Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Korban Jiwa, Warga HST Tewas Cara Nonton Live Streaming Liga Champions Chelsea vs Sevilla di SCTV & Vidio.com Malam Ini 7 Pemuda Diamankan Saat Demo di Banjarmasin, Polisi: Mereka Mabuk Gaduk Sudah Minta Maaf, Sekda Tala Tetap Dipolisikan

Persiapan PON Papua 2021 Capai 70 Persen

- Apahabar.com Sabtu, 1 Agustus 2020 - 23:38 WIB

Persiapan PON Papua 2021 Capai 70 Persen

Logo PON XX Papua 2021. Foto-TopSkor.id/Noval Luthfianto

apahabar.com, JAKARTA – Ketua Harian Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Yunus Wonda mengungkapkan bahwa persiapan PON Papua 2021 sudah mencapai 70 persen.

“Progres kesiapan PON sudah 70 persen menuju 80 persen. 20 persen ini terkait kelengkapan, peralatan, akomodasi, transportasi dan gudang untuk penyimpanan peralatan,” kata Yunus dilansir dari laman resmi, Sabtu (1/8).

Meski ditunda hingga 2021 karena pandemi virus corona, PB PON beserta stakeholder terkait berkomitmen untuk tetap merampungkan persiapan PON Papua pada tahun ini.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebelumnya telah merampungkan sejumlah arena pertandingan olahraga untuk PON Papua 2021, yakni arena akuatik di kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan arena cricket maupun lapangan hoki (indoor dan outdoor) di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu.

Sementara pembangunan Istora Papua Bangkit dan fasilitas pendukung lainnya, termasuk proses lelang peralatan cabang olahraga masih terus dilakukan.

Yunus berharap persiapan kelengkapan PON dapat selesai pada tahun ini sehingga pada 2021 bisa fokus hanya pada proses perawatan venue.

“Kami juga sampaikan ke dinas terkait yang kerjakan venue harus selesai tahun ini. Sehingga 2021 hanya perawatan sebab tahun depan itu tidak banyak yang harus dikerjakan,” kata dia.

Jika seluruh persiapan sudah selesai tahun ini, maka tes event bisa dilakukan pada 2021.

Pemerintah Provinsi Papua diketahui telah menghabiskan dana APBD lebih dari Rp3,8 triliun untuk pembangunan dan renovasi venue yang bakal digunakan untuk PON 2021.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari lima tahun anggaran, yakni 2016 sebesar Rp228,6 miliar, 2017 sebesar Rp447,2 miliar, 2018 Rp879,3 miliar, Rp2,2 triliun pada tahun 2019, dan Rp2 triliun dalam APBD 2020.

Selain dari dana APBD, pemerintah juga telah mengucurkan dana APBN sebesar Rp2,3 triliun untuk mendukung proses pembangunan venue PON Papua yang akan digelar 2-13 Oktober tahun depan.(Ant)

Editor: Aprianoor

Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Juara di Banua Futsal League (BFL), Kohusien FC Rebut Piala Paman Birin 2

Sport

Juara di Banua Futsal League (BFL), Kohusien FC Rebut Piala Paman Birin 2
apahabar.com

Sport

Ronaldo: Selamat Modric, Tapi Saya Pantas Raih Ballon d’Or
apahabar.com

Sport

Hari Pertama Tes F1 Barcelona: Vettel Tercepat, Hamilton Ingin Lebih Baik
apahabar.com

Sport

Agus Setia Budi MMA Banjarmasin Selangkah Lagi Menuju Juara
apahabar.com

Sport

Dari Esteban Vizcarra Hingga Eks Trio PSMS, Persib Umumkan Pemain
apahabar.com

Sport

Link Live Streaming Manchester City vs Arsenal, Prediksi Susunan Pemain, Bara di Etihad!
apahabar.com

Sport

Hajar Madrid 3-0, Barcelona ke final Copa Del Rey
apahabar.com

Sport

4-9 September, Perayaan Hari Olahraga Nasional Digelar di Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com