Banjir Belum Reda, Warga Desa Bincau Terancam Kekurangan Makanan Update Covid-19: Belasan Warga Kapuas Sembuh, 1 Positif H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel 4.840 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Bumbu Pengungsi Banjir Bertambah, Kalsel Perpanjang Status Tanggap Darurat

Sakrani, Potret Pemuda Tulang Punggung Keluarga dari Berangas

- Apahabar.com Rabu, 19 Agustus 2020 - 18:10 WIB

Sakrani, Potret Pemuda Tulang Punggung Keluarga dari Berangas

Sakrani menceritakan kisah kehidupan keluarganya kepada Bupati Barito Kuala, Hj Noormiliyani AS, Rabu (19/8). Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Dari gaya bicara ceplas-ceplos dan terkadang dapat membikin orang tertawa, Sakrani (16) menyimpan tanggung jawab besar sebagai tulang punggung keluarga.

Warga Kelurahan Berangas RT 01 di Kecamatan Alalak ini sedang berjuang mencari dana untuk mengobati tumor yang menggerogoti di perut sang ibu.

Murni (61) menderita tumor sejak tujuh bulan lalu. Namun sampai sekarang, Murni masih terbaring lemah dan terkadang jatuh pingsan akibat menahan sakit.

“Sebenarnya sudah beberapa kali mama diperiksakan ke RSUD Ulin sejak Februari 2020. Namun operasi belum bisa dilakukan, karena pandemi Covid-19 dan kondisi mama yang menurun,” ungkap Sakrani, Rabu (19/8).

“Sementara di rumah, kondisi mama semakin memprihatinkan. Makan pun hanya bisa satu atau dua suap, sehingga badan beliau semakin kurus,” sambungnya.

Sakrani yang merupakan anak tunggal, sebenarnya tidak tinggal sendirian di rumah. Masih terdapat sang ayah yang bernama Anang Sukri (76).

Namun seiring usia, Anang tidak bisa lagi bekerja. Hanya sesekali Anang bekerja sebagai pemetik buah mangga dengan upah Rp20.000.

“Abah sudah tidak bisa lagi bekerja. Selain sudah tua, pendengaran beliau tidak normal lagi. Lantas untuk menghidupi keluarga, saya yang keluar bekerja,” papar Sakrani.

Siswa kelas I Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Barito Kuala ini bekerja membantu tetangga yang berjualan sate.

Setiap hari mulai pukul 15.00 hingga 21.00 Wita, Sakrani menjadi pengipas dan penusuk sate dengan upah Rp15.000 per hari.

“Upah itulah yang digunakan untuk biaya hidup kami sehari-sehari. Alhamdulillah tetangga juga mengerti dengan kondisi hidup kami, sehingga sesekali mengantarkan makanan,” lirih Sakrani.

Ironisnya terdapat pihak yang diyakini Sakrani memanfaatkan kondisi tersebut. Mereka membuka rekening donasi, tetapi dana yang diperoleh belum pernah disalurkan sampai sekarang.

“Sekitar 3 bulan lalu, beberapa orang mendatangi kami. Setelah mengambil foto mama, mereka kemudian memberikan sumbangan sebesar Rp200 ribu,” cerita Sakrani.

“Kemudian foto mama diunggah ke media sosial, lengkap dengan nomor rekening donasi. Namun mereka tak pernah datang lagi. Saya yakin sudah banyak dana masuk, karena foto mama banyak tersebar,” sambungnya.

Kendati demikian, Sakrani tidak memendam kekesalan kepada pihak tersebut, “Namun saya ikhlas saja dan tidak ingin memperpanjang persoalan itu,” tukas Sakrani.

Kesabaran Sakrani lantas terbayar dengan bantuan yang disalurkan Yayasan Dompet Sedekah Peduli Batola binaan Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS.

“Saya bangga dengan perjuangan Sakrani yang ikhlas membaktikan diri untuk merawat kedua orang tua,” papar Noormiliyani seusai menyerahkan bantuan.

“Tentu saya berharap bantuan itu dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan perawatan. Jangan sampai dibelikan handphone. Di sisi lain, saya juga sudah meminta pihak kecamatan untuk mendampingi,” pesannya.

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Bastian Alkaf - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

BPBD: Enam Kios dan Satu Rumah di Kelayan Ludes Terbakar
apahabar.com

Kalsel

Masih Zona Merah, DPRD Banjarmasin Minta Warga Tahan Diri Untuk Berwisata
apahabar.com

Kalsel

Mengenal Dwida Nispuliani, Diang Pekerja Keras
apahabar.com

Kalsel

Masjid Darul Aqram Teluk Kemuning Resmi Dibangun
apahabar.com

Kalsel

Akun IG @riskii125 Unggah Ujaran Kebencian Kepada Guru Sekumpul, Warganet Bereaksi
apahabar.com

Kalsel

Diskominfo Masuk Gugus Tugas P3, Komisi III: Sampaikan Informasi Edukasi
apahabar.com

Kalsel

Bupati Tala Larang Perayaan Hari Valentine
apahabar.com

Kalsel

Parkir di Bahu Jalan, Siap-Siap Diderek
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com