Jokowi Nyatakan Indonesia Bisa Kendalikan 2 Krisis BREAKING NEWS: Belasan Warga Tanah Bumbu Diduga Terjebak Longsor di Tambang Batu Bara Jokowi Sebut Potensi Wakaf Uang Bisa Tembus Rp 188 Triliun Naik 1.000 per Gram, Segini Harga Emas Antam Hari Ini Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran

Tala Launching Desa Tertib Administrasi Kependudukan

- Apahabar.com Rabu, 12 Agustus 2020 - 17:10 WIB

Tala Launching Desa Tertib Administrasi Kependudukan

Bupati Tanah Laut H Sukamta melaunching Desa Tertib Administrasi Kependudukan (DETAK) Tahun 2019/2020 di Balai Kantor Desa Tirta Jaya, Rabu (12/08). Foto-Istimewa

apahabar.com PELAIHARI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Laut melaunching Desa Tertib Administrasi Kependudukan (DETAK) tahun 2019/2020 di Balai Kantor Desa Tirta Jaya, Rabu (12/08).

Launching dilakukan oleh Bupati Sukamta didampingi Kepala Disdukcapil Hj. Norhayati dan disaksikan kepala SKPD serta kepala desa terkait.

Launching ditandai dengan pembukaan tirai papan nama desa DETAK dan penyerahan laptop untuk operasional pendataan sekaligus penempelan stiker di rumah warga sebagai tanda warga telah tertib administrasi kependudukan.

Kepala Disdukcapil Tala Hj Norhayati menyampaikan ada 5 desa yang telah dinyatakan tertib administrasi.

5 desa itu yakni Desa Tirta jaya Kecamatan Bajuin, Desa Bluru Kecamatan Batu Ampar, Desa Bumi Asih Kecamatan Panyipatan, Desa Damit Hulu Kecamatan Batu Ampar, Desa Bumi Harapan Kecamatan Bumi Makmur.

Ia berharap desa itu dapat menjadi contoh untuk desa lainnya, sehingga Tanah Laut bisa menjadi kabupaten tertib administrasi kependudukan.

“Kami Disdukcapil Tanah Laut siap memberikan pelayanan dan memfasilitasi untuk menertibkan data kependudukan ke desa-desa yang akan kita bina,” ujarnya.

Kepala Desa Tirta Jaya, Bambang Subagiyo, mengaku telah bekerja keras untuk menertibkan data kependudukan warga bersama aparat desa.

Ia menyampaikan sejak dulu Desa Tirta Jaya menginginkan tertibnya administrasi. Dengan adanya program DETAK, Bambang merasa Disdukcapil dan pemerintah desa memiliki tujuan yang sama.

“Setiap ada warga yang meninggal kita minta RT segera melaporkan agar segera dibuatkan akta kematiannya. Ketika ada lahiran kami minta RT dan bidan membantu proses akta kelahirannya, sehingga data kematian dan kelahiran bisa segera diperbaharui. Dan kalau ada warga baru, RT harus tanggap apakah pindah atau domisili. Itu yang kami lakukan,” ujar Bambang.

Sementara Bupati H. Sukamta mengapresiasi kerja keras dari Disdukcapil Tala bersama pemerintah desa yang mampu mewujudkan program tertib administrasi kependudukan.

Bupati menyebutkan program DETAK merupakan salah satu bagian dari tekad pemerintah membina desa sesuai dengan visi daerahnya yaitu “Desa Dibina Kota Ditata.”

“Saya sudah berdiskusi dengan BPS ada nanti Desa Tertib Administratif Pertanahan, menghadapi Covid sudah ada 10 Desa Tangguh, dari LH ada Desa Proklim, dari Ketahanan Pangan ada Desa Mandiri Pangan, dari KB ada Kampung KB,” papar Bupati.

Dengan adanya DETAK, Bupati berharap jumlah desa yang dinyatakan tertib administrasi kependudukan makin meningkat setiap tahunnya.

“Sampai akhir masa jabatan kami tahun 2023, minimal 60 persen desa kita bisa tertib administrasi kependudukan. Ini target yang kami inginkan,” kata Sukamta.

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: Ahc14 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Ratusan Mahasiswa Politeknik Tala Diwisuda, Simak Pesan Paman Birin
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Sosialisasi Kemetrologian UTTP Digelar di Tanah Laut
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Nekat Nongkrong, Perkumpulan Anak Muda di Tala Dibubarkan
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Gubuk Milik Nenek Berusia 95 Tahun di Tala Akan Dibedah
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Sukamta Serahkan BLT-DD di Kecamatan Takisung
Kurau

Tanah Laut

Pengungsian Besar-besaran Warga Bumi Makmur dan Kurau Tala, Air Capai 1,5 M
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Panen Padi di Mekarsari, Bupati Tala Apresiasi Keberhasilan Desa
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Vicon dengan KPK, Sukamta Keluhkan Sistem Bank di Tala Lambat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com