Keren, RSD Idaman Banjarbaru Ditetapkan Sebagai RS Unggulan Pelayanan KB Simakalama Pembelajaran Tatap Muka OTT Amuntai, Giliran Orang Dekat Bupati HSU Diperiksa KPK KPK Tangkap Tangan Maliki, Bupati HSU Tunjuk Plt Kadis PUPRP Baru PLN Suplai Listrik untuk Kawasan Food Estate Kalteng

Keutamaan Bertobat, Salah Satunya Didokan Malaikat

- Apahabar.com     Sabtu, 29 Agustus 2020 - 05:45 WITA

Keutamaan Bertobat, Salah Satunya Didokan Malaikat

Ilustrasi. Foto- Shutterstock

apahabar.com, JAKARTA – Ketika seorang muslim melakukan suatu kesalahan atau dosa, maka harus segera bertobat dan jagan menundanya.

“Ada beberapa keutamaan di dalamnya, yaitu ketika kita bertobat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala,” kata Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin.

Orang yang bertobat dengan taubatan nasuha, menyucikan diri dari dosa-dosanya sepanjang waktu akan merebut perhatian Allah.
“Sehingga dirinya akhirnya layak untuk mendapatkan ridha Allah Subhanu wa Ta’ala, kalau ridha Allah sudah ada ya apalagi yang dia cari, semuanya pasti selamat dan berkah tujuanya,” terangnya.
Allah Ta’ala berfirman:
إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ
Artinya: “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri,” (QS. Al Baqarah: 222).
Kedua, tobat dapat membuka jalan rezeki yang baru, bahkan datangnya yang tak terduga. Dimudahkan dari segala urusan dunia, kesulitan dan kesusahan hidup.
Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bersabda:
مَنْ لَزِمَ الاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجاً ، وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجاً ، وَرَزَقهُ مِنْ حَيثُ لاَ يَحْتَسِبُ
Artinya: “Barangsiapa yang senatiasa beristighfar, Allah jadikan untuknya kelonggaran dari segala keresahan; jalan keluar dari segala kesempitan, dan Allâh beri dia rezeki dari arah yang tidak ia sangka-sangka” (HR. Ibnu Majah).
“Ketiga, bertobat adalah jalan menuju jaminan surga bagi At-tawwabin (orang-orang yang bertobat), dengan memohon ampunan atas dosa-dosanya, maka tidak lain balasanya ketika taubat itu diterima adalah surga Allah,” ujarnya.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.” (QS. At-Tahrim: 8).
Keempat, bertobat menjadikan seseorang akan dicintai penduduk langit (para malaikat), orang yang mau selalu bertobat kepada Allah. Serta senantiasa menyesali segala dosa, maka para malaikat Allah bertasbih dan memohon ampunan kepadaNya untuk dirinya.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَّحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا
Artinya: “(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepadaNya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat,” (QS. Ghafir: 7). (Okz)

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hikmah

Dua Kalimat Zikir yang Berat Timbangan Amalnya
apahabar.com

Hikmah

Belajar Wara’ dari Pertemuan Abah Zuki dan Abah Guru Sekumpul
apahabar.com

Hikmah

Mimpi Misterius Tiga Malam, Perempuan Filipina Ini Mantap Memeluk Islam
Hendak Jebak Rasulullah, Bagaimana Nasib Abu Jahal?

Hikmah

Hendak Jebak Rasulullah, Bagaimana Nasib Abu Jahal?
apahabar.com

Hikmah

Begini Cara Nabi Muhammad Memuliakan Asisten Rumah Tangga

Hikmah

Uji Keikhlasan, Ibnu Ruslan Lemparkan Kitab Zubad ke Laut
apahabar.com

Hikmah

Doa Iri Hati yang Diperbolehkan, kepada Siapa Saja?
apahabar.com

Hikmah

Pekerjaan Paling Utama ‘di Mata’ Rasulullah SAW
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com