PN Martapura Putuskan Camat Aluh-Aluh Melanggar Netralitas ASN Kembali, Duta Zona Selatan Batola Memenangi Atak Diang Kawal Pilkada Serentak, Polda Kalsel Komitmen Tegakkan Netralitas Tapin Berpotensi Tinggi di Sektor Energi Terbarukan, Pertanian, dan Parawisata Debat Kedua Pilbup Tanbu: SHM – MAR Komitmen Majukan Pelaku UMKM di Bumi Bersujud

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pertama di Aceh

- Apahabar.com Selasa, 25 Agustus 2020 - 13:43 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pertama di Aceh

Presiden Joko Widodo meresmikan beroperasinya tol pertama di Aceh ruas Indrapuri-Blang Bintang, Selasa (25/8). Foto: YouTube Sekretariat Presiden

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol pertama di Provinsi Aceh.

Tol yang memiliki panjang 74 km ini menghubungkan ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 4. Tol ini juga menghubungkan Indapuri-Blang Bintang.

“Jalan tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 74 kilometer ini merupakan jalan tol pertama di Provinsi Aceh,” kata Presiden Jokowi di gerbang tol Blang Bintang, Aceh, Selasa (25/8).

Ruas tol Sigli-Banda Aceh atau Sibanceh seksi 4 tersebut adalah sepanjang 13,5 kilometer dari total panjang 74,1 kilometer dan merupakan bagian dari Jalan Trans Sumatera.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih ke gubernur, bupati seluruh masyarakat di Aceh bahwa pembebasan lahan di provinsi Aceh ini paling cepat, sepanjang yang saya tahu paling cepat, misalnya yang 74 kilometer dari Banda Aceh ke Sigli itu sudah 86 persen,” ungkap Jokowi.

Jokowi juga menyatakan cara pembebasan lahan di Aceh dapat dicontoh oleh provinsi lainnya.

“Cepat sekali sehingga konstruksinya bisa mengikuti dengan cepat. Saya kira kalau cara-cara di Aceh bisa diterapkan di provinsi lain, kecepatan pembangunan jalan tol semuanya bisa segera beroperasi penuh,” tambah Jokowi.

Jika jalan tol sudah beroperasi, maka akses ke bandara semakin mudah dan semakin cepat.

“Kalau konektivitas semakin lancar dan terhubung dengan transportasi udara maka yang akan kita lihat ke depan, pergerakan orang, pergerakan barang akan lebih cepat, sehingga biaya lebih efisien,” ungkap Kepala Negara.

Selanjutnya, pertumbuhan ekonomi saling terhubung antara titik yang satu dengan titik yang lain sehingga perekonomian bergerak lebih cepat.

“Kita harapkan dengan infrastruktur baru ini akan menumbuhkan titik-titik ekonomi baru, ada usaha-usaha baru, ada perluasan usaha dari yang sudah ada dan kita harapkan dapat membangkitkan perekonomian Aceh secara luas dan tentu saja ‘goal-nya’ adalah menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya,” kata Presiden Jokowi.

Jokowi pun berpesan kepada Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah agar jalan tol tersebut dapat disambungkan dengan sentra-sentra pertanian, pariwisata dan kawasan industri.

“Sehingga betul-betul bermanfaat bagi masyarakat kita di Aceh dan kita harapkan lagi Aceh bisa menjadi episentrum pertumbuhan ekonomi baru di Sumatera. Jangan lupa libatkan usaha mikro, kecil menengah sehingga mereka ikut merasakan pembangunan ekonmi yang kita bangun,” tegas Presiden.

Secara total, jalan tol Sigli-Banda Aceh ini terbagi atas 6 seksi yaitu Seksi 1 membentang sepanjang Padang Tiji hingga Seulimeum dengan jarak 24,3 kilometer; seksi 2 Seulimeum-Jantho sepanjang 7,6 kilometer; seksi 3 Jantho-Indrapuri sepanjang 16 kilometer; seksi 4 yang membentang dari Indrapuri hingga Blang Bintang sepanjang 13,5 kilometer; seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro sepanjang 7,7 kilometer; seksi 6 Kuto Baro-Baitussalam yang merentang sepanjang 5 kilometer.

Pembangunan Jalan Tol Sibanceh membutuhkan investasi Rp 12,944 triliun. Menurut situs resmi Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas atau KPPIP, skema pendanaan ini menggunakan penugasan BUMN.

Setelah beroperasi, Jalan Tol Sibanceh bakal dilengkapi dengan fasilitas 2 tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area tipe A. Tempat peristirahatan itu terletak di Jantho-Indrapuri KM 37 dan Indrapuri–Blang Bintang KM 54.(Ant)

apahabar.com

Tol Indrapuri-Blang Bintang. Foto: Dok. PT Hutama Karya (Persero)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Polisi Dalami Kaburnya Habib Rizieq dari Rumah Sakit Ummi
apahabar.com

Nasional

KPAI vs PB Djarum, Terganggu Soal Promosi Rokok Saat Audisi
apahabar.com

Nasional

Guncangan Gempa di Sulteng Terasa di Gorontalo dan Manado
apahabar.com

Nasional

Kapolri Rombak Posisi Pati, Termasuk Kapolda Kalsel
apahabar.com

Nasional

Lanjutkan Olah TKP Kebakaran Gedung Kejagung, Polisi Periksa 19 Saksi
apahabar.com

Nasional

Penumpang Luar Negeri Datang, Kasus Corona di China Naik
apahabar.com

Nasional

Imlek 2019: TNI-Polri Terjunkan 5 Ribu Lebih Personel Gabungan
apahabar.com

Nasional

Ikadi: Ulama Mestinya Menyatukan Masyarakat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com