Jadwal Liga Inggris Sheffield United vs Man City Malam Ini, Live Streaming Mola TV, Guardiola Tanpa Aguero! Video Viral Pria Bawa Jenazah Ibunya Pakai Motor di Atas Bronjong, Sang Perekam pun Ketakutan! Video Detik-detik Mobil Tabrak Gerbang Masjidil Haram Mekkah dengan Kecepatan Tinggi Video Viral Rombongan Klub Harley Keroyok 2 Anggota TNI, Polisi Melerai Dicuekin, Ini Gara-garanya Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap

Sehari, 5 Kebakaran Lahan Terjadi di Tanah Laut

- Apahabar.com Kamis, 27 Agustus 2020 - 20:55 WIB

Sehari, 5 Kebakaran Lahan Terjadi di Tanah Laut

Satgas Karhutla Tanah Laut saat berjibaku padamkan api yang membakar lahan semak belukar di Bumi Jaya, Kecamatan Pelaihari, Rabu (26/8). Foto: BPBD Tala

apahabar.com, PELAIHARI – Dalam sehari sudah 5 lokasi di Kabupaten Tanah Laut (Tala) terjadi kebakaran lahan pada Rabu (26/8) kemarin.

Kepala BPBD Tala, HM Kusri, mengatakan kebakaran lahan terjadi di beberapa tempat. Pada pukul 12.30 Wita, di Desa Bumi Jaya, Kecamatan Pelaihari, dengan luas lahan vegetasi semak belukar yang terbakar kurang lebih 1 hektare.

Kemudian masih dengan jam yang sama terjadi kebakaran lahan vegetasi semak belukar di Desa Jorong, Kecamatan Jorong, dengan luas kurang lebih 1 hektare.

“Yang cukup besar terjadi kebakaran Rabu kemarin di Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan kurang lebih 5 hektare yang terbakar. Jenis lahan yang terbakar vegetasi semak belukar,” kata Kusri, Kamis (27/8).

Pemadaman dilakukan oleh Satgas Udara atau menggunakan helikopter water bombing.

Kemudian kembali terjadi kebakaran lahan di Desa Liang Anggang setelah sehari sebelumnya juga terbakar.

“Ada 2 hektare lahan yang terbakar umumnya semak belukar di RT 02 desa tersebut. Kejadiannya sekitar pukul 09.59 Wita, ” ujar Kusri.

Begitu juga di Desa Bentok Kampung RT 05 masih di Kecamatan Bati-Bati juga terjadi kebakaran lahan semak belukar seluas 1,5 hektare.

Kebakaran lahan di lokasi tersebut berhasil dipadamkan dengan cepat oleh Satgas Karhutla di lapangan, seperti BPBD Tala, BPBD Kalsel, Damkar, TNI/Polri, relawan DAS dan masyarakat setempat.

Kusri mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada karena di samping pandemi covid 19 juga menghadapi kemarau dan rawan terjadi karhutla. Maka diharapkan tidak membakar lahan untuk tujuan apapun.

“Apabila melihat ada titik api yang baru menyala agar bisa di bantu memadamkan jangan sampai melebar. Sambil menghubungi posko terdekat. Jangan lupa selalu terapkan protokol kesehatan,” pesannya.

Editor: Aprianoor

Reporter: Ahc14 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Gubernur Kalsel Minta Bupati dan Wali Kota Turun Langsung Atasi Karhutla
apahabar.com

Kalsel

Rekapitulasi Suara di Kalsel, Pleno 11 Kabupaten Tuntas
apahabar.com

Kalsel

Dewan Harap Kelistrikan Kalimantan Terinterkoneksi 2020 
apahabar.com

Kalsel

Tahapan Pilkada Serentak 2020, Dinkes Banjarmasin Ingatkan Disiplin Protokol Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Masa Tenang Pemilu, Masih Ada APK Terpasang
apahabar.com

Kalsel

Sawah Terbakar, Banjarmasin yang Terkurung Asap
apahabar.com

Kalsel

Portal lindungihakpilihmu.kpu.go.id Ditutup, Simak Arahan KPU Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Ruko Terbakar, Kawasan Sultan Adam Padat Merayap
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com