3 Kali Diskor, Sidang Perdana Netralitas ASN Camat Aluh Aluh Berlangsung hingga Malam Sisa 85 Hari Jadi Bupati, Sudian Noor Doyan Bikin Kebijakan Kontroversial Diam-Diam, Adaro Kepincut Proyek Coal to Methanol di Kotabaru, Apa Kata Dewan? Kubah Datu Kelampaian Kembali Ditutup, Simak Penjelasan Zuriyat Gelapkan Penjualan Motor, Supervisor Marketing PT NSS Tabalong Diamankan Polisi

Mau Jadi Reseller, Simak 6 Tips Suksesnya

- Apahabar.com Minggu, 30 Agustus 2020 - 07:32 WIB

Mau Jadi Reseller, Simak 6 Tips Suksesnya

Ilustrasi e-commerce. Foto-usabiltygeek.com via Kompas

apahabar.com, JAKARTA – Di saat semakin banyak pengusaha, termasuk pemilik usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) beralih ke platform daring, menjadi seorang pengusaha eceran (reseller) bisa menguntungkan di tengah situasi pandemi seperti saat ini.

Memanfaatkan tren jualan via daring, Ade Yuanda Saragih, VP and Country Head, Zilingo dalam keterangan resmi membagikan 6 tips sukses pelaku bisnis memulai perjalanan mereka sebagai seorang reseller.

Lakukan riset pasar yang mendalam sebagai batu loncatan

Ukur popularitas produk, kebutuhan konsumen, perilaku pasar terhadap produk, batasan pembelian dan yang terpenting, seperti yang ditekankan Ade, tentukan batas harga produk yang sesuai.

“Jika Anda berasal dari kota kecil, periksa keberadaan reseller produk atau merek serupa di daerah Anda. Hal ini dapat menentukan kesempatan Anda untuk menjadi satu-satunya reseller kategori untuk wilayah tertentu,” kata Ade.

Penuhi stok produk

Pastikan stok produk Anda cukup untuk melayani semua pelanggan Anda. Stok produk yang baik akan memungkinkan Anda untuk menawarkan berbagai tipe produk yang memenuhi preferensi konsumen yang berbeda-beda.

Pilih pemasok yang tepat

Anda harus memilih pemasok yang terpercaya, memiliki kualitas produk yang baik dan konsisten yang menawarkan pilihan yang bervariasi. Pemasok juga harus dikenal luas oleh pelanggan karena hal ini memudahkan Anda dalam melakukan pemasaran dan penjualan.

“Anda juga perlu membandingkan harga grosir, jadwal produksi, dan waktu pengiriman masing-masing pemasok karena semua ini menjadi poin pendorong bisnis Anda dalam jangka panjang,” jelas Ade.

Buat strategi penjualan dan pemasaran sedini mungkin

Idealnya, para reseller harus memiliki keterampilan pemasaran yang kuat dan harus mengenal berbagai platform yang ada, dari e-commerce hingga media sosial. Pesan bisnis Anda harus dapat disampaikan secara jelas dan konsisten dengan target pelanggan Anda.

Kuasai keterampilan layanan pelanggan

Menjadi pengusaha berarti siap menghadapi pelanggan secara langsung, dimulai dengan mengatur jam layanan pelanggan, sistem dan jadwal pengiriman, serta akun media sosial usaha Anda. Terus perkaya keterampilan Anda sebagai komunikator yang baik sehingga Anda dapat menanggapi pertanyaan pelanggan dan menangani keluhan yang Anda dengan tepat.

Penting untuk menjajal produk terlebih dahulu

Sebagai reseller baru, mungkin perlu melakukan semuanya sendiri, mulai dari berbelanja dan menyimpan produk, mengelola platform e-commerce pilihan Anda, akun media sosial, pengepakan, pengiriman, hingga pengelolaan keuangan.

Memperbarui penjualan atau akun media sosial Anda dengan menampilkan produk terbaru, menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan promosi dengan diskon dan hadiah menarik harus dilakukan secara konsisten.

Cobalah untuk lebih disiplin, terorganisir, dan konsisten dalam memenuhi tugas dan kebutuhan bisnis Anda dalam sehari-hari.

Ada kemungkinan lebih tinggi pelanggan akan memilih Anda daripada pesaing jika mereka puas dengan daya tanggap bisnis Anda.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Mulai Tahun Depan, Lapan Akan Cari Kehidupan di Planet Lain
apahabar.com

Gaya

Belanja Online, Pria Lebih Banyak Lakukan Ini
apahabar.com

Gaya

Kembali ke Kantor, Ini Cara Bersihkan Peralatan Elektronik
apahabar.com

Gaya

Perangi Hoaks, Facebook Messenger Batasi Terusan Pesan
apahabar.com

Gaya

Acer Indonesia Bagi Berkah Ramadan
apahabar.com

Gaya

Guru Besar UGM: Kalung Eucalyptus Belum Terbukti Menangkal Covid-19
apahabar.com

Gaya

Pandemi Covid-19, Rambut Ala Virus Corona Tren di Kenya
apahabar.com

Gaya

Sistem Transportasi Publik Pintar Masa Depan Sedang Diuji
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com