ga('send', 'pageview');
Warga Dayak Meratus Berduka, Damang Ayal Kusal Wafat Satgas Covid-19 Visitasi Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin, Mau Buka Lagi? Alasan Mencengangkan Paman di Kotabaru Tega Cabuli Adik Sendiri 3 Pekan Razia Masker di Banjarmasin: Berludah hingga Pengemudi Mobil Didenda, Simak Penjelasan Dinkes Sinting! Pria Plontos di Kotabaru Cabuli Adik Berkali-kali

Murid Sekolah Adiwayata di Banjarmasin Wajib Gunakan Tumbler

- Apahabar.com Rabu, 5 Agustus 2020 - 18:23 WIB

Murid Sekolah Adiwayata di Banjarmasin Wajib Gunakan Tumbler

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina memberikan penghargaan adiwiyata kepada sekolah yang berhasil mengelola lingkungan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Tahun ini, Pemkot Banjarmasin kembali memberikan penghargaan adiwiyata kepada sekolah yang berhasil mengelola lingkungan.

Penghargaan bergengsi dibidang lingkungan itu diberikan kepada 21 SD/SMP sederajat di Banjarmasin, karena dianggap lolos memenuhi kriteria yang ditentukan.

Secara umum, penghargaan adiwiyata diberikan kepada sekolah berbasis lingkungan, antara lain di sekolah itu ada tanaman penghijauan, tanaman pelindung, bank sampah.

Ditambah peran serta guru dan muridnya dalam menjaga kebersihan, Termasuk pengurangan kantong plastik.

“Sampai saat ini, sudah ada 138 SD/SMP yang menerima penghargaan adiwiyata,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin, Mukhyar usai menyerahkan penghargaan.

Baca juga :  Tahapan Pilkada Serentak 2020, Dinkes Banjarmasin Ingatkan Disiplin Protokol Kesehatan

Lebih spesifik, Kabid Tata Lingkungan DLH Kota Banjarmasin, Dwi Naniek menambahkan, bahwa penilain sekolah adiwiyata ini sudah ada pada aplikasi. Untuk bisa masuk ke aplikasi itu, sekolah harus meraih nilai minimal 70.

Kritetianya lanjut Naniek juga bisa dilihat pada aplikasi, dengan syarat dan ketentuan berlaku. Misalnya menpunyai bank sampah dan pengomposan, walapun tujuannya hanya untuk edukasi kepada siswa.

Ditambah lagi peran serta sekolah seperti memiliki kantin sehat, pengjijauan dan kebrsihan wc serta penggunaan plastik sekali pakai.

Baca juga :  Tahapan Pilkada Serentak 2020, Dinkes Banjarmasin Ingatkan Disiplin Protokol Kesehatan

“Dari 30 sekolah yang diusulkan, hanya 21 sekolah yang bisa masuk ke aplikasi. Murid-murid di sekolah yang sudah punya lebel adiwiyata wajib menggunakan tumbler,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, penghargaan ini sengaja diberikan Pemko kepada sekolah yang sudah disiplin mengelola lingkungan dan sampah sekolah.

“Stimulus ini adalah bagian dari upaya menjadikan sekolah sebagai salah satu pilar kota Banjarmasin yang bersih dan nyaman,” pungkasnya.

Editor: Syarif

Reporter: Bahaudin Qusairi - Apahabar.com

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Antisipasi Corona, Paripurna di HST Batal Digelar
apahabar.com

Kalsel

Selepas Bahas 3 Raperda Usulan Wali Kota, DPRD Banjarbaru Segera Bentuk Pansus
apahabar.com

Kalsel

Ratusan Mahasiswa Penuhi Halaman Lapas, Fauzan Saleh Teteskan Air Mata
apahabar.com

Kalsel

Cegah Covid-19, SDN 4 Kampung Baru Tanbu Didisinfektan

Kalsel

Murah Meriah, Sate Unta Sudah Dapat Dinikmati di Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Gaet Ulama dan Mahasiswa, Gaung Save Meratus Makin Kencang
apahabar.com

Kalsel

Jadi Narsum PKKMB, Wakapolres Ingatkan Mahasiswa Nilai Pancasila
apahabar.com

Kalsel

Momen Haornas 2019, BNN Kalsel Gaungkan Perangi Narkoba
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com