Viral Shogun Vs Vario di Kandangan Lama, Dua Pengendara Tewas Seketika! Dahsyatnya Banjir di Satui, Haruyan, hingga Kotabaru: Kerugian Petani Tembus Miliaran Rupiah! Hari Terakhir Penutupan KSPN Loksado, Sejumlah Pelancong Disuruh Putar Balik Puluhan Ribu Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Sembuh Update Banjir Satui & Pantauan Jalan Penghubung Batulicin-Banjarmasin 

Murid Sekolah Adiwayata di Banjarmasin Wajib Gunakan Tumbler

- Apahabar.com Rabu, 5 Agustus 2020 - 18:23 WIB

Murid Sekolah Adiwayata di Banjarmasin Wajib Gunakan Tumbler

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina memberikan penghargaan adiwiyata kepada sekolah yang berhasil mengelola lingkungan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Tahun ini, Pemkot Banjarmasin kembali memberikan penghargaan adiwiyata kepada sekolah yang berhasil mengelola lingkungan.

Penghargaan bergengsi dibidang lingkungan itu diberikan kepada 21 SD/SMP sederajat di Banjarmasin, karena dianggap lolos memenuhi kriteria yang ditentukan.

Secara umum, penghargaan adiwiyata diberikan kepada sekolah berbasis lingkungan, antara lain di sekolah itu ada tanaman penghijauan, tanaman pelindung, bank sampah.

Ditambah peran serta guru dan muridnya dalam menjaga kebersihan, Termasuk pengurangan kantong plastik.

“Sampai saat ini, sudah ada 138 SD/SMP yang menerima penghargaan adiwiyata,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin, Mukhyar usai menyerahkan penghargaan.

Lebih spesifik, Kabid Tata Lingkungan DLH Kota Banjarmasin, Dwi Naniek menambahkan, bahwa penilain sekolah adiwiyata ini sudah ada pada aplikasi. Untuk bisa masuk ke aplikasi itu, sekolah harus meraih nilai minimal 70.

Kritetianya lanjut Naniek juga bisa dilihat pada aplikasi, dengan syarat dan ketentuan berlaku. Misalnya menpunyai bank sampah dan pengomposan, walapun tujuannya hanya untuk edukasi kepada siswa.

Ditambah lagi peran serta sekolah seperti memiliki kantin sehat, pengjijauan dan kebrsihan wc serta penggunaan plastik sekali pakai.

“Dari 30 sekolah yang diusulkan, hanya 21 sekolah yang bisa masuk ke aplikasi. Murid-murid di sekolah yang sudah punya lebel adiwiyata wajib menggunakan tumbler,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, penghargaan ini sengaja diberikan Pemko kepada sekolah yang sudah disiplin mengelola lingkungan dan sampah sekolah.

“Stimulus ini adalah bagian dari upaya menjadikan sekolah sebagai salah satu pilar kota Banjarmasin yang bersih dan nyaman,” pungkasnya.

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Bahaudin Qusairi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Camat Kusan Hilir : Seharusnya Beras yang Rusak Dikembalikan
Covid-19

Kalsel

Kabar Duka, 1 Lagi Pasien Covid-19 asal Simpang Empat Tanbu Tutup Usia
Sekda Tanah Bumbu

Kalsel

Ditetapkan Tersangka, Mantan Sekda Tanah Bumbu Langsung Ditahan
apahabar.com

Kalsel

Film Suara April, Diharapkan Tingkatan Partisipasi Pemilih
apahabar.com

Kalsel

Satu Rumah Tungku Pembuat Arang Ludes Terbakar
apahabar.com

Kalsel

Biddokkes Polda Kalsel Periksa Kesehatan Korban Banjir di Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Kondisi Memprihatinkan Rumah Nenek Sabariah, Dewan Banjarmasin Miris
apahabar.com

Kalsel

Dinyatakan Bersalah, GM Dipecat dari KPU Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com