Duh, Jembatan Perhotelan Sepanjang Ahmad Yani Banjarmasin Dituding Langgar IMB Top! Jamu Gendong Ibu Nining asal Kintap Tembus Pasar Eropa Beres! Batas Daerah Tala dan Kabupaten Banjar Diteken Berkas Sutarti P-21, Proses Tahap 2 di Rutan Barabai Berlangsung Dramatis  Kabar Sutarti dari Rutan Barabai, Terduga Pembunuh 2 Anak Kandung di HST

5.062 Sambungan Gas Rumah Dipastikan Terpasang di Ibu Kota Baru

- Apahabar.com Sabtu, 26 September 2020 - 16:18 WIB

5.062 Sambungan Gas Rumah Dipastikan Terpasang di Ibu Kota Baru

Ilustrasi. Foto-Republika.co.id

apahabar.com, PENAJAM – 5.062 sambungan aliran gas rumah tangga dipastikan terpasang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang akan menjadi ibu kota negara baru.

Itu adalah program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Kemajuan pemasangan sambungan gas rumah tangga mencapai sekitar 80 persen,” ungkap Asisten II Bagian Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Ahmad Usman ketika dihubungi di Penajam, Sabtu (26/9).

Pipa induk ukuran 125 sentimeter untuk distribusi gas ke rumah-rumah serta regulator sistem sektor atau gardu kecil di sejumlah kelurahan dan desa juga sudah terpasang.

Sebanyak 3.862 sambungan gas rumah tangga dipasang di wilayah baru, di antaranya Kelurahan Lawe-lawe, Petung dan Waru, serta Desa Sidorejo, Girimukti dan Giripurwa.

1.200 sambungan gas rumah tangga menambah pemasangan di daerah lama, yakni di Kelurahan Penajam, Nenang, Nipah-Nipah, Sungai Parit dan Gunung Steleng.

“Tahun ini Kabupaten Penajam Paser Utara dapat kuota atau jatah sebanyak 4.762 sambungan aliran gas rumah tangga dari Kementerian ESDM,” jelas Ahmad Usman.

Namun Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mengajukan usulan penambahan kuota, dan disetujui penambahan 300 sambungan aliran gas rumah tangga.

Pengerjaan pemasangan sambungan gas rumah tangga pada 2020 menurut Ahmad Usman, bakal lebih cepat dibandingkan tahap pertama pada 2018.

“Pipa utama jaringan gas sudah tersedia yang dibangun pada 2018, tinggal dilakukan pemasangan saja. Jadi bisa lebih cepat pemasangan sambungan gasnya,” ujarnya.

Kabupaten Penajam Paser Utara kembali mengusulkan 15.000 sambungan aliran gas rumah tangga kepada pemerintah pusat untuk dipasang pada 2021.

Pemasangan sambungan aliran gas rumah tangga pada 2020 merupakan tahap kedua setelah Kementerian ESDM pada 2018 memasang 4.260 sambungan gas rumah tangga yang tersebar di lima wilayah Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara.(ant)

Editor: Puja Mandela

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

penyakit

Tak Berkategori

Kadinkes Balangan Ingatkan Penyakit Pascabanjir
apahabar.com

Tak Berkategori

Di Desa Karang Bintang, Emak-Emak Rebutan Foto Selfie Bareng Alpiya Rakhman
apahabar.com

Tak Berkategori

Usamah Penasaran dengan Program Gendong Ulun dari AnandaMu
MotoGP

Tak Berkategori

Dukung MotoGP Mandalika, 900 Unit Homestay di Lombok Rampung
SDN

Tak Berkategori

SDN Pari-Pari Kelua Tabalong Sambut Pembelajaran Tatap Muka
apahabar.com

Tak Berkategori

Obati Kerinduan Pelari, Nestle Hadirkan MILO Indonesia Virtual Run
posko

Tak Berkategori

Pastikan Keamanan Jelang Natal dan Tahun Baru, Tim Gabungan di Tanbu Pantau Posko Taman Edukasi
apahabar.com

Tak Berkategori

DPRD Banjarmasin Sahkan APBD-P 2020, Pendapatan Berkurang Hingga Ratusan Miliar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com