Tim Macan Kalsel Gerebek Wanita Buronan Kasus Penggelapan Kapal Indef: Setahun Jokowi-Ma’ruf Amin ULN Melonjak, Setiap Penduduk Warisi Utang Rp 20,5 juta Demo di Pelaihari Berbuntut Laporan Polisi, Sekda Tala Minta Maaf Harga Tiket Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin Turun, Simak Daftar Lengkapnya Kedai Terapung, Unggulan Wisata Baru di Barito Kuala

Ribuan Warga Barabai Terima Jaring Pengaman Sosial Tahap 1

- Apahabar.com Kamis, 13 Agustus 2020 - 10:24 WIB

Ribuan Warga Barabai Terima Jaring Pengaman Sosial Tahap 1

Secara simbolis Wabup Berry menyerahkan bantuan tahap I kepada salah satu warga Barabai, Rabu (12/8). Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab HST dalam penanggulangan penanganan Covid-19 yakni dengan memberikan jaring pengaman sosial.

Jaring pengaman sosial itu berupa Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau Kepala Keluarga (KK) yang berhak mendapatkannya.

Kali ini giliran warga Kecamatan Barabai yang menerima BST dan BLT tersebut. Ribuan warga dari 10 desa dan 5 kelurahan menerima bantuan tahap ke I.

Secara simbolis, Wabup HST Berry Nahdian Forqan didampingi Camat Barabai, H Zainuddin menyerahkan bantuan tersebut di Aula Kanto Kecamatan Barabai, Rabu (12/8) kemarin.

“Saya atas nama Pemkab HST, memohon maaf kepada seluruh KPM karena terlambat dalam menyalurkan bantuan ini,” ujar Wabup Berry usai menyerahkan bantuan kepada salah satu warga.

Keterlambatan penyerahan bantuan, kata Berry, bukan tanpa alasan. Pemerintah daerah ingin melakukan proses pendataan dan penyaluran dengan benar, supaya tidak ada kesalahan data.

“Sebab sedikit ada kesalahan bisa berpotensi menyebabkan kekisruhan antar masyarakat,” kata Berry.

Berry berharap dana BST dan BLT berjumlah Rp600 ribu yang diterima KPM selama tiga bulan, dapat digunakan untuk segala keperluan selama pandemi masih ditangani oleh pemerintah.

Sembari memantau penyaluran bantuan itu, Wabup Berry mengimbau warga agar mematuhi aturan pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan dalam adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19.

Misalnya, jaga jarak dalam berkerumun orang, hindari kontak langsung seperti bersalaman, gunakan masker, sering-sering cuci tangan dan terapkan pola hidup sehat dan bersih.

Eks Direktur Walhi Nasional ini juga meminta warga agar tidak menganggap enteng masalah Covid-19. Sebab Covid-19 memang membahayakan.

“Terapakan protokol kesehatan sampai pandemi ini menunjukkan arah yang memberi nilai positif terhadap kehidupan,” tutup Berry.

Camat Barabai, H Zainuddin menyampaikan di kecamatannya terdata sebanyak 1.305 penerima KPM /KK. Mereka terbagi dari 10 desa dan 5 kelurahan di Kecamatan Barabai.

Masing-masing KPM/KK menerima bantuan dengan nilai Rp600 ribu. Rinciannya dari dana APBD kabupaten Rp500 ribu dan dari provinsi senilai Rp100 ribu.

“Bantuan yang disalurkan pada tahap pertama ini diharapkan agar dimanfaatkan untuk keperluan bahan pokok rumah tangga,” tutup Zainuddin.

Editor: Puja Mandela

Reporter: HN Lazuardi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Panen Ikan di Mahang Baru HST, Bupati Minta Warga Tingkatkan Kemandirian Pangan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Putus Mata Rantai Covid-19, Gugus Tugas HST Dibantu Lintas Sektoral
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Ulama dan Marbot Dapat Bantuan Beras dari GTPP Covid-19 HST
Sosialisasi dan Penyusunan Rencana Kerja TP KJM HST 2020 di Aula Bakti Husada Dinas Kesehatan Barabai, Kamis (23/01).

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Rencana Kerja Tanggulangi Prevalensi ODGJ Disosialisasikan
apahabar.com

HST

Minta Gugus Tugas Covid-19 Tingkatkan Kinerja, Berry: Serius
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Kerusakan Infrastruktur di Batara, Dinas PUPR Segera Buat Perencanaan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Triwulan IV-2019, Penerimaan Pajak dan Retribusi di HST Lebihi Target
apahabar.com

HST

Kekuatan ‘B 654 M’ Bertambah, 5 Unit BPK Resmi Bergabung
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com