Buntut Demo, Koordinator BEM Kalsel Ahdiat Zairullah Resmi Tersangka Mubadala Petrolium Sosialisasi Pemboran Sumur Eksplorasi Yaqut-1 Upah Minimum Naik Rp 10 Ribu, Buruh Kalsel Meradang Koordinator BEM Kalsel Tersangka, Kuasa Hukum Siap Melawan BREAKING NEWS: Wakil Rektor ULM Penuhi Panggilan Polda Kalsel

Mulai 25 Agustus, Subsidi Gaji Langsung Ditransfer Rp 1,2 Juta

- Apahabar.com Minggu, 16 Agustus 2020 - 19:49 WIB

Mulai 25 Agustus, Subsidi Gaji Langsung Ditransfer Rp 1,2 Juta

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah. Foto-Dok. Kemenaker via Kumparan

apahabar.com, JAKARTA – Bantuan subsidi gaji sebesar Rp 600.000 dari pemerintah rencananya akan mulai ditransfer ke rekening pada 25 Agustus mendatang.

program subsidi gaji itu, akan disalurkan kepada 15 juta lebih pekerja dengan upah di bawah Rp 5 juta per bulan.

“Datanya sudah 12 juta nomor rekening yang sudah masuk. Kita merencanakan, Pak Presiden akan menyerahkan secara langsung, meluncurkan program ini Insyaallah tanggal 25 Agustus ini,” kata Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah usai membuka acara dialog tentang pekerja migran Indonesia yang diadakan oleh Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) di Jakarta, Minggu (16/8).

Ida menerangkan bantuan subsidi gaji yang diberikan pada akhir Agustus tersebut sebesar Rp 1,2 juta untuk bulan September dan Oktober, setelah Presiden Joko Widodo meluncurkan program tersebut.

Subsidi gaji akan dikirim langsung ke rekening pekerja yang datanya sudah diverifikasi oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

Pemerintah akan memberikan subsidi gaji senilai Rp600.000 per bulan selama 4 bulan atau total Rp 2,4 juta kepada 15.725.232 pekerja swasta dan pegawai honorer di instansi pemerintah yang upahnya kurang dari Rp 5 juta per bulan.

Bantuan tersebut diberikan kepada pekerja yang sudah terdaftar sebagai peserta program jaminan BPJS Ketenagakerjaan paling lambat 30 Juni 2020.

“Jadi penerima upah yang dilaporkan BPJS Ketenagakerjaan di bawah Rp 5 juta, yang dilaporkan perusahaan. Kita minta teman-teman BPJS Ketenagakerjaan memvalidasi datanya dan kami di Kementerian Ketenagakerjaan menerima datanya dari BPJS Ketenagakerjaan,” kata Ida.

Pekerja yang belum mendapatkan subsidi gaji, Ida mengatakan, bisa mendapatkan bantuan dari program-program jaring pengaman sosial yang dijalankan pemerintah seperti Program Kartu Prakerja dan program bantuan dari Kementerian Sosial.(Ant)

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Minimalkan Penyebaran Covid-19, Nahdlatul Ulama Lakukan Pendataan Warga Secara Digital
apahabar.com

Nasional

Apkasi Dukung Mendagri tentang Pencairan THR PNS dan Gaji Ke-13
apahabar.com

Nasional

Viral, Jasad Kiai di Blitar Utuh Meski Terkubur 31 Tahun
apahabar.com

Nasional

Haul Guru Sekumpul, Saiful Kayuh Gerobak Sampah ke Martapura
apahabar.com

Nasional

Jakarta Banjir, Tol Dalam Kota Gratis Selama 18 Jam
apahabar.com

Nasional

Pecinta Lingkungan Ajak Perusahaan Besar Hijaukan Hutan
apahabar.com

Nasional

Cegah Kecurigaan, Jokowi Minta Data Penerima Bansos Dibuka Transparan
apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi Telepon Raja Salman Sampaikan Selamat Iduladha
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com