Link Live Streaming MotoGP Catalunya 2020, Live Trans7, Kans Rossi Podium Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya 2020, Morbidelli Pole Position, Rossi Start Ketiga, Live Trans7 KDRT di Kintap Tala: Cemburu, Suami Tebas Leher Istri Tiga Jadwal Krusial Persib di Liga 1 2020 Bulan Oktober, Madura vs Persib, Persib vs Bali United, PSM Makassar vs Persib Resmi, Mendagri Tunjuk Dua Pjs Wali Kota Banjarbaru dan Bupati Kotabaru

Khalifah Pertama yang Mundur dari Jabatannya

- Apahabar.com Rabu, 5 Agustus 2020 - 11:27 WIB

Khalifah Pertama yang Mundur dari Jabatannya

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Pasca meninggalnya Yazid bin Muawiyah pada tahun 64 Hijriyah atau 683 M, posisi kehalifahan Bani Umayyah jatuh kepada anaknya yang bernama sama dengan sang ayah, yakni Umayyah pendiri Daulat Bani Umayyah.

Tak lama mengemban amanah menjadi khalifah Umayyah II menyatakan mengundurkan diri.

Dia berkata di hadapan kaum Muslimin saat itu, “Wahai manusia, saya mengakui terus terang bahwa saya tidak sanggup memegang pekerjaan ini,” kata Muawiyah II seperti dikutip dari buku Sejarah Umat Islam yang ditulis oleh Buya Hamka.

Menurut Muawiyah II, pekerjaan menjadi khalifah tidak menguntungkan dirinya selagi hidup di dunia. Begitu juga ketika meninggal, pekerjaan sebagai khalifah menurutnya tidak menjadi amal yang dibawa mati.

“Dialah khalifah pertama yang meletakkan jabatan,” tulis Buya Hamka.

Sedangkan dikutip dari buku Sejarah Para Khalifah karya Hepi Andi Bastoni disebutkan, setelah menyatakan pengunduran dirinya, para pemuka istana dan tokoh keluarga Bani Umayyah memintanya untuk menunjuk seorang pengganti.

Namun, dengan tegas Muawiyah II berkata, “Aku bukan seperti Abu Bakar yang mampu menunjuk seorang pengganti. Aku belum menemukan seorang pun di antara kalian yang mempunyai keutamaan seperti Umar bin Al-Khathab. Aku juga bukan seperti Umar yang bisa menunjuk Ahli Syura. Kalian lebih tahu dan pilihlah orang yang kalian kehendaki.”

Sejak saat itu, Muawiyah bin Yazid menyerahkan hidupnya hanya untuk beribadah dengan uzlah (mengasingkan diri). Menjelang pengujung tahun 64 H/684 Masehi, ia meninggal dunia dalam usia masih belia, 23 tahun. Akhirnya, setelah dia meletakkan jabatannya itu, jabatan khalifah dipegang oleh Marwan bin Hakam.

Sumber: Republika
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Saran MUI, Ziarah Kubur Baiknya Ditiadakan
apahabar.com

Ceramah

Nabi Adam AS Pernah Tertipu dengan Kebohongan Atas Nama Tuhan
apahabar.com

Hikmah

Bahaya Terlalu Cinta Dunia
apahabar.com

Religi

Dapat Uang Rp75 Juta, Disedekahkan Semua
apahabar.com

Hikmah

Selamat Datang Sya’ban, Bulan Keampunan
apahabar.com

Hikmah

Senyum Meningkatkan Kebahagiaan
apahabar.com

Habar

PLN UP3 Barabai Bantu Kembangkan MSQ di Kalangan Pelajar
apahabar.com

Sirah

Datu Slam Pembawa Islam di Tanah Bayan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com