Fix, Presiden Jokowi Akan Resmikan Bendungan Tapin Resmikan Bendungan Tapin, Jokowi Bertolak ke Kalsel 5 RS Ngutang Darah Miliaran Rupiah ke PMI, DPRD Banjarmasin Turung Tangan Pembunuhan di Balikpapan, “Hukum Mati Praka MAM” Menggema di Rumah Duka Antisipasi Teror Bom, PLN Kalselteng Gandeng Polda Gelar Simulasi

Tekan Stunting, Kapuas Bangun Ribuan Sarana Sanitasi Layak

- Apahabar.com Minggu, 2 Agustus 2020 - 12:59 WIB

Tekan Stunting, Kapuas Bangun Ribuan Sarana Sanitasi Layak

Kabid Cipta Karya Dinas PUPRPKP Kapuas, Jonnie ST. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Pembangunan sarana sanitasi di 36 desa Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, segera terealisasi.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Kabupaten Kapuas, Jonnie ST, mengatakan sarana sanitasi yang akan dibangun tahun ini jumlahnya sekitar 2.200 unit.

Pembangunan ribuan sarana sanitasi itu pun merupakan salah satu upaya Pemkab Kapuas untuk menurunkan angka stunting di daerah setempat.

“Tahun ini ada sekitar dua ribu dua ratus unit sanitasi yang rencananya akan dibangun tersebar di tiga puluh enam desa,” katanya di Kuala Kapuas, Sabtu (2/8).

Menurut Jonnie sarana sanitasi yang akan segera direalisasikan tersebut menggunakan tangki septik HDPE. “Tangki septiknya yang memang standar kedap air,” ujarnya.

Nah, saat ini rencana pembangunan sarana sanitasi layak yang didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut prosesnya tinggal menunggu pencairan dari pusat.

“Kalau dengan KSN desa-desa itu sudah kita kontrak, sekarang kita tinggal menunggu proses pencairan dananya dari pusat karena sumber dananya dari DAK,” terang Jonnie.

Kabid Cipta Karya Dinas PUPRPKP Kapuas ini pun berharap nantinya para kepala desa di 36 desa tersebut ikut berpartisipasi dengan memberikan data yang benar dan memantau locos sasaran pembangunan sarana sanitasi di desanya tersebut.

“Karena harus benar-benar sesuai sasaran penerimanya seperti lokasi rumahnya ada ibu hamil dan balita. Jadi, itu harus diprioritaskan dulu,” pungkas Jonnie.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Reporter: Ahc25 - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Belasan Ribu Warga Kapuas Kalteng Belum Lakukan Perekaman KTP Elektronik
apahabar.com

Kalteng

Bawaslu Kapuas Kalteng Sosialisasikan Pengembangan Pengawasan Pemilu
apahabar.com

Kalteng

Demokrat Kalteng Kehilangan Sosok Edhie Wibowo
apahabar.com

Kalteng

Pura Pura Bertamu, Pria Ini Sikat Hp dan Duit Tuan Rumah
apahabar.com

Kalteng

Polda Kalteng Kirim 100 Personel ke Barito Timur

Kalteng

Sempat Dirawat di RS, Bos Pempek yang Ditabrak Pikap di Kalteng Meninggal Dunia
apahabar.com

Kalteng

Penuhi Permintaan Masyarakat, Pekerjaan Fisik TMMD di Pangkut Bertambah
Golkar

Kalteng

Golkar Kalteng Gandeng AMPG Bantu Korban Banjir Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com