Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian WHO Tetapkan Madinah Sebagai Kota Tersehat di Dunia, Simak Alasannya

Tips Cegah Insiden Mobil Terbakar Tiba-tiba

- Apahabar.com Rabu, 12 Agustus 2020 - 09:15 WIB

Tips Cegah Insiden Mobil Terbakar Tiba-tiba

Ilustrasi insiden mobil terbakar. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Mobil terbakar tiba-tiba. Insiden itu kerap terjadi.

Pengguna mobil pun wajib waspada, tidak melakukan kebiasaan buruk, dan mempersiapkan langkah antisipasi agar skenario seperti kebakaran tak pernah terjadi.

Perlu dipahami kebakaran mobil bukan cuma bisa terjadi saat dikemudikan, melainkan juga ketika parkir. Korsleting atau arus pendek bukan satu-satunya penyebab api muncul tetapi juga bisa karena kelalaian pengemudi atau penumpang.
Berikut cara pencegahan insiden mobil terbakar menurut Suzuki Indonesia:

Cek ruang mesin

Ruang mesin merupakan area yang bisa menjadi sangat panas saat mobil dikemudikan. Area ini juga terjadi banyak aktivitas yang melibatkan kelistrikan dan api.

Pastikan tidak ada barang mudah terbakar tertinggal di dalam kap mesin seperti kain atau lap sebab bisa menyulut kebakaran. Maka dari itu selalu cek ruang mesin secara teliti apakah ada barang mudah terbakar tertinggal sebelum kap mesin ditutup.

Pastikan Tutup Oli Terpasang Rapat

Kebakaran bisa juga terjadi akibat kebocoran oli karena tutup oli tidak terpasang benar. Saat mesin hidup oil bisa menyembur keluar dari lubang pengisian dan berpotensi menetes ke knalpot yang panas sehingga mengubah percikan tersebut menjadi api.

Korsleting karena modifikasi kelistrikan

Saat memasang aksesori kelistrikan dianjurkan menggunakan sekring sebagai pengaman. Hal ini penting sebab kabel berpotensi meleleh karena tidak dipasang sempurna atau tidak sesuai arus standar mobil hingga berpotensi menjadi penyebab kebakaran.

Selain itu, sekring yang terpasang jauh dari sumber listrik (baterai/aki) dan terminal konektor yang longgar juga dapat mengakibatkan panas berlebih dan menimbulkan percikan api.

Hindari penggantian lampu-lampu dengan Watt besar

Sangat tidak dianjurkan mengganti bohlam lampu depan atau lampu kabut dengan spesifikasi watt lebih besar. Kapasitas watt yang lebih besar dari standar akan menyebabkan baterai atau aki terkuras dan berpotensi mengakibatkan panas berlebih yang mampu mengakibatkan kebakaran.

Hindari mobil dari material mudah terbakar

Hindari menempatkan mobil saat mesin hidup di dekat benda yang mudah terbakar misalnya ranting, sampah, kertas, hingga plastik.

Apabila benda tersebut menempel pada knalpot, memungkinkan terjadinya kebakaran yang menjalar ke mobil Anda.
Jangan tinggalkan powerbank terpasang

Powerbank adalah salah satu gadget yang umum dimiliki penumpang. Namun perlu dipahami ada bahaya jika meninggalkan powerbank tetap terkoneksi dengan soket daya saat mobil parkir.

Baterai atau aki mobil tetap bekerja walaupun mesin mati. Arus listrik yang terus-terusan masuk ke powerbank bisa menimbulkan panas dan api.

Hati-hati simpan korek api gas di kabin

Tanpa disadari, terkadang kita membawa korek api gas dan menyimpannya di dalam kendaraan seperti di dasbor atau laci. Apabila terjadi guncangan atau suhu di dalam kendaraan panas, korek api menjadi mudah meledak. (cnn)

Editor: Syarif

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Pandemi, Waktu Tonton Konten Otomotif di Youtube Meningkat
Jetman

Gaya

Jetman Asal Prancis Tewas Saat Latihan di Dubai
apahabar.com

Gaya

5 Manfaat Kacang Mete
apahabar.com

Gaya

Yamaha Rancang Motor Bahan Bakar Air
apahabar.com

Gaya

Pakasam atau Iwak Samu Khas Urang Banjar, Gurih dan Segar
apahabar.com

Gaya

Psikolog: Anak Korban Penculikan Rentan Depresi
apahabar,com

Gaya

Sebelum Meninggal, NH Dini Menghabiskan Masa Tua dengan Melukis
apahabar.com

Gaya

MUA Tanbu Community akan Gelar Make Up Artist Pengantin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com