Keren! Al-Mazaya Islamic School Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi Covid-19 POPULER SEPEKAN: Polisi Tewas Tenggelam di Sungai Martapura, hingga 2 Kasus Kriminalitas di Hulu Sungai Wakil Ketua DPRD HST Kecelakaan di Angkinang, Mobil Ringsek Parah! LSM Laporkan Denny Indrayana ke Bawaslu, Terindikasi Kampanye Jelang PSU Si Jago Merah Ngamuk di Cempaka 7 Banjarmasin, Jemaah Salat Tarawih Berhamburan

Populasi Muslim Negara di Afrika Ini Meledak, Diprediksi Salip Indonesia

- Apahabar.com Rabu, 19 Agustus 2020 - 12:16 WIB

Populasi Muslim Negara di Afrika Ini Meledak, Diprediksi Salip Indonesia

Masjid Nasional Nigeri di Abuja, Nigeria. Foto-flickr

apahabar.com, BANJARMASIN – Studi mengenai populasi umat manusia menunjukkan ada pertumbuhan signifikan pada negara-negara di Afrika. Hal itu juga berpengaruh pada populasi umat Islam di sana. Bahkan diperkirakan jumlah populasi mereka bisa mengalahkan Indonesia.

Studi Lancet dan UNFPA memprediksi pertumbuhan populasi yang signifikan untuk Afrika.

Sebagai contoh, Nigeria diproyeksikan memiliki 791 juta orang pada 2100, di mana jumlah ini melebihi China. Afrika akan menjadi negara terpadat kedua di dunia setelah India dan diprediksi memiliki tiga miliar orang pada akhir abad ini, tiga kali lipat dari populasi dunia sekarang.

Bagian dari ledakan populasi yang diprediksi ini kemungkinan besar, mengutip mercatornet.com, karena populasi Afrika tetap jauh lebih religius dan konservatif secara sosial daripada banyak bagian dunia lainnya. Artinya, tingkat penggunaan kontrasepsi rendah, angka aborsi rendah, dan angka kelahiran relatif tinggi.

Islam secara khusus diatur untuk mendapatkan keuntungan secara demografis dari kesuburan penganut Afrika konservatifnya.

Pada 2015, Pew Research menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kesuburan total Muslim di wilayah sub-Sahara Afrika adalah 5,6, jauh lebih tinggi dari rata-rata dunia sekitar 2,3-2,5, dengan 46 persen Muslim di sana berusia di bawah 14 tahun.

Dampak melonjaknya Afrika terhadap Islam dalam istilah demografis adalah jelas. Saat ini, Indonesia adalah negara dengan penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia, di mana terdapat populasi 260-270 juta jiwa. Berikutnya adalah Pakistan, dengan sekitar 220 juta orang.

Namun, pada akhir abad ini, Nigeria akan menjadi negara dengan penduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia, menyalip Pakistan dan Indonesia. Banyak negara Afrika lain dengan populasi

Muslim yang besar juga bergerak ke arah yang sama.

Nigeria yang saat ini menjadi negara dengan tingkat kesuburan tertinggi di dunia, akan meningkat populasinya sebesar 164 juta orang antara sekarang dan 2100. Sementara itu, Mesir dan Tanzania akan menjadi negara terpadat ke-9 dan ke-10 di dunia.

Sumber: Republika
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Kaligrafi Arab Segera Didaftarkan Sebagai Warisan UNESCO
apahabar.com

Hikmah

Senyum Meningkatkan Kebahagiaan
apahabar.com

Habar

PLN UP3 Barabai Bantu Kembangkan MSQ di Kalangan Pelajar
apahabar.com

Ceramah

Isi Ceramah di Tanbu, Gus Miftah Cerita Deddy Corbuzier Masuk Islam
apahabar.com

Habar

Guru Udin Gemakan Sholawat di Barabai Expo 2019, Jamaah Tumpah Ruah
apahabar.com

Religi

Khutbah dan Nasihat Terakhir Umar Bin Abdul Aziz untuk Umat
apahabar.com

Habar

Pasca Teror, Azan Jumat akan Disiarkan Langsung di Selandia Baru
apahabar.com

Habar

DLH Gandeng Sopir di Kalimantan Hadapi Haul Sekumpul ke-14
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com