Keren! Al-Mazaya Islamic School Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi Covid-19 POPULER SEPEKAN: Polisi Tewas Tenggelam di Sungai Martapura, hingga 2 Kasus Kriminalitas di Hulu Sungai Wakil Ketua DPRD HST Kecelakaan di Angkinang, Mobil Ringsek Parah! LSM Laporkan Denny Indrayana ke Bawaslu, Terindikasi Kampanye Jelang PSU Si Jago Merah Ngamuk di Cempaka 7 Banjarmasin, Jemaah Salat Tarawih Berhamburan

Selalu Jaga Wudhu, Insya Allah Terhindar dari Covid-19

- Apahabar.com Rabu, 19 Agustus 2020 - 08:30 WIB

Selalu Jaga Wudhu, Insya Allah Terhindar dari Covid-19

Ilustrasi wudhu. Foto-Shutterstock

apahabar.com, JAKARTA – Wudhu jadi syarat sah ketika akan sholat atau hendak memegang mushaf Alquran. Namun apakah wudhu bisa dijadikan alternatif untuk mencegah Covid-19? Sebab salah satu protokol kesehatan yang perlu dipatuhi adalah rajin mencuci tangan, mandi, atau bersih-bersih diri.

Ketua Umum Wadah Silaturahmi Khatib Indonesia (WASATHI) Ustadz Fauzan Amin mengatakan, pada dasarnya selain syarat sah sholat, wudhu juga berfungsi menghilangkan hadast atau kotoran.

Di samping itu, secara eskplisit belum ada dalil yang menerangkan bahwa wudhu dapat mencegah penyakit. Virus corona (covid-19) misalnya, di mana jenis penyakit ini menular melalui saluran pernapasan.

“Tapi secara substantif bahwa banyak dokter ahli kesehatan berpendapat di antara faedah wudhu adalah untuk kesehatan. Contoh kasus, faktor utama penyakit adalah kotoran sebagai sumber bakteri,” ungkap Ustadz Fauzan Amin kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Namun jika ditinjau lebih dalam, Islam sangat mengajarkan kebersihan, yakni dengan cara rajin bersuci seperti menjaga wudhu di segala kegiatan atau aktivitas.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

…إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

…innallāha yuḥibbut-tawwābīna wa yuḥibbul-mutaṭahhirīn

Artinya: “… Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” (QS Al Baqarah: 222)

Dalam dunia medis, rajin mencuci tangan bisa jadi alternatif sebagai upaya mencegah penularan covid-19 dari manusia ke manusia lain. Nah apabila tetap menjaga wudhu, kata Ustadz Fauzan Amin, maka kemungkinan tidak akan mudah tertular virus tersebut.

“Dengan wudhu insya Allah selamat dari virus apa pun, baik yang menyerang fisik manusia atau virus hati seperti hasad, riya, dengki, dan lain-lain,” terang dia.

Sementara Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerukan kepada masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam, memperbanyak wudhu

untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.
“Mengajak umat Islam agar memperbanyak wudhu sesuai tata caranya secara benar dan sempurna. Khususnya saat mencuci kedua tangan agar melakukannya lebih ekstra dengan memakai sabun agar lebih bersih, saat berkumur, dan saat membersihkan hidung,” kata Wakil Sekretaris Jenderal MUI Solahuddin Al Ayub di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut wudhu akan membersihkan semua anggota tubuh mulai dari kepala hingga kaki. Hal itu juga sesuai saran dari para ahli kesehatan bahwa menjaga kebersihan menjadi kunci untuk menangkal virus yang mematikan tersebut.

“Karena sesuai keterangan para ahli kesehatan, cara-cara tersebut diyakini dapat menangkal penularan virus korona,” pungkasnya. (okz)

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hikmah

Prof Din Syamsuddin: Indonesia Butuh Kerukunan Sejati dan Kebersamaan Hakiki
apahabar.com

Hikmah

Youtuber Mualaf Jay Kim: Dulu Takut Masjid, Sekarang Favorit
apahabar.com

Hikmah

Apakah Berpacaran Membatalkan Puasa?
apahabar.com

Hikmah

Saat Imam Ar-Razi Kaitkan Ampunan dengan Surga
apahabar.com

Hikmah

Dahsyatnya Doa Ibu, Kisah Nabi Musa Jadi Buktinya!
apahabar.com

Hikmah

10 Hal Ini yang Membuat Doa Tidak Terkabul
Manfaat Bersyukur dalam Islam, Ini Ayat Alquran dan Haditsnya

Hikmah

Manfaat Bersyukur dalam Islam, Ini Ayat Alquran dan Haditsnya
apahabar.com

Hikmah

Sunnah Rasulullah Melayani Tamu dan Larangan Memilah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com