Refleksi Setahun Jokowi-Ma’ruf, BEM Kalsel Ancam Demo Tiap Pekan NASA Tunjuk Nokia untuk Bangun Jaringan Seluler di Bulan, 2024 Kirim Manusia Bermukim di Sana Demo Setahun Jokowi-Ma’ruf, Pelajar di Banjarmasin Kepergok Bawa Miras Jadwal Liga Champions Liverpool Vs Ajax, Klopp Pastikan Van Dijk Bakal Lebih Tangguh Setahun Jokowi-Ma’ruf, Map Merah Penuhi Jalanan Banjarmasin

Lewat Subuh Keliling, Chairansyah-Berry Ingatkan Warga HST Taat Protokol Kesehatan

- Apahabar.com Jumat, 7 Agustus 2020 - 16:12 WIB

Lewat Subuh Keliling, Chairansyah-Berry Ingatkan Warga HST Taat Protokol Kesehatan

Chairansyah-Berry dan Tim Satuan Tugas bersama para ulama melaksanakan Suling di Masjid Karamat Palajau, Pandawan, Jumat (7/8). Foto-istimewa

apahabar.com, BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), HA Chairansyah dan Wakilnya, Berry Nahdian Forqan tak bosan mengimbau masyarakatnya agar mematuhi protokol kesehatan.

Protokol kesehatan yang dimaksud yakni dalam menjalani adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19. Apalagi Pemkab HST sekarang ini sudah melonggarkan berbagai aktivitas masyarakat.

Hal itu disampaikan Chairansyah-Berry saat mengisi Program Subuh Keliling (Suling) dengan sosialisasi penanggulangan, pencegahan, dan penanganan Covid-19.

“Mengingat penderita Covid-19, baik di Kalsel maupun di HST cederung meningkat, disiplin patuhi protokol kesehatan dengan jaga jarak, selalu mencuci tangan dengan sabun dan memakai masker,” kata Chairansyah didampingi wakilnya saat Suling pekan ke 182 di Masjid Keramat Palajau Kecamatan Pandawan, Jumat (7/8).

Meski wabah Covid-19 belum mereda, keduanya bersyukur melihat serta bersilaturahmi dengan masyarakat yang memakmurkan masjid, lebih-lebih saat salat subuh.

Menanggapi orang terkonfirmasi yang cenderung meningkat, Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19, dr. Asnal menyebut data terupdate atau angka Covid-19 itu adalah angka yang diperiksa. Faktanya belum tentu seperti itu.

“Bisa-bisa (orang yang positif Covid-19) lebih dari angka yang diupdate,” kata Asnal yang ikut mendampingi bupati dan wakilnya.

Maka dari itu, dokter yang juga menjabat Direktur RSUD H Damanhuri Barabai ini berharap masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Tujuannya agar bisa memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19.

“Sekarang ini perlu kita patuhi (protokol kesehatan). Sembari menunggu para ilmuan atau peneliti menemukan vaksinnya sebagai antibody,” kata Asnal.

Yang paling rentan terkena Covid-19, jelas Asnal, orang yang berumur tua. Ditambah lagi ada penyakit bawaan.

Sementara untuk golongan usia muda, relatif aman. Jika anak muda terkena atau tertular Covid-19, dia tidak menimbulkan gejala seperti, sakit tenggorokan, batuk dan demam.

Lantas bagaimana agar memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini?

Dokter spesialis bedah ini mengungkapkan caranya dengan cara hidup bersih dan sehat. Misalnya, mencuci tangan dengan sabun selama sepuluh detik. Hal ini dilakukan, sebab tangan sering kali menjamah ke wajah, tempat masuknya virus.

Kata Asnal, virus itu masuk melalui hidung, mata, dan mulut. Untuk itu perlu menggunakan masker dan pelindung wajah dan jaga jarak dengan orang lain.

“Mengapa kita harus menaati protokol kesehatan? Karena kita semua sudah dicurigai menderita Covid-19,” terang Asnal.

Selaku Tim Satuan Tugas Covid-19, Asnal berharap agar sesering mungkin masjid dan fasilitas umum lainnya disemprot disenfektan.

“Untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, mari taati dan patuhi protokol kesehatan,” tutup Asnal.

Sekadar diketahui, Program Suling ini merupakan kerja sama Pemkab HST dengan organisasi NU dan Muhammadiyah.

Editor: Puja Mandela

Reporter: HN Lazuardi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Di Hadapan Wakil Rakyat HST, Berry Nahdian Sampaikan Fokus Anggaran Covid-19
Putus Mata Rantai Corona, Fasum Jadi Sasaran Gugus Tugas di HST

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Putus Mata Rantai Corona, Fasum Jadi Sasaran Gugus Tugas di HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Bupati Chairansyah: Satgas Penegak Hukum Prokes di HST Harus Serius
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

BRI Peduli Covid-19 Salurkan Bantuan untuk Gugus Tugas HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Senandung Cinta dari Bumi Murakata untuk Negeri dan Palestina
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Kepiawaian Penari Sanggar Ading Bastari di Surakarta Pukau Bupati HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

“Subuh Keliling”, Tim Gugus Tugas HST Sosialisasikan Pencegahan Covid-19
Perdana Disasar BPS, Bupati HST Harap Sensus 2020 Sukses

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Perdana Disasar BPS, Bupati HST Harap Sensus 2020 Sukses
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com