Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

Optimalisasi Sektor Perikanan Dinilai Mampu Dongkrak Perekonomian Banua

- Apahabar.com Selasa, 11 Agustus 2020 - 20:38 WIB

Optimalisasi Sektor Perikanan Dinilai Mampu Dongkrak Perekonomian Banua

Ilustrasi: Foto-emaritim.com

apahabar.com, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terus berupaya meningkatkan sektor yang berpeluang meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi┬ádaerah.

Selama ini diketahui Kalsel cenderung bergantung pada sektor pertambangan dan perkebunan sawit.

“Banua kita ini agraris. Ada pertanian dalam lingkup luas, kemudian lingkup kecil ada kelautan perikanan. Nah, ini yang belum terpikir secara maksimal, ” ucap Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Muhammad Fadhli kepada apahabar.com, Selasa (11/8).

Padahal, menurutnya, potensi perikanan kelautan di Kalsel cukup menguntungkan. Jumlah tangkap yang dimiliki Kalsel masih di bawah target standar nasional, sehingga kesempatan memanfaatkan hasil laut masih terbuka lebar.

“Berdasarkan keputusan ditjen perikanan nomor 25 tahun 2020, ikan-ikan yang diperbolehkan secara keseluruhan ada 58.934 ton (pelagis kecil), kita baru 7.891 ton,” sebutnya.

Dari jumlah tersebut, Kalsel masih memiliki kesempatan atau jatah melakukan kegiatan tangkap ikan laut sebesar 13,4 persen.

“Inilah peluang kita pada wilayah 712 atau di Laut Jawa. Belum lagi yang di Selat Makassar, ” lanjutnya

Untuk diketahui, dari 13 kabupaten/kota di Kalsel, hanya 5 kabupaten yang terletak di kawasan pesisir, yaitu Barito Kuala, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Kotabaru dan Banjar. Sebagian besar nelayan melakukan sistem secara tradisional yaitu one day fishing.

“Tidak diperkenankan untuk melakukan penangkapan dengan menggunakan bahan beracun dan berbahaya (ilegal fishing), misalnya bom, potas dan sebagainya. Harus ramah lingkungan, sehingga sustainable atau keberlanjutan sumber daya kelautan perikanan itu bisa tetap terjaga,” tuturnya.

Peningkatan sektor perikanan ini juga menjadi salah satu upaya Pemprov Kalsel dalam melaksanakan transformasi struktur ekonomi. Hal ini juga tertuang dalam Rancangan Rencana Kerja Pemprov Kalsel 2021.

“Potensi kita ada pada kegiatan perikanan, bahkan PAD juga banyak dari tangkapan ikan laut,” katanya

Dicontohkannya, seperti di pelabuhan perikanan Batulicin yang mampu memperoleh tangkapan hingga 22-24 ton per harinya. Selain itu, penyebaran ikan laut juga tidak hanya sebatas lokal saja tetapi hingga pengiriman ke luar Kalsel dan sekitar Pulau Jawa.

Secara teknis, aktivitas perikanan kelautan mencakup 3 hal. Pertama, kegiatan tangkap di perbatasan laut dan perairan umum.

Kedua, kegiatan budidaya seperti jaring apung, payau, tambak, kolam dan keramba. Selanjutnya adalah kegiatan pengolahan hasil perikanan seperti pembuatan kerupuk ikan, amplang, abon dan lainnya.

“Secara keseluruhan ini adalah potensi masyarakat banua untuk peningkatan ekonomi melalui kegiatan kelautan perikanan,” jelasnya.

Ke depan, Dislutkan Kalsel akan terus mendorong peningkatan sumber daya manusia serta sarana dan prasarana bagi nelayan dalam melakukan kegiatannya.

“Harapan kita, mereka bisa melakukan peningkatan pendapatan dan kesejahteraan,” tutupnya

apahabar.com

Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Muhammad Fadhli. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: Musnita Sari - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemprov Kalsel

Lawan Covid-19, Gubernur Kalsel Paman Birin Ajak Goweser Banua Rayakan Haornas ke-37

Pemprov Kalsel

DP3A Dorong Percepatan PUG di Kalsel
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Antisipasi Virus Corona, Pemprov Kalsel Tutup Wisata Kebun Raya Banua
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Lomba Gerak Jalan Dispora Kalsel, Upaya Tumbuhkan Geliat Olahraga di Tengah Pandemi
apahabar.com

Pemprov Kalsel

10 Ribu Swab di Kalsel, Pemprov Antisipasi Pasien Membludak
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Hadiri Rektor Cup di UIN Antasari, Paman Birin Dukung Kepemudaan
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Resmi Dimulai, Hari Pertama SKB CPNS Kalsel Terpantau Lancar
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Karhutla Mengancam, Pemprov Kalsel Gelar Simulasi dan Siap Perkarakan Pelaku Pembakaran
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com