Muatan Politis dalam Pencopotan Sekda Tanah Bumbu Kantongi 3 Barang Bukti, Bawaslu Dalami Dugaan Pelanggaran BirinMU BW, Eks Pimpinan KPK Buka-bukaan Alasan Turun Gunung Bantu H2D Gandeng BW, Tim H2D Laporkan Dugaan Pelanggaran Petahana Kalsel ke Bawaslu Duel Juventus vs Barcelona Liga Champions Malam Ini Tanpa Ronaldo vs Lionel Messi, Link Live Streaming SCTV!

Kucing Picu Toksoplasma, Ini Bahayanya

- Apahabar.com Rabu, 19 Agustus 2020 - 09:00 WIB

Kucing Picu Toksoplasma, Ini Bahayanya

Ilustrasi kucing. Foto-@StreetCatBob

apahabar.com, JAKARTA – Toksoplasma, penyakit infeksi yang dipicu oleh parasit yang berasal dari hewan. Jika menginfeksi manusia, bukan tak mungkin toksoplasma bisa memicu bahaya pada otak.

Dokter Spesialis penyakit dalam, dr. Adityo Susilo SpPD, menuturkan bahwa parasit pemicu toksoplasma umumnya membutuhkan host atau tempat untuk bernaung. Biasanya, host yang dipilih adalah hewan seperti kucing.

“Tersering adalah kucing, mungkin ada hewan lain. Toksoplasma senang hidup di saluran pencernaan kucing ini,” kata dia.
Lebih lanjut, parasit toksoplasma yang menetap di saluran cerna akan ikut keluar bersamaan dengan kotoran hewan. Jika kotoran yang mengandung parasit tersebut terhirup atau tidak sengaja termakan, maka bisa picu penyakit.

“Saat keluarkan kotoran, maka ookista (media penularan parasit) ikut keluar. Kalau enggak sengaja termakan bisa picu penyakit pada manusia. Kebiasaan makan daging mentah itu juga ada ookista dan menginfeksi pada manusia,” tuturnya.

Pada dasarnya, kata dokter Adityo, toksoplasma bisa dihalau dengan imunitas tubuh yang tinggi. Namun, jika imunitas tubuh rendah, bisa menimbulkan bahaya hingga menginfeksi otak.

“Kalau imunitas tinggi, (parasit) bisa dikurung tubuh. Kalau imunitas rendah seperti, maaf, penderita HIV maka toksoplasma bisa berkelanjutan dan bisa naik sampai ke otak,” tutupnya. (viva)

Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Benarkah Tidur dengan Rambut Basah Menyebabkan Pilek?
apahabar.com

Gaya

Mengkonsumsi Kopi dapat Mencegah Penyakit Parkinson
apahabar.com

Gaya

Informasi Ubahan Avanza-Xenia Terbaru Bocor
apahabar.com

Gaya

Harga Gak Naik, Ada 12 Tipe Avanza Facelift yang Bisa Dipilih!
apahabar.com

Gaya

Peringati Hari Jantung Sedunia, Halodoc Gratiskan Konsultasi Kesehatan
apahabar.com

Gaya

Ada yang Baru dari Realme 6
apahabar.com

Gaya

Oppo Reno 2 Series Dirilis, Cek Harga dan Spesifikasinya
apahabar.com

Gaya

Mencicipi Sedapnya Nasi Kuning Sinar Pagi Batulicin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com