Ditangkap di Tabalong, Janda asal Ampah Kalteng Sudah Teler dari Amuntai Guru Danau Imbau Ulama Kalsel Tidak Berpolitik Praktis Puncak Pandemi, Berapa Limbah Infeksius Covid-19 di Kalsel? Amankan Pilgub Kalsel 2020, Polres Tapin Siapkan 258 Personel Akhir 2024, Agropolitan Anjir Pasar Batola Ditarget Berdaya Saing

Murid Sekolah Adiwayata di Banjarmasin Wajib Gunakan Tumbler

- Apahabar.com Rabu, 5 Agustus 2020 - 18:23 WIB

Murid Sekolah Adiwayata di Banjarmasin Wajib Gunakan Tumbler

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina memberikan penghargaan adiwiyata kepada sekolah yang berhasil mengelola lingkungan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Tahun ini, Pemkot Banjarmasin kembali memberikan penghargaan adiwiyata kepada sekolah yang berhasil mengelola lingkungan.

Penghargaan bergengsi dibidang lingkungan itu diberikan kepada 21 SD/SMP sederajat di Banjarmasin, karena dianggap lolos memenuhi kriteria yang ditentukan.

Secara umum, penghargaan adiwiyata diberikan kepada sekolah berbasis lingkungan, antara lain di sekolah itu ada tanaman penghijauan, tanaman pelindung, bank sampah.

Ditambah peran serta guru dan muridnya dalam menjaga kebersihan, Termasuk pengurangan kantong plastik.

“Sampai saat ini, sudah ada 138 SD/SMP yang menerima penghargaan adiwiyata,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin, Mukhyar usai menyerahkan penghargaan.

Lebih spesifik, Kabid Tata Lingkungan DLH Kota Banjarmasin, Dwi Naniek menambahkan, bahwa penilain sekolah adiwiyata ini sudah ada pada aplikasi. Untuk bisa masuk ke aplikasi itu, sekolah harus meraih nilai minimal 70.

Kritetianya lanjut Naniek juga bisa dilihat pada aplikasi, dengan syarat dan ketentuan berlaku. Misalnya menpunyai bank sampah dan pengomposan, walapun tujuannya hanya untuk edukasi kepada siswa.

Ditambah lagi peran serta sekolah seperti memiliki kantin sehat, pengjijauan dan kebrsihan wc serta penggunaan plastik sekali pakai.

“Dari 30 sekolah yang diusulkan, hanya 21 sekolah yang bisa masuk ke aplikasi. Murid-murid di sekolah yang sudah punya lebel adiwiyata wajib menggunakan tumbler,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, penghargaan ini sengaja diberikan Pemko kepada sekolah yang sudah disiplin mengelola lingkungan dan sampah sekolah.

“Stimulus ini adalah bagian dari upaya menjadikan sekolah sebagai salah satu pilar kota Banjarmasin yang bersih dan nyaman,” pungkasnya.

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Bahaudin Qusairi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

UN Ditiadakan, Pemkot Banjarmasin Terapkan US Online untuk Kelulusan
apahabar.com

Kalsel

Malam Takbiran, Mayat Mengapung Gegerkan Warga Cempaka Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Farah Amalia Menggantikan Ayahnya di DPRD Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Nunggak Listrik Rp 48 Juta, Renovasi Stadion 17 Mei Terancam Amburadul
apahabar.com

Kalsel

Hari Ini Cerah Lagi
apahabar.com

Kalsel

Geruduk DPRD Kalsel, Massa Aksi Sebut Pemerintah Gagal Atasi BPJS
apahabar.com

Kalsel

Bantuan untuk Kebakaran Alalak Selatan Dihibahkan, Kenapa?
apahabar.com

Kalsel

BPD Diresmikan, Kadis DPMPD Tabalong Ingatkan Tugas dan Fungsi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com