Subuh Hilang Kontak, Seorang Pria di Telaga Biru Banjarmasin Ditemukan Jadi Mayat Dapat Hidayah, Warga Binaan Lapas Balikpapan Ini Ketika Bebas Ingin Jadi Guru Ngaji Simpan Sabu di Lipatan Kasur, Warga Kelayan Banjarmasin Ini Mati-matian Tak Mengaku Lindungi Hak Konsumen, SPBU Banjarmasin Ditera Ulang KMP JM II Nyaris Tenggelam, Tim SAR Gabungan Kotabaru Bersiap Evakuasi

Khalifah Pertama yang Mundur dari Jabatannya

- Apahabar.com Rabu, 5 Agustus 2020 - 11:27 WIB

Khalifah Pertama yang Mundur dari Jabatannya

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Pasca meninggalnya Yazid bin Muawiyah pada tahun 64 Hijriyah atau 683 M, posisi kehalifahan Bani Umayyah jatuh kepada anaknya yang bernama sama dengan sang ayah, yakni Umayyah pendiri Daulat Bani Umayyah.

Tak lama mengemban amanah menjadi khalifah Umayyah II menyatakan mengundurkan diri.

Dia berkata di hadapan kaum Muslimin saat itu, “Wahai manusia, saya mengakui terus terang bahwa saya tidak sanggup memegang pekerjaan ini,” kata Muawiyah II seperti dikutip dari buku Sejarah Umat Islam yang ditulis oleh Buya Hamka.

Menurut Muawiyah II, pekerjaan menjadi khalifah tidak menguntungkan dirinya selagi hidup di dunia. Begitu juga ketika meninggal, pekerjaan sebagai khalifah menurutnya tidak menjadi amal yang dibawa mati.

“Dialah khalifah pertama yang meletakkan jabatan,” tulis Buya Hamka.

Sedangkan dikutip dari buku Sejarah Para Khalifah karya Hepi Andi Bastoni disebutkan, setelah menyatakan pengunduran dirinya, para pemuka istana dan tokoh keluarga Bani Umayyah memintanya untuk menunjuk seorang pengganti.

Namun, dengan tegas Muawiyah II berkata, “Aku bukan seperti Abu Bakar yang mampu menunjuk seorang pengganti. Aku belum menemukan seorang pun di antara kalian yang mempunyai keutamaan seperti Umar bin Al-Khathab. Aku juga bukan seperti Umar yang bisa menunjuk Ahli Syura. Kalian lebih tahu dan pilihlah orang yang kalian kehendaki.”

Sejak saat itu, Muawiyah bin Yazid menyerahkan hidupnya hanya untuk beribadah dengan uzlah (mengasingkan diri). Menjelang pengujung tahun 64 H/684 Masehi, ia meninggal dunia dalam usia masih belia, 23 tahun. Akhirnya, setelah dia meletakkan jabatannya itu, jabatan khalifah dipegang oleh Marwan bin Hakam.

Sumber: Republika
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Jasa Besar Zaid bin Tsabit RA dalam Islam
apahabar.com

Hikmah

Kisah Budak Rasulullah SAW yang Menyembunyikan Rampasan Perang
apahabar.com

Religi

Tidur Siang Dianjurkan Rasulullah, Ada Keutamaannya
apahabar.com

Religi

Masjid Al A’la Simbol Dakwah Islamiah di HST
apahabar.com

Religi

Ini Delapan Hal yang Membatalkan Puasa
apahabar.com

Religi

Ramadan Disambut Suka Cita, Berikut Lima Selebritas Dunia yang Jalankan Puasa
apahabar.com

Religi

Guru Zuhdi: Cinta Dunia dan Nafsu Sumber Segala Dosa
apahabar.com

Habar

Haul Guru Sekumpul ke 15 Akan Digelar Layaknya di Makkah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com