Sudah Minta Maaf, Sekda Tala Tetap Dipolisikan Live Streaming SCTV PSG vs Man United Liga Champions Malam Ini, Link Siaran Langsung Vidio.com Demo Setahun Jokowi di Banjarmasin: 5 Remaja Diamankan, Mahasiswa Respons Santuy Refleksi Setahun Jokowi-Ma’ruf, BEM Kalsel Ancam Demo Tiap Pekan Terduga Penyusup Diamankan, Kapolda Kalsel Angkat Bicara

Pendapatan Turun 6,52 Persen, Raperda Perubahan APBD Banjar Disetujui

- Apahabar.com Selasa, 4 Agustus 2020 - 22:20 WIB

Pendapatan Turun 6,52 Persen, Raperda Perubahan APBD Banjar Disetujui

Bupati Banjar bersama jajaran mengikuti Rapat Paripurna DPRD Banjar secara virtual tentang Perubahan APBD tahun anggaran 2020, Selasa (4/8). Foto-istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Meski ada catatan, Raperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 Kabupaten Banjar disetujui semua fraksi DPRD Banjar.

Hal ini disampaikan saat Rapat Paripurna DPRD Banjar yang dipimpin Ketua DPRD, HM Rofiqi, dengan agenda pandangan umum fraksi-fraksi, di lantai II Gedung DPRD Banjar, Selasa (4/8).

Secara terpisah, dari pihak eksekutif yang dipimpin Bupati Banjar KH Khalilurrahman mengikuti Paripurna secara virtual di Command Center Barokah.

Sebelumnya, Senin (3/8), Bupati Banjar Khalilurrahman menyampaikan paparan terkait Raperda Perubahan APBD 2020 di rapat yang sama.

Perubahan APBD Tahun 2020 ini, kata Khalilurrahman, merupakan perubahan dan penyempurnaan dari APBD yang telah ditetapkan, setelah adanya perkembangan akibat ketidaksesuaian terhadap rencana yang ditetapkan sebelumnya.

Menurutnya, ada dua alasan perubahan, pertama perkembangan pendapatan yang tidak sesuai dengan asumsi, kedua keadaan darurat bencana non alam: Covid-19.

Secara rinci, target awal 1,864 triliun, namun pada APBD Perubahan pendapatan turun 6,52 persen menjadi 1,743 triliun dari semua komponen.

“PAD dari target APBD murni 198 miliar, turun 5,8 persen menjadi 189 miliar. Dana perimbangan dari alokasi bagi hasil pajak dan bukan pajak, DAU dan DAK yang targetnya diterima 1,259 triliun juga turun 8,8 persen menjadi 1,048 triliun rupiah,” kata Bupati merincikan.

Sementara pendapatan lain-lain meliputi dana darurat, bagi hasil pajak dengan provinsi dan pemda lainnya, dana penyesuaian, dana otonomi khusus, serta pendapatan lain yang ditarget 414 miliar turun 0,23 persen menjadi 413 miliar rupiah.

Dalam rapat paripurna ini Bupati Banjar juga menyampaikan capaian kinerja maupun resapan anggaran dan realisasi, penerimaan dana melalui tugas pembantuan serta tambahan dalam penanganan Covid-19 yang diterima Pemkab Banjar dalam penyelenggaraan seluruh elemen.

Dalam pandangan ketujuh fraksi di DPRD Banjar, secara umum menyetujuinya. Namun, ada memberikan catatan. Seperti dari Fraksi PPP yang disampaikan Fitriyah.

Menurutnya, PAD Kabupaten Banjar tidak seharusnya terjadi penurunan. Karena, banyak potensi pendapatan yang belum dimaksimalkan, sepertu sektor usaha batubara, galian C, batu gunung, pajak, dan lainnya.

Menurutnya lagi, Kabupaten Banjar tetap bisa bertahan meski di tengah pandemi. “Kabupaten Banjar ini mampu bertahan dengan situasi pandemi covid-19, apalagi hasil pertanian, perkebunan, perikanan masih cukup memadai. Pemerintah Kabupaten Banjar juga harus lebih memperhatikan perekonomian masyarakat di situasi saat saat ini,” katanya.

Sementara Ketua DPRD Banjar, HM Rofiqi usai paripurna mengatakan pihaknya dalam rapat perubahan ini tidak ingin pembahasan panjang lebar, mengingat masa pandemi Covid-19.

“Kemarin itu di Banggar cuma satu dua hari selesai. Tidak elok juga dengan kondisi saat ini kita berdebat panjang lebar. Yang jelas kita menitik beratkan di anggaran perubahan ini untuk dana Covid-19,” kata Rofiqi.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Reporter: Hendra Lianor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kabupaten Banjar

Warga Martapura yang Menjalani Karantina Covid-19 Silakan Klaim Paket Sembako
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Keren, Ada Program Tukar Sampah Dapat Sembako di Sekumpul
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Persiapan Hanya 3 Hari, Kontingen Kabupaten Banjar Raih Juara Umum MTQ Suara Emas ke-IV Tingkat Provinsi di Balangan
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Difasilitasi Kominfo, MTsN 6 Banjar Kukuh-Lepaskan Ratusan Siswa Secara Virtual
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Terkendala Domisili, Dinsos Banjar Upayakan Bantuan Kesehatan untuk Andika Bocah Penderita Penyakit Kulit
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Serahkan di ‘Detik-detik Akhir’, KPU Banjar: Berkas Mada-Ferry Masih Dalam Perhitungan
apahabar.com

Kabupaten Banjar

KemenPAN-RB Evaluasi Penerapan SAKIP Pemkab Banjar
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Doa Guru Khalil untuk Almarhum Nadjmi Adhani
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com