Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Panwaslu se Tabalong Serentak Surati PPK

- Apahabar.com Senin, 24 Agustus 2020 - 16:33 WIB

Panwaslu se Tabalong Serentak Surati PPK

Paswaslu Kecamatan Muara Harus, Subhan, menyerahkan surat rekomendasi kepada PPK setempat. Foto-Istimewa

apahabar.com, TANJUNG – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) se Kabupaten Tabalong menyurati Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di masing-masing kecamatan supaya melakukan coklit dengan mendatangi rumah-rumah warga yang belum tercoklit, Senin (24/8).

Komisioner Bawaslu Tabalong, Fahmi Pailasofa, membenarkan jajaran Panwaslu se Tabalong serentak menyurati PPK di masing-masing wilayah.

Surat itu terkait adanya 430 warga yang belum dilakukan pendataan pemilih pada Pilkada Kalimantan Selatan. Jumlah tersebut tersebar di 12 kecamatan yang ada di Tabalong.

“Temuan 430 warga yang tidak dicoklit berdasarkan audit yang kami lakukan bersama jajaran Panwaslu kecamatan, dimana kami menemukan ratusan warga yang domisilinya sesuai dengan KTP tidak tercoklit,” kata Fahmi, Senin (24/8).

Surat Panwaslu kecamatan itu intinya berisi, merekomendasikan untuk melaksanakan Coklit terhadap rumah-rumah yang belum didatangi. Itu diatur dalam Pasal l ayat 25 PKPU Nomor l9 Tahun 2019, tentang pemutakhiran data pemilih.

Kemudian, demi menjaga hak konstitusi pemilih, kepada PPK dapat saling berkoordinasi dalam penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran sebelum proses pencoretan Pemilih dengan kode 4 (pindah domisili), kode 5 (tidak dikenal), dan kode 10 (bukan penduduk) di TPS yang tidak sesuai.

Melakukan sosialisasi secara masif kepada Pemilih yang secara domisili saat ini berbeda dengan identitas kependudukan, namun memiliki hak pilih karena masih berada di wilayah Pemilihan dengan memastikan masih terdaftar sebagai Pemilih di TPS asal atau sesuai alamat KTP-el yang bersangkutan, sebagaimana diatur dalam Pasal 25 PKPU Nomor 2 Tahun 20l7 tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih.

“Kita mengharapkan rekomendasi kawan-kawan Panwaslu kecamatan itu dilaksanakan oleh PPK masing-masing, jangan sampai warga kehilangan hak pilihnya,” pinta Fahmi.

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Ahc26 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Intake Belum Pindah, PDAM Batola Ikut Terimbas Asam Sungai Barito
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 di Kabupaten Banjar; 58 ODP, 1 PDP Dirujuk ke RSUD Ulin
apahabar.com

Kalsel

Ditlantas Polda Kalsel Dorong Gojek Jadi Pelopor Keselamatan Berkendara
apahabar.com

Kalsel

Jelang HUT TNI ke-75, Kodim 1007/Banjarmasin Salurkan 250 Paket Bantuan untuk Warga
apahabar.com

Kalsel

Jelang Lebaran, Polres Tapin Siap Tindak Tegas Jika Warga Masih Berkerumun
apahabar.com

Kalsel

Rapat Virtual bareng Sekjen PDIP, Bang Dhin: TMP Wujud Ideologi
2 Pria Merangsek Masuk, Pertikaian Berdarah Pecah di Pelaihari

Kalsel

2 Pria Merangsek Masuk, Pertikaian Berdarah Pecah di Pelaihari
apahabar.com

Kalsel

Penyebab Kecelakaan Beruntun di Tanah Laut Mulai Terungkap
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com