Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB

Sajian Maknyus Iduladha, Ini Makanan Penurun Kolesterol

- Apahabar.com Sabtu, 1 Agustus 2020 - 11:14 WIB

Sajian Maknyus Iduladha, Ini Makanan Penurun Kolesterol

Ilustrasi. Foto-iStock

apahabar.com, JAKARTA – Iduladha boleh dibilang identik dengan makanan mengandung kolesterol seperti daging dan santan.

Olahan daging, khususnya kambing, tinggi lemak jenuh yang kalau dikonsumsi terlalu banyak bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat. Apalagi jika diolah dengan cara digoreng atau ditambahkan santan.

Kondisi kolesterol yang tinggi jelas berbahaya bagi tubuh karena memicu beragam masalah kesehatan yang lebih serius salah satunya serangan jantung. Nah, Sebelum kolesterol jahat menjadi masalah yang lebih buruk, coba konsumsi makanan penurun kolesterol berikut:

1. Kacang

Dikutip dari Healthline, kacang-kacangan khususnya almond dan kenari bagus untuk menurunkan kolesterol jahat. Keduanya tinggi kandungan lemak tak jenuh tunggal.

Selain itu kacang mengandung pitosterol, senyawa yang secara struktur mirip kolesterol dan bisa membantu penurunan kolesterol jahat dengan cara menghambat penyerapannya di usus. Kacang juga tinggi kandungan kalsium, magnesium, dan potassium.

Ketiga mineral itu bermanfaat mengurangi tekanan darah sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung. Dalam penelitian juga terbukti kalau makan 2-3 porsi kacang tiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sampai 10.2 mg/dl.

2. Ikan kembung atau salmon

Hindari makan banyak hidangan daging kalau kolesterol tak mau melonjak tajam. Gantinya, pilih makan ikan dengan kandungan lemak sehat seperti mackerel (kembung) dan salmon.

Dua ikan ini mengandung asam lemak omega 3 yang bersifat sehatkan jantung. Omega 3 membuat kadar kolesterol baik meningkat sekaligus menurunkan risiko inflamasi dan stroke.

Olah ikan kembung dan salmon dengan cara dikukus, panggang, atau dibuat sup. Jangan menggorengnya karena bisa membuatnya kurang menyehatkan. Rutin makan ikan ini sudah terbukti bisa menyehatkan jantung karena kandungan sejumlah peptida dalam protein ikan tersebut.

3. Alpukat

Alpukat adalah primadona buah sehat yang sangat bagus untuk menurunkan kolesterol. Walau teksturnya creamy, alpukat kaya serat dan lemak tak jenuh tunggal. Keduanya ampun menurunkan kadar kolesterol jahat, sekaligus menaikkan kadar kolesterol baik.

Analisis terhadap 10 studi menunjukkan saat seseorang mengganti asupan lemaknya dengan alpukat, kadar kolesterol total, LDL, dan trigliseridanya akans menurun. Buah lain yang bisa dikonsumsi adalah apel, jeruk, dan strawberry.

Jenis buah-buahan itu mengandung serat larut bernama pectin yang bisa mengurangi kolesterol sampai 10%. Buah juga mengandung senyawa bioaktif yang cegah penyakit jantung dan kronis lainnya karena kandungan antioksidan di dalamnya.

4. Tahu dan tempe

Makanan penurun kolesterol selanjutnya adalah yang berbahan kedelai. Indonesia punya tahu dan tempe yang jadi andalan. Keduanya bisa dikonsumsi untuk mendapat manfaat sehat turunkan kolesterol.

Ada bukti yang menunjukkan makanan berbahan kedelai bisa mengurangi risiko penyakit jantung, terutama pada orang-orang yang memiliki kondisi kolesterol tinggi.

Tahu dan tempe lebih sehat saat dimakan dengan cara dikukus, direbus, dipanggang, atau ditumis. Sebisa mungkin hindari penggunaan minyak banyak supaya nutrisinya tetap terjaga.

5. Teh hitam

Selain makanan penurun kolesterol, ada juga minuman yang memiliki efek serupa. Berupa teh hitam dan teh putih yang mengandung katekin serta quercetin.

Katekin sendiri bisa mengontrol tekanan darah dan menghambat sintesis serta penyerapan kolesterol. Sementara quercetin dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan risiko peradangan. Keduanya memiliki kombinasi yang baik untuk sehatkan jantung.

Teh hitam paling bagus dipanaskan dengan air bersuhu 90-100 derajat Celcius. Seduh kira-kira selama 3 sampai 4 menit. Kalau pakai teh daun, jenis teh hitam ini bisa diseduh 2 sampai 3 kali. Nikmati rutin tiap pagi atau sore tanpa tambahan pemanis. (dtk)

Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Covid-19 Versus Guru Kreatif Asal Tapin
apahabar.com

Tak Berkategori

Dit Intelkam Polda Kalsel Bagikan Ratusan Paket Sembako di Kecamatan Gambut
apahabar.com

Tak Berkategori

Menteri Agama: Ahli Waris Bisa Gantikan Calon Jemaah Haji Yang Wafat
apahabar.com

Tak Berkategori

Kabar Baik, ‘Obat Pasar’ Dexamethasone Teruji Sembuhkan Pasien Covid-19
apahabar.com

Tak Berkategori

Tes SKB CPNS Kalteng Mulai 1 September, Simak Pesan Kepala BKD
apahabar.com

Tak Berkategori

Link Live Streaming Manchester United vs Tottenham Hotspur, Sebentar Lagi Mulai Live Mola TV
apahabar.com

Tak Berkategori

Transaksi Perhiasan Meningkat Jelang Lebaran
apahabar.com

Tak Berkategori

Potret Rapat Paripurna DPRD Kalsel Saat Pandemi Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com