Sasar Mahasiswi Tanah Bumbu, Gembong Jambret Banjarmasin Bertekuk Lutut Banjarmasin Timur Tegang, Remaja Bersajam Kejar-kejaran di Kafe Arwana 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Sungai Hantakan Meluap, 12 Pondok di Pulau Mas HST Larut Terbawa Arus Libur Panjang di Marabahan, Kelotok Susur Sungai Barito Dibikin Kewalahan

Para Nabi pun Bekerja, Berikut Ragam Usaha Mereka

- Apahabar.com Minggu, 2 Agustus 2020 - 08:30 WIB

Para Nabi pun Bekerja, Berikut Ragam Usaha Mereka

Ilustrasi Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Tidak hanya rakyat jelata yang membanting tulang untuk keperluan sehari-hari, para Nabi AS pun juga melakukannya.

Dalam buku Harta Nabi karya Abdul Fattah As Saman dijelaskan mengenai sebuah hadits yang menjabarkan tentang ragam pekerjaan para Nabi dari masa ke masa.

Diriwayatkan Abdullah bin Abbas RA, bahwasannya ia berkata kepada seorang laki-laki yang bercakap-cakap dengannya. Ketika ia berbicara dengan para sahabatnya: “Mendekatlah kepadaku.”

Lelaki itu pun berkata, “Semoga Allah memanjangkan umurmu. Demi Allah, alangkah baiknya aku bertanya padamu sebagaimana mereka bertanya.”

Abdullah bin Abbas RA kemudian berkata, “Mendekatlah kepadaku, agar aku dapat memberitahukan kepadamu tentang para Nabi yang disebutkan dalam Kitab Allah. Kuberitahukan kepadamu tentang Nabi Adam AS, sungguh dia adalah seorang pembajak.”

“Kuberitahukan kepadamu tentang Nabi Nuh AS, sungguh dia adalah seorang tukang kayu. Kuberitahukan kepadamu tentang Nabi Idris AS, sungguh dia adalah seorang penjahit. Kuberitahukan kepadamu tentang Nabi Dawud AS, sungguh ia adalah seorang pembuat baju besi.”

“Kuberitahukan kepadamu tentang Nabi Musa AS, sungguh dia adalah seorang penggembala. Kuberitahukan kepadamu tentang Nabi Ibrahim AS, sungguh ia adalah seorang petani”.

“Kuberitahukan kepadamu tentang Nabi Shaleh, sungguh dia seorang saudagar. Dan kuberitahukan kepadamu tentang Nabi Sulaiman AS, sungguh dia adalah seorang yang mendapat limpahan kekuasaan dari Allah SWT.”

Sumber: Republika
Editor: Muhammad Bulkini

Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Kaligrafi Arab Segera Didaftarkan Sebagai Warisan UNESCO

Religi

Roti Menjadi Makanan Favorit di Era Abbasiyah
apahabar.com

Religi

Arab Saudi Wajib-kan Rekam Jejak Biometrik, Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh Pasrah
apahabar.com

Religi

Guru Ibad, Orang Dibalik Ditariknya Peredaran “Buku Kerohanian”
apahabar.com

Habar

Lebaran di Tengah Pandemi, MUI Imbau Halal Bihalal Via Online
apahabar.com

Habar

Kecewa dengan Aksi Cina di Natuna, MUI: Kaji Ulang Hubungan dengan Mereka
apahabar.com

Habar

Guru Bakhiet: Tiga Amalan di Tengah Wabah Covid-19
apahabar.com

Habar

Pondok Darul Hijrah IV di Tanbu Buka Donasi Bagi Dermawan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com