Hasil Liga Champions, Tanpa Ronaldo Juventus Ditekuk Barcelona, Messi Cetak Gol, Skor Akhir 2-0 Video Detik-detik Buaya Raksasa Diangkat dari Sungai Kayubesi Babel, Diyakini Warga Sebagai ‘Siluman’ Kasus Pembunuhan Istri Muda Pembakal di HST Inkrah, Jaksa Eksekusi Terpidana ke Martapura Muatan Politis dalam Pencopotan Sekda Tanah Bumbu Kantongi 3 Barang Bukti, Bawaslu Dalami Dugaan Pelanggaran BirinMU

Rem Motor Kurang Pakem? Jangan Buru-buru Ganti Kampas

- Apahabar.com Sabtu, 1 Agustus 2020 - 09:51 WIB

Rem Motor Kurang Pakem? Jangan Buru-buru Ganti Kampas

Rem tromol pada sepeda motor. Foto-Net com

apahabar.com, JAKARTA – Rem memiliki fungsi sangat penting. Tanpa kehadiran rem, maka mobil atau motor tidak bisa mengurangi laju kecepatannya, sehingga berpotensi mengalami kecelakaan.

Ada dua model rem yang saat ini digunakan pada kendaraan, yakni tromol dan cakram. Biasanya, model yang pertama diaplikasikan pada roda belakang karena kinerjanya tidak sebesar bagian depan.

Rem tromol terdiri dari dua komponen utama, yakni piringan tromol dan kampas. Keduanya saling bergesekan, saat pengendara mengaktifkan tuas atau pedal.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Astraworld, pengguna motor bekas sering mengeluh kampas rem belakang mereka kurang pakem, sehingga diasumsikan bahwa kampas sudah tipis. Padahal, jarak pergantiannya belum terlalu lama dan motor juga tidak digunakan untuk menempuh perjalanan jauh.

Biasanya, sebagian besar orang memilih untuk langsung mengganti kampas rem mereka dengan yang baru lagi. Padahal, hal tersebut merupakan sebuah pemborosan yang akan membuat pengeluaran bulanan kamu membengkak.

Kurang menggigitnya kampas ke tromol, bisa disebabkan oleh mulai ausnya piringan tromol. Seiring pemakaian, gesekan akan membuat bentuk cekungan pada benda tersebut.

Kalau belum mampu membeli tromol baru, kamu bisa menggunakan kampas rem merek lain yang harganya lebih murah dari orisinal. Harga kampas rem asli bisa mencapai Rp40-50 ribu, sementara merek lain hanya setengahnya.

Begitu pula dengan tromol, bisa diganti dengan merek lain yang harganya Rp130 ribuan saja agar lebih hemat. Banderol tromol asli adalah sekitar Rp180 ribu. (Viva)

Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Xiaomi Bakal Rilis Redmi Note 9 Akhir Bulan Ini
apahabar.com

Gaya

Kit Diagnostik Alat Pendeteksi DBD, Begitu Cara Kerjanya
apahabar.com

Gaya

Simak 8 Tips saat Pakai Masker Kain
apahabar.com

Gaya

Saat Ramadan, Ini Kebiasaan yang Dilakukan Tulus
apahabar.com

Gaya

Akar Tanaman Herbal Dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh
apahabar.com

Gaya

Moge BMW Pesaing Harley-Davidson Siap Meluncur di RI, Tapi…
apahabar.com

Gaya

Bos Durian Thailand Buka Sayembara Cari Menantu, Hadiahnya Rp4,4 Miliar
apahabar.com

Gaya

Ini 4 Cara Cegah Pneumonia pada Lansia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com