Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri

Tekan Stunting, Kapuas Bangun Ribuan Sarana Sanitasi Layak

- Apahabar.com Minggu, 2 Agustus 2020 - 12:59 WIB

Tekan Stunting, Kapuas Bangun Ribuan Sarana Sanitasi Layak

Kabid Cipta Karya Dinas PUPRPKP Kapuas, Jonnie ST. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Pembangunan sarana sanitasi di 36 desa Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, segera terealisasi.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Kabupaten Kapuas, Jonnie ST, mengatakan sarana sanitasi yang akan dibangun tahun ini jumlahnya sekitar 2.200 unit.

Pembangunan ribuan sarana sanitasi itu pun merupakan salah satu upaya Pemkab Kapuas untuk menurunkan angka stunting di daerah setempat.

“Tahun ini ada sekitar dua ribu dua ratus unit sanitasi yang rencananya akan dibangun tersebar di tiga puluh enam desa,” katanya di Kuala Kapuas, Sabtu (2/8).

Menurut Jonnie sarana sanitasi yang akan segera direalisasikan tersebut menggunakan tangki septik HDPE. “Tangki septiknya yang memang standar kedap air,” ujarnya.

Nah, saat ini rencana pembangunan sarana sanitasi layak yang didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut prosesnya tinggal menunggu pencairan dari pusat.

“Kalau dengan KSN desa-desa itu sudah kita kontrak, sekarang kita tinggal menunggu proses pencairan dananya dari pusat karena sumber dananya dari DAK,” terang Jonnie.

Kabid Cipta Karya Dinas PUPRPKP Kapuas ini pun berharap nantinya para kepala desa di 36 desa tersebut ikut berpartisipasi dengan memberikan data yang benar dan memantau locos sasaran pembangunan sarana sanitasi di desanya tersebut.

“Karena harus benar-benar sesuai sasaran penerimanya seperti lokasi rumahnya ada ibu hamil dan balita. Jadi, itu harus diprioritaskan dulu,” pungkas Jonnie.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Reporter: Ahc25 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Bawaslu Barut Sosialisasikan Pengembangan Pengawasan Pemilu, Ajak OMS Terlibat
apahabar.com

Kalteng

Dampak Kabut Asap, 427 Warga Barito Utara Terserang ISPA

Kalteng

Sejumlah Desa di Bukit Santui Kotim Terendam Banjir
apahabar.com

Kalteng

18 Nakes di RSUD Doris Sylvanus Positif Covid-19, Ini Sebabnya
apahabar.com

Kalteng

Wagub Kalteng: Saya Yakin Teras Narang akan Optimal Perjuangkan Kalteng di DPD RI
apahabar.com

Kalteng

Oknum PNS Kotim Kalteng Ditangkap Terkait Penipuan Bantuan Alsintan
apahabar.com

Kalteng

Picu Kebakaran 5 Hektar Lahan, Pembuat Arang Ditangkap
apahabar.com

Kalteng

Kalimantan Selatan Hujan Lagi, Simak Prakiraan BMKG
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com