Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri

Melacak Penderita Covid-19 Lewat Tes Swab Masif di Kalsel

- Apahabar.com Rabu, 12 Agustus 2020 - 21:24 WIB

Melacak Penderita Covid-19 Lewat Tes Swab Masif di Kalsel

Kota Banjarmasin. Foto-Media Indonesia

apahabar.com, BANJARBARU – Persiapan 10 ribu tes usap (swab) Covid-19 secara masif di Kalimantan Selatan sudah mencapai 90 persen.

Wakil Ketua Harian Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kalsel, Roy Rizali Anwar, mengharapkan melalui swab massal tersebut tidak ada lagi warga yang tidak terdeteksi Covid-19.

“Kalau bisa 100 persen dari 10 ribu itu positif, sehingga tidak ada lagi yang tidak terdeteksi. Apabila segera diketahui, kemudian bisa dilakukan penanganan dan tidak menjadi sumber penularan bagi orang lain,” kata Roy Rizali Anwar dalam konferensi pers, Rabu (12/8).

Dari 13 kabupaten/kota, hanya Banjarmasin yang masih belum mencapai target kuota untuk tes usap tersebut. Banjarmasin mendapat jatah sebanyak 1.300 dan baru terpenuhi sekitar 600 saja.

“Kita sudah berikan arahan agar mencari lagi titik atau tempat lagi termasuk instansi atau SKPD kalau memang sudah ada yang terkonfirmasi positif,” lanjut Kepala Dinas PUPR Kalsel.

Sasaran swab masif kali ini ditujukan untuk mereka yang kontak erat dengan terkonfirmasi positif, probable serta suspek. Pelaksanaan akan digelar pada 14 hingga 17 Agustus mendatang.

Sedangkan lokasi seperti puskesmas, rumah sakit, lapas atau kantor, akan ditentukan oleh masing-masing kabupaten/kota.

“Bukan berarti pelaksanaannya di tanggal itu saja. Mulai kemarin, sekarang dan seterusnya akan dilakukan kalau memang dibutuhkan,” tegasnya

Juru bicara GTPP Covid-19 Kalsel, HM Muslim, menambahkan perhitungan target 10 ribu tes usap dikaitkan kepada 3 parameter yaitu laju insiden, angka pertumbuhan, dan jumlah proporsi penduduk.

“Ini adalah upaya extraordinary dalam mencari orang-orang yang terduga, yang belum ditemukan, kemudian selanjutnya dirawat tergantung gejalanya,” kata Muslim

Dia memastikan swab tes tidak terasa sakit, karena tenaga kesehatan yang diturunkan terlatih dan kompeten di bidangnya.

“Hanya mengambil sedikit lendir di bagian rongga hidung. Alatnya aman dan tidak sakit,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kalsel.

Editor: Puja Mandela

Reporter: Musnita Sari - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemprov Kalsel

Dukung Belajar #dirumahaja, Dispersip Hadirkan Aplikasi iKalsel
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Dengar LKPj Paman Birin, Dewan Ingatkan Soal Orang Miskin Baru Pasca Covid-19
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Jelang HUT RI, Calon Paskibraka Diseleksi Ketat
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Ratusan ASN Pemprov Kalsel Terima Satyalancana Karya Satya
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Dikerjakan Lebih Cepat, Barak SPN Banjarbaru Siap Difungsikan
apahabar.com

Pemprov Kalsel

24 Ribu Siswa SMA/SMK di Kalsel Akan Dapat Bantuan Paket Internet Gratis
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Paman Birin Serahkan Sapi Kurban untuk Masjid Sabilal Muhtadin
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Pemprov Kalsel Targetkan Anugerah Parahita Ekapraya 2020 di Tingkat Mentor
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com