Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya 2020, Morbidelli Pole Position, Rossi Start Ketiga, Live Trans7 KDRT di Kintap Tala: Cemburu, Suami Tebas Leher Istri Tiga Jadwal Krusial Persib di Liga 1 2020 Bulan Oktober, Madura vs Persib, Persib vs Bali United, PSM Makassar vs Persib Resmi, Mendagri Tunjuk Dua Pjs Wali Kota Banjarbaru dan Bupati Kotabaru BREAKING NEWS: Pelantikan Pjs Bupati Kotabaru dan Wali Kota Banjarbaru Segera Digelar

Nekat Langgar Protokol Kesehatan di HST, Siap-Siap Sanksi Menanti

- Apahabar.com Kamis, 27 Agustus 2020 - 09:12 WIB

Nekat Langgar Protokol Kesehatan di HST, Siap-Siap Sanksi Menanti

Bupati Chairansyah didampingi Wakilnya Berry Nahdian Forqan dan Pj Sekda HST, Faried Fakhmansyah saat menghadiri sosialisasi Perbup Nomor 34 di Auditorium Pemkab setempat, Selasa (25/8).Foto-Prokom HST for apahabar.com.

apahabar.com, BARABAI – Penegakan hukum protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Hulu Sungai Tengah (HST) mulai gencar disosialisasikan.

Terhitung sejak 19 Agustus tadi, Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 34 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 sudah diundangkan.

Perbup ini rencananya disosialisasikan selama satu bulan. Setelahnya akan diberlakukan sanksi.

Sanksi tersebut sesuai Pasal Ayat 2 pada Perbup tersebut. Di antaranya teguran lisan, sanksi sosial dan denda sebesar Rp 50 ribu.

Sanksi ditujukan bagi perorangan yang tidak menaati protokol kesehatan seperti tidak memakai masker di luar rumah.

“Masa sosialisasi terhitung sejak diundangkan, 19 Agustus 2020 sampai 19 September 2020. Penerapan sangksi setelah berakhir masa sosialisasi,” kata Bupati HST, HA Chairansyah saat sosialisasi Perbup tersebut di Auditorium Pemkab setempat, belum lama ini.

Masalah Covid-19 ini, kata Chairansyah, tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah. Namun diperlukan kebersamaan dari lintas sektoral untuk memutus rantai penyebaran wabah itu.

Mengingat pentingnya mendisiplinkan protokol kesehatan dalam masa pandemi, dia menekankan masalah itu bukan hanya urusan medis saja, tetapi perlu dihadapi bersama.

Karena itu, pemerintah dinilai perlu merangkul berbagai potensi yang ada di masyarakat.

“Misalnya, melibatkan tokoh pemuda, ulama maupun tokoh budaya untuk mematuhi protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-harinya,” terang Chairansyah dihadapan Forkopimda para kepala SOPD, camat dan pejabat instansi vertikal di HST yang hadir saat sosialisasi.

Dijelaskan Chairansyah, penegakan Perbup itu penting dilakukan. Mengingat penyebaran Covid-19 belum dapat diprediksi sampai kapan akan berakhir.

Terlebih penularan Covid-19 melalui mulut (lewat percikan air ludah) kemudian melewati udara dan masuk ke hidung maupun mulut.

Berdasarkan hal itulah, pentingnya penggunaan masker dan perilaku hidup sehat seperti aturan pada protokol kesehatan yang diperbupkan tadi.

Terlebih kasus positif Covid-19 di HST makin meningkat.

“Ini dipicu oleh kelalaian atau kurangnya disiplin masyarakat kita untuk mengikuti protokol kesehatan yang salah satunya memakai masker bila keluar rumah, berkumpul banyak orang atau di tempat keramaian,” tutup Chairansyah.

Kegiatan sosialisasi tersebut juga dihadiri Wabup Berry Nahdian Forqan dan Pj Sekda HST, H Faried Fakhmansyah. Sosialisasi Perbup Nomor 34 itu diisi paparan dari Kabag Hukum Setda HST, Hamsinah.

Editor: Puja Mandela

Reporter: HN Lazuardi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Hari Bhayangkara ke-74, Ini Harapan Bupati HST Chairansyah
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Dampak Sosial Covid 19 di HST, Bupati: Bansos Harus Tepat Sasaran
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

HET Tembus Puluhan Ribu, TPID HST Jaga Pasokan Gula
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

IKAPTK Donasikan Ribuan Masker, Bupati: Semangat Gotong Royong Peduli Covid-19
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pantau Penyerahan BLT DD, Bupati HST Ingatkan Penerima
apahabar.com

HST

Gandeng Balai Bahasa Kalsel, Pemkab HST Penuhi Standar Mutu Bahasa Guru
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Berry Nahdian: Dunia Pendidikan di HST Tidak Boleh Ada Kubu dan Ego
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pokdakan HST Dapat Bantuan PSBI Kalsel, Berry: Manfaatkan Sebaik-baiknya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com