Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya Otsus Jilid Dua, Semangat Baru Pembangunan Papua

Tala Upayakan Tingkatkan Populasi Sapi Lokal

- Apahabar.com Kamis, 6 Agustus 2020 - 17:14 WIB

Tala Upayakan Tingkatkan Populasi Sapi Lokal

Ilustrasi-Republika.co.id

apahabar.com, PELAIHARI – Kabupaten Tanah Laut sedang mengupayakan untuk meningkatkan populasi sapi lokal. Kerja sama antara Pemkab Tala dan Pemprov Kalsel pun dilakukan.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ir Suharyo, mengatakan peningkatan populasi itu bisa dilakukan melalui program inseminasi buatan secara masal.

“Dengan inseminasi buatan para peternak sudah bisa menentukan jenis sapi yang akan mereka kembangkan, misalnya ingin indukan sapinya di-inseminasi buatan dengan jenis simmental, limousin, peranakan ongole atau sapi bali,” ujarnya.

Inseminasi buatan juga dapat meningkatkan angka kelahiran dengan cepat dan teratur. Kemudian, efisiensi biaya dan waktu juga bisa dapat dilakukan.

Seiring perkembangan bioteknologi di bidang peternakan, inseminasi buatan saat ini bisa dilakukan dengan menggunakan semen sexing yakni berupa semen beku yang sudah dapat diketahui jenis kelamin anak sapi yang dihasilkan apabila digunakan untuk inseminasi buatan.

“Jika peternak menginginkan nanti hasil
inseminasi buatannya berupa anak sapi jenis limousin dan berkelamin jantan maka petugas inseminator bisa memberikan semen sexing jantan jenis sapi limousin,” katanya.

Kepala Seksi Perbibitan Disbunnak Provinsi Kalsel, Hj. Hamidah, mengatakan kegiatan Pelayanan Kesehatan Hewan Terpadu akan terus dilaksanakan untuk mendukung kegiatan
Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan).

“Agar kesehatan hewan ternak yang hari ini diberikan inseminasi buatan maupun yang diperiksa kebuntingan dapat terkontrol dan terhindar dari penyakit,” sebutnya.

Kepala Bidang Perbibitan Produksi dan Pakan Disnakkeswan Tanah Laut, Ferry Kusmana, menjelaskan pada pelayanan kegiatan inseminasi massal dan pelayanan kesehatan hewan di Desa Sumber Makmur Kecamatan Takisung, terdata ada 103 ekor akseptor yang terdiri dari 15 ekor sapi jantan dan 88 ekor sapi betina.

Pemeriksaan kebuntingan sejumlah 24 ekor dan pada layanan kali ini ada 14 ekor sapi diketahui dalam kondisi bunting.

“Hari ini juga ada 28 ekor sapi betina yang hari ini siap untuk di inseminasi buatan dan ini melebihi dari target kami yang sebanyak 20 ekor,” ujarnya.

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: Ahc14 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Sukamta Serahkan BLT-DD di Kecamatan Takisung
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Pemkab Tanah Laut Dapat Dua Penghargaan dari Kemenkeu
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Sukamta Ingatkan Masyarakat Tala Fokus Kembangkan Sektor Pangan
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Sukamta Pastikan Perizinan di Tala Tak Berbelit-belit
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Sukamta Resmikan Gedung Pusat Promosi Sentra Industri Kecil Menengah
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Peringati Milad, Desa Warga Bukit Mulya Kintap Gelar Pengajian Umum
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Masuk Reakreditasi, UPT Puskesmas Sei Cuka Ditinjau Bupati
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Puncak Haornas di Tala, Masyarakat Ramai Ikut Senam Massal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com