Update Covid RI 15 Oktober, Kalsel Sembilan Terbawah, Jakarta Teratas PDIP Pamer Jago Capres 2024: Puan, Ganjar hingga Mardani H Maming KPK Tinggalkan Markas Brimob Tabalong, Penyidikan Berlanjut Acil Pasar Terapung Siap-Siap, Siring Piere Tendean Bakal Dibuka Lagi! OTT Amuntai, Enam Mobil Tiba di Brimob Tabalong

Sukseskan Food Estate, Kapuas Latih Penggunaan Alsintan

- Apahabar.com     Sabtu, 29 Agustus 2020 - 23:05 WITA

Sukseskan Food Estate, Kapuas Latih Penggunaan Alsintan

Guna menyukseskan program food estate, Dinas Pertanian Kapuas mulai melatih penggunaan alat mesin pertanian atau alsintan ke para operator. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Guna menyukseskan program food estate, Dinas Pertanian Kapuas mulai melatih penggunaan alat mesin pertanian atau alsintan ke para operator.

Pelatihan berlangsung mulai Jumat (28/8) di salah satu lokasi ketahanan pangan nasional dalam program lumbung pangan baru di Kabupaten Kapuas, tepatnya di Handil Perwira Desa Anjir Serapat Km 10 Kecamatan Kapuas Timur.

Kepala Dinas Pertanian Kapuas Anjono Bhakti bilang pelatihan ini dalam rangka menyukseskan program food estate di Kalimantan Tengah yang berada di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau.

Anjono menuturkan bahwa untuk luasan lahan yang akan digarap dalam food estate sekitar 30 ribu hektare, di mana 10 ribu hektare berada di Kabupaten Pulang Pisau dan 20 hektare di Kabupaten Kapuas.

Dalam meningkatkan pergerakan program food estate maka, kata Anjono, diadakanlah pelatihan untuk penggunaan alat pertanian berupa traktor roda empat kepada para operator guna mengolah lahan.

“Kita juga bekerja sama dengan TNI guna membantu dalam mempercepat proses pengolahan lahan nantinya, karena rencananya proses penanaman akan dilakukan pada Oktober hingga Desember,” terang Anjono.

Kadis Pertanian Kapuas menjelaskan dalam kegiatan pelatihan pihaknya menurunkan traktor roda empat sebanyak 16 buah dengan dibantu oleh operator kelompok tani setempat.

Kemudian juga disiapkan sebanyak 147 traktor roda empat, 150 traktor roda dua yang semuanya digunakan untuk mempercepat proses tanam kembali.

Sementara itu, Komandan Kodim 1011/KLK melalui Danramil 1011/03 Anjir, Kapten Inf Suyatno mengatakan keterlibatan TNI dalam program pelatihan ini adalah untuk ikut andil guna membantu percepatan kegiatan ketahanan pangan melalui pembentukan tenaga pembantu dalam hal pembajakan tanah.

“Di sini kami menurunkan personel dari tiga Kodim yaitu Kodim Muara Teweh, Buntok dan Pangkalan Bun dan juga Kodim Kuala Kapuas sendiri, ditambah juga dengan tenaga dari Kecamatan Kapuas Timur, dari Kelompok Tani setempat dan ada juga dari perguruan Muhammadiyah Palangka Raya,” katanya.

Adapun tujuan akhirnya, tambah Suyatno, mendukung suksesnya ketahanan pangan yang telah diprogramkan oleh pemerintah.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Reporter: Ahc25 - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pilkades

Kalteng

Ratusan Desa di Kapuas Bersiap Laksanakan Pilkades
apahabar.com

Kalteng

Tanggapan Kadinkes Kalteng Terkait Kalung Antivirus
apahabar.com

Kalteng

Kunjungi Kobar, Ini yang Dilakukan 24 Diplomat Kemenlu
Sugianto

Kalteng

Sebelum Positif Covid-19, Sugianto Sabran 3 Kali Lakukan Pemeriksaan
Palangkaraya

Kalteng

Meski Dilanda Banjir, Harga Sembako di Palangkaraya Aman
Dinas Dukcapil Kapuas

Kalteng

Giliran Puluhan Pegawai Dinas Dukcapil Kapuas Divaksin Covid-19

Kalteng

RSUD Kuala Kapuas Tetap Layani Pasien Selama Ramadan, Berikut Jadwalnya
Ma'ruf

Kalteng

Resmikan Bandara HM Sidik, Wapres Ma’ruf Amin Kunker ke Barut Kalteng
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com