Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian WHO Tetapkan Madinah Sebagai Kota Tersehat di Dunia, Simak Alasannya

Waspadai Transmisi Covid-19, Polda Kalsel Batasi Jumlah Personel di Ruang Kerja

- Apahabar.com Jumat, 21 Agustus 2020 - 18:35 WIB

Waspadai Transmisi Covid-19, Polda Kalsel Batasi Jumlah Personel di Ruang Kerja

Personel Bidang Humas Polda Kalsel yang bertugas di Media Center menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Mewaspadai transmisi Covid-19 di area perkantoran, Polda Kalimantan Selatan kini mengurangi jumlah personelnya dalam satu ruangan kerja sesuai dengan protokol kesehatan.

“Munculnya klaster Covid-19 perkantoran di beberapa tempat patut kita waspadai. Pimpinan telah memerintahkan agar seluruh ruang kerja diatur kembali jumlah personelnya,” kata Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i di Banjarmasin, Jumat (21/8).

Selain jumlah petugas yang dikurangi dari kondisi normal melalui pengaturan kerja secara bergantian, kondisi ruang kerja juga dimodifikasi agar lebih terbuka aliran udaranya.

“Penggunaan alat pendingin AC kita kurangi. Ventilasi udara harus berfungsi baik. Jadi udara dalam ruangan lebih sehat sehingga diharapkan dapat mencegah penyebaran Covid-19,” jelas Rifa’i.

Dia mencontohkan, seperti ruang Media Center milik Bidang Humas Polda Kalsel, kini hanya diisi 5 personel dalam satu kali “shift”.

Dimana sebelumnya terdapat 10 hingga 15 anggota bertugas secara bersamaan.

Protokol kesehatan juga benar-benar dijalankan seperti penggunaan masker, menjaga jarak dan tersedianya cairan pembersih tangan di setiap meja anggota yang bertugas.

Kemudian jika ada anggota dengan keluhan sakit seperti flu, maka tidak diperbolehkan untuk masuk kerja. Namun disarankan istirahat di rumah sembari benar-benar pulih dari sakitnya.

Personel Bidang Humas Polda Kalsel yang bertugas di Media Center menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan pengaturan jaga jarak dan wajib menggunakan masker.

Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Prof Dr dr Syamsul Arifin MPd mengatakan, resiko penularan virus akan menjadi semakin tinggi di dalam ruangan tertutup di mana ventilasi tidak baik. Virus juga menyukai suhu udara yang lebih sejuk dari AC.

Menurut Guru Besar Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM itu, pembatasan “sosial distancing” dalam suatu tempat sebanyak 50% dapat menurunkan transmisi dalam 5 hari kemudian sebesar 50% yaitu dari 2,5 orang menjadi 1,25 orang.

Dengan pembatasan jumlah orang, memungkinkan untuk menerapkan protokol kesehatan jaga jarak minimal 1 meter.

Menurut penelitian yang dilakukan Derek, dkk (2020) dan Andrew, dkk (2020), ungkap dia, penerapan protokol kesehatan dalam bentuk jaga jarak minimal 1 meter dapat menurunkan transmisi Covid-19 sebesar 85%.

“Menjaga jarak 1-2 meter membuat kita terhindar dari droplets besar. Namun terkadang droplets dapat terbentuk dalam bentuk ukuran kecil yang dapat terbang terbawa angin dan mengapung di udara sampai dengan 20 menit. Inilah yang rawan terjadi penularan jika di dalam ruang tertutup virus menyebar tanpa disadari,” tandasnya.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Dua Bulan, Lima Kasus Orang Tenggelam Terjadi di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Viral Poster ‘Nyeleneh’, Enam Mahasiswa Uniska Kena Sanksi
Kotabaru

Kalsel

Dear Warga Kotabaru, Covid-19 Masih Mewabah, 6 Orang lagi Positif
apahabar.com

Kalsel

DKPP RI Segera Gelar Sidang Dugaan Pelanggaran Kode Etik di KPU Banjar
apahabar.com

Kalsel

HUT Lantas ke-65, Pekerja Harian Dapat Sembako dan Masker
Banjir

Kalsel

Kapolres Balangan Siap Salurkan Bantuan Adaro ke Masyarakat Terdampak Banjir
apahabar.com

Kalsel

Duh, Warga ‘Terserah’ Padati Mal dan Pasar di Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Rapat Baru Dibuka, Anggota Dewan Langsung Pertanyakan Paman Birin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com