Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel Kapolres Kapuas Terjang Banjir Bantu Korban Terdampak di Alalak

Resmi, PBB Usung Haris-Ilham di Pilwali Banjarmasin

- Apahabar.com Jumat, 21 Agustus 2020 - 16:43 WIB

Resmi, PBB Usung Haris-Ilham di Pilwali Banjarmasin

Untuk mengunci satu tiket di Pilwali Banjarmasin, bakal calon wali kota dan wakil wali kota Banjarmasin yakni, H Haris Makkie dan H Ilham Noor masih harus mencari dua kursi di parlemen lagi. Foto-apahabar.com/Muhammad Robby

apahabar.com, BANJARMASIN – Bakal calon wali kota dan wakil wali kota yakni, H Haris Makkie dan H Ilham Noor dipastikan mendapat dukungan dari Partai Bulan Bintang (PBB) di Pilwali Banjarmasin 2020.

PBB memang belum mengeluarkan surat rekomendasi atau keputusan mengusung pasangan bakal calon. Namun Ketua DPW PBB Kalsel, H Muhammad Ismail Iberahim memastikan partainya sudah mendukung Haris-Ilham.

PBB yang hanya memiliki satu kursi dewan pada Pemilu Legislatif tahun 2019 sadar tidak bisa mengajukan pasangan calon sendiri. Mereka pun akhirnya merapat ke koalisi Partai Gerindra dan PPP.

“Beberapa hari lagi SK mengusung Haris-Ilham tersebut sudah keluar dari DPP, sebab DPP juga sudah menyatakan itu, meresmikannya saja lagi,” kata Ismail, Jumat (21/8).

Alasan partainya mendukung H Haris Makkie sebagai calon wali kota, karena Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel dan Ketua PWNU Kalsel tersebut memang mendaftar atau melamar ke partainya untuk diusung.

“Jadi prosesnya sudah ikut seleksi sejak awal, karena beliau melamar ke partai kita untuk bisa didukung maju di Pilkada Banjarmasin, tidak masuk baru saja,” ujar Ismail.

Hal yang kedua menjadi pertimbangan partai memilih H Haris Makkie yang diduetkan dengan H Ilham Noor yang adalah Sekretaris DPD Partai Gerindra Kalsel, karena latar belakangnya sebagai birokrat.

“Kita yakin beliau bisa menjadi pemimpin yang sukses, karena pengalaman beliau yang tidak diragukan lagi sebagai birokrat apalagi kini menjabat Sekdaprov Kalsel,” tuturnya.

Alasan yang ketiga H Haris Makkie berpeluang menang, kata Ismail, karena yang bersangkutan tokoh masyarakat atau publik figur yang dikenal luas di masyarakat.

Tidak hanya di Banjarmasin, tapi se-Kalsel, karena kedudukannya sebagai Ketua PWNU Kalsel.

“Yang terakhir beliau berkomitmen untuk memajukan partai kita,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, Partai Gerindra menjadi motor mengusung pasangan H Haris Makkie dan kadernya H Ilham Noor untuk maju sebagai calon wali kota dan wakil wali kota di Pilkada Kota Banjarmasin tahun 2020 ini.

Partai Gerindra yang hanya memiliki enam kursi di dewan kota harus menjalin koalisi, diklaim sudah mengantongi kesepakan koalisi dengan PPP yang memiliki dua kursi dan PBB dengan satu kursi, total sebanyak 9 kursi koalisi tiga partai tersebut, artinya cukup untuk mendaftarkan pasangan calon ke KPU Kota Banjarmasin pada 4-6 September 2020.

Dengan demikian, sudah empat pasang calon yang dipastikan bakal maju di Pilkada Banjarmasin.

Selain Haris-Ilham, ada pasangan Hj Ananda dari Golkar berpasangan dengan H Mushaffa Zakir dari PKS, didukung pula Partai Amanat Nasional (PAN), total kursi koalisi mendukung Ananda-Mushaffa ini sebanyak 20 kursi dewan.

Pasangan calon ketiga adalah sang petahana H Ibnu Sina yang diduetkan dengan H Arifin Noor yang adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin.

Duet Ibnu-Arifin ini didukung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrat (PD), dengan total sebanyak 10 kursi dewan.

Sementara itu, pasangan calon keempat dari jalur perseorangan, yakni, H Khairul Saleh yang merupakan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin dengan pasangannya Habib Muhammad Ali Alhabsy yang merupakan Ketua Rabithah Alawiyah Kota Banjarmasin. (ant)

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Hatijah Rindu Program Kesehatan Gratis Era Mardani H Maming

Politik

Warga Kelayan A Persembahkan Lagu, Ibnu Sina: Syairnya Ini Mengandung Doa

Politik

Dipimpin SHM-MAR, Warga Kusan Hilir Yakin Program Berobat Gratis Kembali Mereka Rasakan
apahabar.com

Politik

Kata Fadli Zon Disebut Masuk Kabinet Jokowi
apahabar.com

Politik

Digugat Sesama Caleg Demokrat Banjarmasin, Gusti Yuly Tunggu Keputusan MK
apahabar.com

Politik

Debat Ketiga, Tunggu Gebrakan Ma’ruf Amin
apahabar.com

Politik

Efek Ekor Jas Prabowo-Sandi, PKS Kalsel Klaim Posisi 3 Besar
apahabar.com

Politik

Kontroversi Baliho di Lingkungan Kantor Bupati Tanbu, Sekda: Itu Milik Swasta!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com