ga('send', 'pageview');
BREAKING NEWS: Banjarmasin Barat Geger, Kebakaran Rumah Padat Penduduk di Kuin Cerucuk Resmi Sebagai Calon di Pilgub Kalsel, Sahbirin Noor Lepas Jabatan Gubernur Kalsel Pengundian Nomor Urut Pilwali Banjarmasin, KPU Warning Pasangan Calon Jokowi Ungkap Sederet Masalah Food Estate Penyelamat Pangan RI di Kalteng dan Sumut Klaster Perkantoran Pertama di Tabalong, Belasan Pegawai KPP Pratama Tanjung Terpapar Covid-19

Pakar Penanganan Covid-19 ULM Apresiasi Kampung Tangguh Banua

- Apahabar.com Senin, 10 Agustus 2020 - 16:22 WIB

Pakar Penanganan Covid-19 ULM Apresiasi Kampung Tangguh Banua

Pakar Percepatan Penanganan Covid-19 Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengapresiasi keberadaan Kampung Tangguh Banua. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Tim Pakar Percepatan Penanganan Covid-19 Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengapresiasi keberadaan Kampung Tangguh Banua di Kalimantan Selatan.

“Kami sangat mengapresiasi langkah pemerintah, khususnya aparat kepolisian yang menginisiasi lahirnya Kampung Tangguh sebagai respons terhadap penanggulangan Covid-19 bersama pemerintah daerah di Kalsel,” ucap anggota Tim Pakar Percepatan Penanganan Covid-19 ULM, Taufik Arbain melalui siaran pers yang diterima apahabar.com, Senin (10/8) siang.

Menurutnya, ini merupakan kebijakan yang mampu mendorong partisipasi publik sebagai dynamic policy responsif atas permasalahan bangsa.

“Kehadiran Kampung Tanggung Banua ini, saya kira tidak sekadar kampanye cuci tangan, pakai masker, social distancing, dan langkah prosedur antisipasi penyebaran Covid-19. Namun jauh dari itu yakni ada pesan, Pandemi Covid-19 ini harus menjadi tanggung jawab bersama dengan basis kemasyarakatan atau gotong royong,” katanya.

Baca juga :  Kembali Gelar Event Otomotif, IMI Kalsel Tunggu Lampu Hijau Gugus Tugas

Menurutnya, kekuatan utama kehadiran Kampung Tangguh Banua adalah menguatkan modal sosial di masyarakat yang berkaitan dengan trust, rasa memiliki, tanggung jawab bersama, kegotongroyongan dan lain-lain.

“Saya kira ini pesan utama dari program Kampung Tangguh Banua,” kata Alumnus Doktor Manajemen dan Kebijakan Publik Fisipol UGM ini

Kondisi saat ini, ketika implikasi Covid-19 memasuki kecemasan psikologis, ekonomi, dan kesibukan orang tua dalam mendampingi anak sekolah via daring, maka lewat Kampung Tangguh Banua bisa mendorong semangat dan jiwa tangguh rakyat Indonesia dalam menghadapi pandemi.

“Kehadiran Kampung Tangguh Banua harus mendapatkan perhatian. Mesti ada sapa mingguan dari pemerintah terhadap masyarakat yang menjadi relawan di Kampung Tangguh Banua. Dengan tujuan agar semangat tidak kendor dalam menjaga dan menjalankan kegiatan relawan di sana,” cetusnya.

Baca juga :  Covid-19 Masih Melanda Banjarmasin, Kampanye Terbuka Ditiadakan?

Dengan sapa mingguan ini, tidak sekedar melihat perkembangan aktivitas, tetapi juga terjadi dialog apa seharusnya dan masalah apa yang dihadapi.

Sebab, Kampung Tangguh Banua memiliki fungsi ganda. Tidak sekedar soal penanggulangan Covid-19, tetapi juga bagian dari Kamtibmas.

Mendorong ke arah pemahaman kehidupan “tatanan baru” yang sebenarnya sebagaimana diharapkan pemerintah.

“Lebih dari itu menguatkan modal sosial masyarakat. Jadi perlu ada sapa mingguan dari petugas berwenang bentukan bersama Polri dan Pemda,” pungkasnya.

Editor: Syarif

Reporter: Muhammad Robby - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Mamair di Martapura, Ribuan Pemancing Rebutkan Piala Paman Birin Cup
apahabar.com

Kalsel

Sudah 3 Warga HST Reaktif Covid-19, Simak Kronologisnya
apahabar.com

Kalsel

Tiga Drone Pantau Keamanan Haul Ke-14 Abah Guru Sekumpul
apahabar.com

Kalsel

Polisi Gelar Sosialisasi Pendisiplinan Pergub di Pasar Mekarsari
apahabar.com

Kalsel

Antisipasi Mafia Tanah, Ayo Urus Sertifikasi
apahabar.com

Kalsel

BMKG: Kalsel, Waspada Potensi Hujan Berpetir dan Angin Kencang Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Pilwali Banjarmasin 2020, Ibnu-Ariffin Unggul Tipis dari Haris Makkie-Ilham Noor Versi polingkita.com
apahabar.com

Kalsel

Jaga Fisik Anggota, Kapolres Banjar Jadwalkan Tenis Lapangan 2 kali dalam Sepekan  
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com