Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

Sukseskan Food Estate, Kapuas Latih Penggunaan Alsintan

- Apahabar.com Sabtu, 29 Agustus 2020 - 23:05 WIB

Sukseskan Food Estate, Kapuas Latih Penggunaan Alsintan

Guna menyukseskan program food estate, Dinas Pertanian Kapuas mulai melatih penggunaan alat mesin pertanian atau alsintan ke para operator. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Guna menyukseskan program food estate, Dinas Pertanian Kapuas mulai melatih penggunaan alat mesin pertanian atau alsintan ke para operator.

Pelatihan berlangsung mulai Jumat (28/8) di salah satu lokasi ketahanan pangan nasional dalam program lumbung pangan baru di Kabupaten Kapuas, tepatnya di Handil Perwira Desa Anjir Serapat Km 10 Kecamatan Kapuas Timur.

Kepala Dinas Pertanian Kapuas Anjono Bhakti bilang pelatihan ini dalam rangka menyukseskan program food estate di Kalimantan Tengah yang berada di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau.

Anjono menuturkan bahwa untuk luasan lahan yang akan digarap dalam food estate sekitar 30 ribu hektare, di mana 10 ribu hektare berada di Kabupaten Pulang Pisau dan 20 hektare di Kabupaten Kapuas.

Dalam meningkatkan pergerakan program food estate maka, kata Anjono, diadakanlah pelatihan untuk penggunaan alat pertanian berupa traktor roda empat kepada para operator guna mengolah lahan.

“Kita juga bekerja sama dengan TNI guna membantu dalam mempercepat proses pengolahan lahan nantinya, karena rencananya proses penanaman akan dilakukan pada Oktober hingga Desember,” terang Anjono.

Kadis Pertanian Kapuas menjelaskan dalam kegiatan pelatihan pihaknya menurunkan traktor roda empat sebanyak 16 buah dengan dibantu oleh operator kelompok tani setempat.

Kemudian juga disiapkan sebanyak 147 traktor roda empat, 150 traktor roda dua yang semuanya digunakan untuk mempercepat proses tanam kembali.

Sementara itu, Komandan Kodim 1011/KLK melalui Danramil 1011/03 Anjir, Kapten Inf Suyatno mengatakan keterlibatan TNI dalam program pelatihan ini adalah untuk ikut andil guna membantu percepatan kegiatan ketahanan pangan melalui pembentukan tenaga pembantu dalam hal pembajakan tanah.

“Di sini kami menurunkan personel dari tiga Kodim yaitu Kodim Muara Teweh, Buntok dan Pangkalan Bun dan juga Kodim Kuala Kapuas sendiri, ditambah juga dengan tenaga dari Kecamatan Kapuas Timur, dari Kelompok Tani setempat dan ada juga dari perguruan Muhammadiyah Palangka Raya,” katanya.

Adapun tujuan akhirnya, tambah Suyatno, mendukung suksesnya ketahanan pangan yang telah diprogramkan oleh pemerintah.

Editor: Fariz Fadhillah

Reporter: Ahc25 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Penerima BST di Kapuas Terbanyak se-Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Gawat!!! Sambungan PDAM ke Lapas Muara Teweh Terancam Diputus
apahabar.com

Kalteng

Yasinta Palangkaraya Terima Order Penyemprotan Desinfektan Gratis
apahabar.com

Kalteng

Guru dan Murid PAUD di Kapuas Timur Kalteng Ikuti Lomba Meriahkan Tahun Baru Islam
apahabar.com

Kalteng

Disebut Kantongi Rekomendasi PDIP, Riban: No Comment
apahabar.com

Kalteng

Satgas Covid-19 Palangka Menyetujui Ratusan Izin Acara Nikahan
apahabar.com

Kalteng

Tugboat Penarik Tongkang Terbalik di Sungai Barito, 1 ABK Hilang
apahabar.com

Kalteng

Habib Ismail Serahkan Bantuan Pemprov Kalteng ke Korban Kebakaran di Pujon
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com