Kronologi Pria Kelumpang Tengah Tewas Disengat Ribuan Lebah Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Hari Ini Kuota Internet Belajar Siswa dan Guru Dikirim Langsung ke Nomor Peserta, Berikut Besar Subsidinya Tolak Omnibus Law, Ketua DPRD Kalsel Digelari Juara Stand Up Komedi SHM-MAR Kampanye, Pedagang Keliling Ketiban Berkah

Selain Dapat Remisi Anak-anak di LPKA Martapura Juga Peroleh Prestasi

- Apahabar.com Selasa, 18 Agustus 2020 - 22:27 WIB

Selain Dapat Remisi Anak-anak di LPKA Martapura Juga Peroleh Prestasi

Penyerahan hadiah lomba tujuhbelasan di LPKA Martapura, Senin (17/8). Foto-Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura cukup berbangga usai mendapatkan prestasi di tingkat nasional.

Dua Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) berhasil menyabet juara 2 dan 3 di ajang lomba cerpen kategori anak, Piala Menteri Hukum dan HAM RI dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75, yang diikuti LPKA se-Indonesia.

Cerpen juara 2 berjudul ‘Aku, Pesantren dan Kepulanganku’ yang ditulis Muhammad Arsyad Al-Banjari. Sementara cerpen juara ke-3 berjudul ‘Istiqomah dalam Menjalani Hidup di Penjara’ yang ditulis M Noor Kholik.

Kepala LPKA Kelas I Martapura, Rudi Sarjono, melalui Humas LPKA Martapura, Robbyanoor, mengatakan cerpen ditulis Andikpas berdasarkan pengalaman semasa menjalani masa tahanan.

‚ÄúDukungan pembinaan di LPKA Kelas I Martapura terus diberikan, untuk pemenuhan hak-hak anak terutama hak pendidikan, salah satunya pelatihan menulis agar terus berkarya dan produktif,” ujar Robby, Selasa (18/8).

Pengumuman lomba cerpen tersebut berbarengan dengan acara pemberian remisi serentak, yang digelar Kementerian Hukum dan HAM RI, Senin (17/8).

Acara terpusat di Lapas Mataram, NTT, berlangsung secara virtual dan diikuti seluruh UPT Pemasyarakatan se-Indonesia,

Di Kalsel, kegiatan ini bertempat di LP Kelas II Banjarbaru. Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalsel, Agus Toyib beserta jajaran turut hadir.

Sebanyak 36 Andikpas LPKA Martapura mendapatkan remisi atau pemotongan masa tahanan. Remisinya bervariasi, mulai 1 bulan sampai 4 bulan.

Robby melanjutkan, LPKA Martapura terus aktif memberikan pendidikan, baik formal dan informal.

“Seperti Pendidikan Paket A, B, dan C. Pendidika rohani seperti ceramah, pengajian, salat lima waktu berjemaah,” tuturnya.

Tak hanya itu, tambah Robby, LPKA Martapura juga memfasilitasi di bidang olahraga dan kreatifitas lainnya untuk mengasah bakat Andikpas.

“Ada pramuka, voli, futsal, tenis meja, karate, melukis. Kegiatan lainnya yang bersertifikat seperti pelatihan komputer dan mencukur rambut. Semua itu untuk membekali anak jika nanti sudah bebas,” paparnya.

Untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan, LPKA Martapura telah menggelar berbagai lomba tujubelasan di dalam pemasyarakatan.

Usai upacara apel, diumumkan para pemenang seperti lomba azan, mengisi air dalam botol, makan keurupuk, lari kelereng, memasukkan benang dalam jarum, dan olahraga voli.

“Dengan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengisi waktu, menambah kepercayaan diri, dan semangat apabila nanti bebas kembali ke masyarakat,” ujar MH (16), pemenang juara 1 lomba azan.

apahabar.com

Pemberian remisi umum HUT Kemerdekaan RI ke-75 secara simbolis, di LP Kelas II Banjarbaru, Senin (17/8). Foto-Istimewa

Editor: Syarif

Reporter: Hendra Lianor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kasus Money Politics di Banjarmasin, Partai Berdalih Honor Saksi
apahabar.com

Kalsel

1.000 Paket Bantuan dari Kwarcab Batola untuk Anggota Pramuka
apahabar.com

Kalsel

Mengenal H Haderi, Legenda Gado-Gado Siring Marabahan
apahabar.com

Kalsel

Polres Banjarbaru Tingkatkan Patroli Pencegahan Karhutla
Antisipasi Virus Corona, Kalsel Siagakan Ruang Isolasi Berteknologi

Kalsel

Antisipasi Virus Corona, Kalsel Siagakan Ruang Isolasi Berteknologi
apahabar.com

Kalsel

Pemprov Kalsel Siapkan Dana Rp 15 M Bangun Masjid Bambu di Kiram
apahabar.com

Kalsel

Jurnalis Kalsel Galang Solidaritas, Ajukan Penangguhan Diananta
HMR Ingatkan Pemprov Kalsel Ambil Langkah Konkrit Tangani Covid-19

Kalsel

HMR Ingatkan Pemprov Kalsel Ambil Langkah Konkrit Tangani Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com