Debat Ke-2 Pilbup Tanbu: “Wakil Komitmen” HM Rusli Bikin Bingung Alpiya, Mila Karmila Speechless PN Martapura Putuskan Camat Aluh-Aluh Melanggar Netralitas ASN Kembali, Duta Zona Selatan Batola Memenangi Atak Diang Kawal Pilkada Serentak, Polda Kalsel Komitmen Tegakkan Netralitas Tapin Berpotensi Tinggi di Sektor Energi Terbarukan, Pertanian, dan Parawisata

Minuman Ini Bisa Sebagai Pengganti Kopi di Pagi Hari

- Apahabar.com Senin, 3 Agustus 2020 - 07:00 WIB

Minuman Ini Bisa Sebagai Pengganti Kopi di Pagi Hari

Ilustrasi smoothie. Foto-Pixabay/StockSnap

apahabar.com, JAKARTA – Kopi menjadi salah satu minuman favorit bagi sebagian orang untuk diminum di pagi hari.

Hal itu karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat merevitalisasi energi, dan menyegarkan otak sehingga membuat kita siap menjalani hari.

Namun, bagi yang tak menyukai kopi, kopi tentu bukan pilihan utama. Meskipun dapat menyegarkan otak, sebagian orang lainnya merasakan dampak kopi, yaitu membuat jantung berdebar atau menimbulkan sakit lambung.

Dilansir di laman Livestrong, Minggu (2/8), ada sejumlah minuman sehat yang juga mengandung kafein.

Minuman ini juga cocok untuk disajikan pada pag hari. Berikut sejumlah minuman berbahan dasar buah-buahan sehat yang cocok diminum di pagi hari.

Smoothies Blueberry Matcha

Smoothie ini dibuat dengan menggunakan bubuk matcha dan juga buah blueberry. Kedua bahan dasar tersebut membawa banyak antioksidan pada minuman ini dan dijamin akan memberi peningkatan kafein.

“Karena Anda mengonsumsi seluruh teh bubuk dari daun dan bukan hanya merendamnya dalam air, Anda mendapatkan sekitar tiga kali lipat kafein dari secangkir teh yang diseduh,” kata penulis buku The Protein-Packed Breakfast Club, Lauren Harris-Pincus.

Namun demikian, jika Anda menderita aritmia, American College of Cardiology meminta Anda untuk berhati-hati.

Penelitian menunjukkan konsumsi kafein moderat umumnya yang aman dan bahkan dapat mengurangi risiko gangguan irama jantung, maka asupan kafein harus dibatasi hingga 300 miligram per hari. Sebagai referensi, secangkir teh rata-rata mengandung antara 35 dan 55 miligram kafein.

Smoothie oatmeal

Racikan minuman ini akan membantu Anda sangat terjaga dan bertenaga di pagi hari. Sebab, oatmeal berada di peringkat nomor satu dalam daftar makanan penambah energi.

Rendah pada indeks glikemik, karbohidrat kompleks oatmeal menyajikan sumber energi yang tahan lama dan tidak dapat bertahan lama. Belum lagi gandum dipenuhi dengan vitamin B, yang diperlukan untuk mengubah makanan menjadi energi.

Gula alami dalam apel dan pir juga akan menawarkan sedikit rasa manis tanpa menimbulkan lonjakan gula darah.

Smoothies Ubi Jalar

Ubi jalar adalah bahan makanan yang menduduki nomor tiga dalam daftar makanan berenergi menurut Departemen Pertanian AS. Sebab, ubi jalar kaya akan karbohidrat kompleks, zat besi dan magnesium.

Tepung umbi ini memiliki rasa manis. Selain itu, memiliki banyak vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk mengangkut lemak dan menghasilkan energi.

Smoothies Blueberry, Timun, dan Teh Hijau

Teh hijau dalam smoothie timun yang menghidrasi ini mengandung sedikit kafein alami untuk meningkatkan energi tanpa efek samping gelisah dari kopi. Selain itu, teh herbal juga menawarkan catechin epigallocatechin-3-gallate (EGCG).

Senyawa itu adalah yang merupakan senyawa tanaman dengan aktivitas antioksidan yang kuat. Selain itu, senyawa itu memungkinkan untuk menjadi anti-kanker yang sedikit meningkatkan metabolisme.

Faktanya, penelitian pada Desember 2013 dalam Journal of Research in Medical Sciences, menyeruput empat cangkir teh hijau per hari terkait dengan penurunan yang signifikan dalam berat badan, indeks massa tubuh, lingkar pinggang dan tekanan darah sistolik.

Smoothies ini dapat ditambahkan sedikit lemak sehat dengan beberapa chia, biji rami atau rami atau alpukat yang tidak akan mengubah rasanya, untuk membuat smoothie ini lebih mengenyangkan. Beberapa protein tanpa rasa atau bubuk kolagen untuk meningkatkan faktor protein juga bisa ditambahkan ke dalam smoothies ini.

Matcha Latte dengan Susu Almond dan Madu

Jenis minuman ini sangat cocok bagi Anda yang suka minuman hangat pada menu sarapan. Krim matcha latte yang memiliki sedikit kafein akan mengangkat semangat dan energi.

Terlebih lagi, menurut sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam Food Research International edisi September 2017, secangkir teh matcha dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Para peneliti menyimpulkan konsumsi teh matcha sedang meningkatkan kinerja kognitif, khususnya pada ukuran kecepatan perhatian dan memori.

Minuman ini sama nikmatnya jika disajikan dengan menggunakan es, jika Anda suka minuman dingin.

Mint Cacao Nib Shake

Minuman kocok biji kakao mint ini memasok energi dan sangat bagus untuk kesehatan jantung dan otak. Smoothie mint yang menggiurkan ini akan membuat sedikit perm-permint pada langkah Anda.

Ditumpuk dengan bayam yang merupakan bahan makanan peringkat kedua penambah energi tertinggi, daun hijau ini menyediakan banyak mineral magnesium dan zat besi, yang penting dalam produksi energi.

Kafein alami dalam biji kakao juga akan memberikan sedikit peningkatan di pagi hari. Tetapi flavanol, yang merupakan nutrisi nabati yang kuat yang berada di kakao adalah bahan makanan yang bermanfaat bagi peremajaan tubuh.

Sebab, menurut Harvard Health Publishing, mereka dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung, menangkal kerusakan sel, menggagalkan pembekuan darah dan menurunkan tekanan darah.(Rep)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Imbas Corona, Lelang 5G Polandia Ditunda
apahabar.com

Gaya

Pemantau Jantung EKG Akan Hadir di Samsung Galaxy Watch Active2
apahabar.com

Gaya

Mengkonsumsi Kopi dapat Mencegah Penyakit Parkinson
apahabar.com

Gaya

Mulai Tahun Depan, Lapan Akan Cari Kehidupan di Planet Lain
apahabar.com

Gaya

Tips Bisnis Makanan Sahur untuk Ramadan
apahabar.com

Gaya

Mulai Juli, Kantor Facebook Akan Buka Kembali

Gaya

Mantap, 7 Aplikasi Edit Foto dan Video Paling Mudah Digunakan
apahabar.com

Gaya

Banjarmasin Komitmen Lestarikan Kuliner Khas Banjar Melalui Restoran Terapung
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com