Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung

Tak Bisa Belajar Daring, Guru di Tabalong Rela Kunjungi Siswa yang Tak Punya Ponsel

- Apahabar.com Minggu, 9 Agustus 2020 - 11:44 WIB

Tak Bisa Belajar Daring, Guru di Tabalong Rela Kunjungi Siswa yang Tak Punya Ponsel

Guru SDN Pari-Pari, Gusti Lailatul Janah saat melakukan pembelajaran ke rumah siswanya. Foto - Istimewa.

apahabar.com, TANJUNG – Gusti Lailatul Janah, Guru di Kabupaten Tabalong rela mendatangi rumah siswanya yang tidak memiliki ponsel untuk melakukan pembelajaran.

Apa yang dilakukannya merupakan solusi logis atas kelanjutan proses belajar siswa pada masa pandemi Covid-19, di tengah infrastruktur internet belum sepenuhnya merata dan tidak semua orang tua mampu membelikan anaknya gawai (ponsel) serta kuota internet.

Seperti yang dialami beberapa siswa bimbingan Gusti Lailatul Janah, Guru Kelas V di SD Negeri Pari-Pari, Desa Pudak Setegal, Kecamatan Kelua, mereka terkendala mengikuti proses belajar secara dalam jaringan (Daring) karena tidak memiliki gawai.

Gusti Lailatul Janah mengatakan, siswa yang didatanginya rata-rata terkendala orang tuanya tidak memiliki gawai berjenis android atau yang mampu tersambung internet.

Kondisi itulah yang membuat Lailatul Janah terdorong mendatangi rumah siswa-siswinya satu persatu untuk meringankan beban orang tua siswanya.

Selain ingin meringankan beban orang tua, juga supaya siswa tetap dapat terlayani haknya untuk memperoleh pendidikan atau pembelajaran.

” Sambil melakukan pembelajaran daring untuk siswa pada jam sekolah, saya selingi dengan mendatangi ke rumah siswa yang tidak bisa mengikutinya karena tidak punya gawai dan sinyal internet yang jaraknya sekitar 2 kilometer dari sekolah,” kata Lailatul Janah.

Ketika sampai dirumah siswanya, Lailatul, memberikan materi seperti yang diberikan melalui daring.

Ia juga memberikan pengetahuan tentang hal-hal yang berkaitan dengan virus covid-19 dan pendidikan kecakapan hidup.

Kepala SDN V Pari-Pari, Ristinawati membenarkan guru di sekolahnya melakukan pembelajaran ke rumah-rumah siswanya.

Hal itu karena masih berada pada pandemi Covid-19, hingga memaksa pihaknya untuk melakukan pembelajaran di rumah. Pembelajaran di rumah tidak mesti harus secara daring, tetapi juga bisa dilakukan secara luring.

Dalam kondisi saat ini, tentunya akan ada ditemukan beberapa faktor yang menjadi kendala untuk melakukan pembelajaran selama masa pandemi. Begitu juga yang dialami beberapa siswa Kelas 5 SDN Pari-Pari.

Tidak semua siswa dapat melakukan pembelajaran secara daring. Masalah bukan terletak pada susahnya sinyal, melainkan siswa tidak memiliki gawai karena faktor ekonomi orang tua.

Kegiatan itu dimaksudkan supaya siswa tetap dapat terlayani haknya untuk memperoleh pendidikan atau pembelajaran.

Pencapaian target kurikulum di masa pandemi tidaklah harus tuntas. Hal ini sesuai dengan arahan dari Menteri Pendidikan.

“Oleh karena itu, materi yang disampaikan meliputi, pengetahuan tentang hal-hal yang berkaitan dengan virus covid-19. Pendidikan kecakapan hidup misalnya, membaca, menulis, bersosialisasi, membantu orang tua, mengerjakan ibadah di rumah, cara menjaga kesehatan diri, dan lingkungan dan sebagainya serta materi tematik di sekolah,” jelasnya.

Editor: Muhammad Bulkini

Reporter: AHC26 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tabalong

Hotspot Terpantau, Tim Karhutla Tabalong Terkendala Akses Jalan
apahabar.com

Tabalong

Lab Uji Konstruksi Dinas PUPR Tabalong Usulkan Akreditasi
apahabar.com

Tabalong

Peringati HUT ke-75 PMI, 12 Ribu Masker Kain Dibagikan di Tabalong
apahabar.com

Tabalong

Sambangi Tabalong, Ketua DPRD Kalsel Bawa APD
apahabar.com

Tabalong

Jalan Penghubung Sungai Hanyar-Banua Lawas Longsor, Pengendara Diminta Berhati-hati
apahabar.com

Tabalong

Terkesan Ceramah Guru Jaro, Kapolda Kalsel akan Sampaikan Kejajarannya
apahabar.com

Tabalong

Ringankan Beban, Desa Masingai II Beri Internet Gratis untuk Belajar Daring
apahabar.com

Tabalong

Kuliah Perdana di STIT Tabalong Hadirkan Guru Besar UIN Antasari Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com