Pastikan Berfungsi Baik, Propam Polres Tala Periksa Puluhan Senpi Anggota 20 Hari Kasus Wildan, Keluarga Pertanyakan Komitmen Polresta Banjarmasin Buntut Aksi Koboi Bripka CS, Kapolda Kalsel: Tak Ada Anggota ke THM! Hilang di Sangkulirang, Mahasiswa Kedokteran Kaltim Ditemukan Meninggal Dunia Pandemi, Rp8 M Insentif Ribuan Guru Ngaji-Marbot di Banjarmasin Disiapkan

Tamu Saat Peringatan HUT RI di Palangka Raya Dibatasi

- Apahabar.com Sabtu, 15 Agustus 2020 - 18:12 WIB

Tamu Saat Peringatan HUT RI di Palangka Raya Dibatasi

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah. Foto-Antara

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Pemkot Palangka Raya membatasi jumlah tamu undangan dan peserta upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 RI, 17 Agustus 2020 mendatang.

“Upacara peringatan HUT ke-75 RI akan tetap dilaksanakan di halaman kantor wali kota dengan pembatasan-pembatasan. Teknis dan persiapan sudah kita bahas,” kata Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah, Sabtu (15/8).

Pembatasan jumlah tamu undangan dan peserta upacara peringatan HUT RI itu sesuai dengan panduan pelaksanaan upacara yang dikeluarkan pemerintah pusat terkait adanya pendemi Covid-19.

Menurutnya, meski dalam upacara tahunan itu diberlakukan pembatasan-pembatasan dan diterapkan protokol kesehatan, tidak akan mengurangi makna peringatan HUT RI itu.

“Mengingat suasana pandemi Covid-19 belum berakhir maka kita tidak mungkin menggelar kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa dengan jumlah banyak,” kata Wakil Wali Kota wanita pertama di Palangka Raya itu.

Wanita yang juga politisi partai Demokrat itu pun berharap masyarakat tetap bersemangat memaknai HUT ke-75 RI. Apalagi kehati-hatian dan berbagai pembatasan ini juga dirasakan seluruh elemen masyarakat sebagai upaya mencegah penularan Covid-19.

Umi pun mengajak masyarakat di wilayah “Kota Cantik” untuk selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sebagai upaya meminimalkan potensi dan mencegah mata rantai penyebaran Covid-19 yang tak kunjung usai.

“Selalu jaga jarak minimal satu hingga dua meter dan selalu gunakan masker. Rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Hindari kerumunan dan selalu taati arahan dan anjuran pemerintah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga Kota Palangka Raya, Ikhwanudin menambahkan pelaksanaan Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI secara terbatas karena pandemi Covid-19, bahkan pasukan pengibar bendera (paskibra) hanya terdiri dari lima orang.

Dia menerangkan dari lima Paskibra itu, tiga orang akan bertugas melakukan pengibaran bendera dan dua lainnya sebagai cadangan. Begitu juga sebaliknya, saat penurunan tiga orang bertugas dan dua lainnya sebagai cadangan.

“Jadi setiap pelaksanaan itu ada tiga anggota paskibra yang bertugas, dua lainnya sebagai cadangan. Untuk teknisnya rollingnya disesuaikan oleh panitia,” kata Ikhwanudin. (Ant)

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Gratis Air PDAM di Kapuas Diperpanjang, Khusus Golongan Ini
apahabar.com

Kalteng

Positif Covid-19 di Pulang Pisau Disebut Unik, Simak Penjelasan Kadinkes Kalteng
Longsor Tanah Bumbu

Kalteng

Petaka Longsor di Tanah Bumbu, Perusahaan Terancam Sanksi
apahabar.com

Kalteng

Wafat Usai dari Bandung, Warga Landasan Ulin Kuatir Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Kementan Siapkan Kalteng Sebagai Lumbung Perkebunan dan Hortikultura
apahabar.com

Kalteng

Asosiasi Pengusaha Walet di Kapuas Tak Kunjung Terbentuk, Diduga Ini Penyebabnya
apahabar.com

Kalteng

Jelang Akhir PSBB, Dishub Kapuas Periksa Dua Tugboat
apahabar.com

Kalteng

Kakak-Adik di Sampit Diterkam Buaya, BKSDA Kalteng Cek Lokasi Ternyata Sarangnya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com