PT. SBKW Perusahaan Resmi, Cuncung Sayangkan Media Tidak Cek And Balance Mediasi Buntu! Kades di Amuntai Ancam Sweeping Truk Conch Mensos Risma Dikabarkan Akan Tinjau Korban Longsor di Maradapan Kotabaru La Nina, Wilayah Pesisir Kalsel Jadi Atensi Khusus Jelang Piala AFF 2021, Evan Dimas Tetap Kapten Timnas Indonesia

Nekat Langgar Protokol Kesehatan di HST, Siap-Siap Sanksi Menanti

- Apahabar.com     Kamis, 27 Agustus 2020 - 09:12 WITA

Nekat Langgar Protokol Kesehatan di HST, Siap-Siap Sanksi Menanti

Bupati Chairansyah didampingi Wakilnya Berry Nahdian Forqan dan Pj Sekda HST, Faried Fakhmansyah saat menghadiri sosialisasi Perbup Nomor 34 di Auditorium Pemkab setempat, Selasa (25/8).Foto-Prokom HST for apahabar.com.

apahabar.com, BARABAI – Penegakan hukum protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Hulu Sungai Tengah (HST) mulai gencar disosialisasikan.

Terhitung sejak 19 Agustus tadi, Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 34 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 sudah diundangkan.

Perbup ini rencananya disosialisasikan selama satu bulan. Setelahnya akan diberlakukan sanksi.

Sanksi tersebut sesuai Pasal Ayat 2 pada Perbup tersebut. Di antaranya teguran lisan, sanksi sosial dan denda sebesar Rp 50 ribu.

Sanksi ditujukan bagi perorangan yang tidak menaati protokol kesehatan seperti tidak memakai masker di luar rumah.

“Masa sosialisasi terhitung sejak diundangkan, 19 Agustus 2020 sampai 19 September 2020. Penerapan sangksi setelah berakhir masa sosialisasi,” kata Bupati HST, HA Chairansyah saat sosialisasi Perbup tersebut di Auditorium Pemkab setempat, belum lama ini.

Masalah Covid-19 ini, kata Chairansyah, tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah. Namun diperlukan kebersamaan dari lintas sektoral untuk memutus rantai penyebaran wabah itu.

Mengingat pentingnya mendisiplinkan protokol kesehatan dalam masa pandemi, dia menekankan masalah itu bukan hanya urusan medis saja, tetapi perlu dihadapi bersama.

Karena itu, pemerintah dinilai perlu merangkul berbagai potensi yang ada di masyarakat.

“Misalnya, melibatkan tokoh pemuda, ulama maupun tokoh budaya untuk mematuhi protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-harinya,” terang Chairansyah dihadapan Forkopimda para kepala SOPD, camat dan pejabat instansi vertikal di HST yang hadir saat sosialisasi.

Dijelaskan Chairansyah, penegakan Perbup itu penting dilakukan. Mengingat penyebaran Covid-19 belum dapat diprediksi sampai kapan akan berakhir.

Terlebih penularan Covid-19 melalui mulut (lewat percikan air ludah) kemudian melewati udara dan masuk ke hidung maupun mulut.

Berdasarkan hal itulah, pentingnya penggunaan masker dan perilaku hidup sehat seperti aturan pada protokol kesehatan yang diperbupkan tadi.

Terlebih kasus positif Covid-19 di HST makin meningkat.

“Ini dipicu oleh kelalaian atau kurangnya disiplin masyarakat kita untuk mengikuti protokol kesehatan yang salah satunya memakai masker bila keluar rumah, berkumpul banyak orang atau di tempat keramaian,” tutup Chairansyah.

Kegiatan sosialisasi tersebut juga dihadiri Wabup Berry Nahdian Forqan dan Pj Sekda HST, H Faried Fakhmansyah. Sosialisasi Perbup Nomor 34 itu diisi paparan dari Kabag Hukum Setda HST, Hamsinah.

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: HN Lazuardi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

HST

2 Pencuri Sarang Walet Warga HSU Ditangkap, Polisi HST Buru 1 Pelaku Lagi
apahabar.com

HST

Fakta Terbaru, Kasus Pembunuhan Latifah, Wanita Hamil Istri Muda Pembakal di HST Pelaku Diduga Masih di Bawah Umur
Berry Nahdian Minta Pelayanan BPJS Kesehatan Ditingkatkan

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Berry Nahdian Minta Pelayanan BPJS Kesehatan Ditingkatkan

HST

Pergelaran Seni hingga Pemberian Remisi Warnai Hari Kemerdekaan ke-76 RI di HST
hst

HST

3 Pelaku Pembunuhan di Haruyan HST Ditangkap, 1 Masih Buron
PPKM Level IV HST

HST

Sah! PPKM Level IV HST Diberlakukan, Dilarang Berkumpul dan Resepsi

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pemulihan Pascabanjir, UNISM Terjunkan 328 Mahasiswa Bantu HST
Pilgub Kalsel

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pleno Pilkada di HST Tuntas: AMAN Superior, H2D Unggul
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com