ga('send', 'pageview');
Mantan Anggota DPRD Tanbu Mahyudin alias Udin Kocak Tutup Usia Gejolak Harga Elpiji, Polisi Bongkar Aksi Curang 2 Pangkalan di Banjarmasin Menyelisik Ritual Pemakaman Adat Dayak Meratus: Hamburkan Beras Kuning Agar Keburukan Tak Menyertai Peserta Ritual Sederet Alasan Dua Konfederasi Buruh Dukung Sahbirin-Muhidin di Pilkada Kalsel 2020 Wawali Banjarbaru Dilaporkan ke Bawaslu, Simak Hasil Kajian Gakkumdu

UI Uji Coba Aspal Berbahan Sampah Plastik Multilayer

- Apahabar.com Sabtu, 29 Agustus 2020 - 21:56 WIB

UI Uji Coba Aspal Berbahan Sampah Plastik Multilayer

Universitas Indonesia bekerja sama dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, PT Samudera Montaz, dan Perusahaan Konstruksi Wasco Indonesia melakukan pengaspalan jalan berbahan aspal plastik multilayer di Jalan Prof. Dr. Sumitro Djoyohadikusumo, Kampus UI Depok. Foto-Humas dan KIP UI

apahabar.com, DEPOK – Universitas Indonesia (UI) melakukan pengaspalan jalan berbahan aspal plastik multilayer di Kampus UI Depok.

Untuk Kerja sama pengaspalan, UI berkolaborasi dengan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, PT Samudera Montaz, dan Perusahaan Konstruksi Wasco Indonesia.

“Pengaspalan ini merupakan bagian dari proyek percontohan pemanfaatan bahan limbah plastik bernilai rendah sebagai campuran aspal,” kata Kepala Badan Kerja Sama,Ventura dan Digital UI Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, dalam keterangannya, Sabtu (29/8).

“Total plastik yang digunakan adalah 75 kg sampah plastik berupa limbah kemasan mie instan. Area yang diaspal lebih kurang seluas 241 meter persegi, dilakukan pada Jumat (28/8),” sambungnya.

Menurut Dedi, kolaborasi ini selaras dengan semangat UI untuk melestarikan lingkungan, salah satunya dengan mendaur ulang dan memanfaatkan limbah plastik.

“Proyek percontohan yang dilakukan saat ini merupakan penerapan model kerja sama yang optimal antara UI dan mitra industri dalam mencari solusi masalah limbah plastik,” ujarnya.

Jika uji coba ini berhasil, maka ke depannya, komplek UI akan kembali memanfaatkan aspal plastik.

Sementara itu Ahli Teknologi Polimer dari Departemen Teknik Metalurgi dan Material, Fakultas Teknik UI (DTMM-FTUI) Dr. Mochamad Chalid, mengatakan daur ulang limbah plastik bernilai rendah sebagai bahan campuran aspal merupakan solusi efektif dan berdaya guna terhadap masalah tumpukan limbah plastik yang menjadi masalah lingkungan di Indonesia.

Pada sisi lain, hal ini mampu meningkatkan kualitas aspal. Dengan komposisi yang ideal, penambahan sampah plastik tersebut ke dalam campuran aspal ini dapat meningkatkan kualitas stabilitas jalan hingga 40 persen.

Hal itu sesuai dengan hasil pengujian yang dilakukan oleh tim peneliti UI, Perusahaan Konstruksi Wasco dan PT Chandra Asri Petrochemical.

“Kualitas jalan akan menjadi lebih kuat dan tahan lama, sehingga berpotensi menghemat biaya perawatan jalan,” kata dia.

Aspal plastik diolah dari aspal biasa dengan campuran 5-6 persen cacahan sampah plastik.

Sampah plastik berupa limbah bungkus mie instan merupakan produk plastik yang terdiri atas polietilena dan polipropilena, merupakan limbah dari PT Samudera Montaz, sebuah perusahaan kemasan multilayer di Indonesia.

“Limbah plastik tersebut dicacah sehingga siap untuk dijadikan bahan campuran aspal,” kata dia.(Ant)

Editor: Aprianoor

Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Buka Raker Kemenag, Jokowi: Fokus Mitigasi Dampak Korona dan Pelemahan Ekonomi Global
apahabar.com

Nasional

Nasib Laksamana Maeda Usai Bantu Proklamasi Indonesia
apahabar.com

Nasional

Gantikan Jokowi, Hari Ini Ma’ruf Amin Bertolak ke Jepang Hadiri Penobatan Kaisar
apahabar.com

Nasional

Buruan Daftar, Prakerja Gelombang 9 Dibuka Tadi Siang, 7 Kelompok Masyarakat Ini Dilarang Mendaftar
apahabar.com

Nasional

Obituari Penderita Kanker: Wasiat Mendiang Nana Bikin Terenyuh
100 Hari Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, Simak yang Telah Dikerjakan

Nasional

100 Hari Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, Simak yang Telah Dikerjakan
Jumlah Pasien Sembuh dari Covid-19 di Yogyakarta Terus Bertambah

Nasional

Jumlah Pasien Sembuh dari Covid-19 di Yogyakarta Terus Bertambah
apahabar.com

Nasional

Damkar Jakarta Selatan Kerahkan 24 Unit Pemadam ke Kejagung
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com