Jelang MotoGP Jerman 2021, Momen Marc Marquez Meramaikan Barisan Depan Raisya, Gadis Kelua Tabalong yang Hilang Akhirnya Kembali ke Pelukan Keluarga Buka-bukaan, Pj Gubernur Sebut Pajak Kendaraan Bermotor Kalsel Nunggak Hampir Rp1 Triliun Maryadi Meninggal di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, Polisi Beber Keterangan NGERI! ‘Penyehatan’ RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin Butuh Rp 125 Miliar

Selain Dapat Remisi Anak-anak di LPKA Martapura Juga Peroleh Prestasi

- Apahabar.com Selasa, 18 Agustus 2020 - 22:27 WIB

Selain Dapat Remisi Anak-anak di LPKA Martapura Juga Peroleh Prestasi

Penyerahan hadiah lomba tujuhbelasan di LPKA Martapura, Senin (17/8). Foto-Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura cukup berbangga usai mendapatkan prestasi di tingkat nasional.

Dua Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) berhasil menyabet juara 2 dan 3 di ajang lomba cerpen kategori anak, Piala Menteri Hukum dan HAM RI dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75, yang diikuti LPKA se-Indonesia.

Cerpen juara 2 berjudul ‘Aku, Pesantren dan Kepulanganku’ yang ditulis Muhammad Arsyad Al-Banjari. Sementara cerpen juara ke-3 berjudul ‘Istiqomah dalam Menjalani Hidup di Penjara’ yang ditulis M Noor Kholik.

Kepala LPKA Kelas I Martapura, Rudi Sarjono, melalui Humas LPKA Martapura, Robbyanoor, mengatakan cerpen ditulis Andikpas berdasarkan pengalaman semasa menjalani masa tahanan.

‚ÄúDukungan pembinaan di LPKA Kelas I Martapura terus diberikan, untuk pemenuhan hak-hak anak terutama hak pendidikan, salah satunya pelatihan menulis agar terus berkarya dan produktif,” ujar Robby, Selasa (18/8).

Pengumuman lomba cerpen tersebut berbarengan dengan acara pemberian remisi serentak, yang digelar Kementerian Hukum dan HAM RI, Senin (17/8).

Acara terpusat di Lapas Mataram, NTT, berlangsung secara virtual dan diikuti seluruh UPT Pemasyarakatan se-Indonesia,

Di Kalsel, kegiatan ini bertempat di LP Kelas II Banjarbaru. Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalsel, Agus Toyib beserta jajaran turut hadir.

Sebanyak 36 Andikpas LPKA Martapura mendapatkan remisi atau pemotongan masa tahanan. Remisinya bervariasi, mulai 1 bulan sampai 4 bulan.

Robby melanjutkan, LPKA Martapura terus aktif memberikan pendidikan, baik formal dan informal.

“Seperti Pendidikan Paket A, B, dan C. Pendidika rohani seperti ceramah, pengajian, salat lima waktu berjemaah,” tuturnya.

Tak hanya itu, tambah Robby, LPKA Martapura juga memfasilitasi di bidang olahraga dan kreatifitas lainnya untuk mengasah bakat Andikpas.

“Ada pramuka, voli, futsal, tenis meja, karate, melukis. Kegiatan lainnya yang bersertifikat seperti pelatihan komputer dan mencukur rambut. Semua itu untuk membekali anak jika nanti sudah bebas,” paparnya.

Untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan, LPKA Martapura telah menggelar berbagai lomba tujubelasan di dalam pemasyarakatan.

Usai upacara apel, diumumkan para pemenang seperti lomba azan, mengisi air dalam botol, makan keurupuk, lari kelereng, memasukkan benang dalam jarum, dan olahraga voli.

“Dengan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengisi waktu, menambah kepercayaan diri, dan semangat apabila nanti bebas kembali ke masyarakat,” ujar MH (16), pemenang juara 1 lomba azan.

apahabar.com

Pemberian remisi umum HUT Kemerdekaan RI ke-75 secara simbolis, di LP Kelas II Banjarbaru, Senin (17/8). Foto-Istimewa

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Hendra Lianor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Jalur Jembatan Sei Bamban Pelaihari Kembali Normal
apahabar.com

Kalsel

Tambah 75 Kasus Positif dalam Sepekan, Semua Kecamatan di Banjarbaru Zona Merah
Bunuh Diri

Banjarmasin

Astagfirullah, Pasutri di Pelambuan Banjarmasin Nyaris Bunuh Diri Bersama
Jadwal Vaksinasi

Kalsel

Jadwal Vaksinasi Covid-19 Tala Dimajukan, Bupati Sukamta Pertama
apahabar.com

Kalsel

BAGUNA PDIP Kalsel Bagikan Baju Hazmat dan Masker Ke RSUD Daha Sejahtera
Vaksinasi

Kalsel

Vaksinasi Covid-19 di Kalsel Tinggal Hitungan Hari, Paman Birin Optimistis
apahabar.com

Kalsel

BMKG Ramal Kalsel Hujan Lagi Siang Ini
Buaya

Kalsel

Bertaruh Nyawa Pria di Kotabaru Tusuk Mata Buaya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com