Perkasa di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat seperti dilansir Viva, Sabtu (15/8).

Tim Riset Penanggulangan Covid-19 dalam waktu dekat ini akan mengajukan syarat izin edar temuan kombinasi obat Covid-19 itu kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Pengajuan izin edar itu, agar dapat segera diproduksi secara massal guna membantu para pasien positif Covid-19 di seluruh Indonesia dan memutus mata rantai penyebaran asal Wuhan, China tersebut.

“Kita memerlukan kerjasama semua yang hadir di sini, saat ini hadir ada dari tim Kimia Farma, tim dari IDI, tim dari BPOM, ada juga Komisi I DPR RI, ada teman-teman Polri, ada Jamdatun yang merupakan Anggota KPCPEN, kita sangat membutuhkan dukungan dari semuanya,” kata Andika.

“Sementara itu kami akan melakukan proses pengajuan izin edar dari obat itu ke BPOM. Kita berharap dalam waktu dekat ini izin edar bisa kita dapatkan sehingga kita bisa melakukan tahap berikutnya, yaitu tahap produksi massal,” Imbuhnya.

Jenderal Andika menyampaikan, bahwa di momentum semangat kemerdekaan yang ke-75 tahun ini, temuan kombinasi obat Covid-19 yang dilakukan oleh tim riset Unai yang didukung oleh TNI AD, serta BIN ini bisa menjadi hadiah untuk rakyat Indonesia.

Karena pada prinsipnya, lanjut Andika, hasil penelitian uji klinis yang dilakukan oleh tim gabungan itu merupakan keberhasilan yang sangat luar biasa bagi bangsa Indonesia.

“Semoga dengan hasil kombinasi obat Covid-19 ini, bangsa Indonesia bisa kembali pulih, perekonomian nasional kita bisa kembali bangkit seperti yang kita harapkan bersama,” pungkas Andika.(Viv)

Editor: Aprianoor

Editor: Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

TA

Nasional

Dugaan Prostitusi Online, Artis TA Dibayar Rp75 Juta Sekali ‘Genjot’
apahabar.com

Nasional

Pendaftaran Online CPNS Resmi Dibuka Mulai Hari Ini, Berikut Tahapannya
apahabar.com

Nasional

KUA Menolak, Nikah Dini Masih Marak
apahabar.com

Nasional

Update Jumlah Korban Tsunami: 437 Orang Tewas, 14.059 Luka
apahabar.com

Nasional

Jumlah Korban Akibat Pesawat Jatuh ‘Meningkat Drastis’ pada 2018
apahabar.com

Nasional

14 Tahun Menanti, Taufik Akhirnya Temukan Jenazah Istri yang Jadi Korban Tsunami Aceh
apahabar.com

Nasional

Temukan Pelanggaran Pemilu 2019, Emak-Emak ‘Geruduk’ KPU Kalsel
apahabar.com

Nasional

Batam Siapkan Bapelkes dan Asrama Haji untuk Karantina Pasien Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com