Muatan Politis dalam Pencopotan Sekda Tanah Bumbu Kantongi 3 Barang Bukti, Bawaslu Dalami Dugaan Pelanggaran BirinMU BW, Eks Pimpinan KPK Buka-bukaan Alasan Turun Gunung Bantu H2D Gandeng BW, Tim H2D Laporkan Dugaan Pelanggaran Petahana Kalsel ke Bawaslu Duel Juventus vs Barcelona Liga Champions Malam Ini Tanpa Ronaldo vs Lionel Messi, Link Live Streaming SCTV!

5.062 Sambungan Gas Rumah Dipastikan Terpasang di Ibu Kota Baru

- Apahabar.com Sabtu, 26 September 2020 - 16:18 WIB

5.062 Sambungan Gas Rumah Dipastikan Terpasang di Ibu Kota Baru

Ilustrasi. Foto-Republika.co.id

apahabar.com, PENAJAM – 5.062 sambungan aliran gas rumah tangga dipastikan terpasang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang akan menjadi ibu kota negara baru.

Itu adalah program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Kemajuan pemasangan sambungan gas rumah tangga mencapai sekitar 80 persen,” ungkap Asisten II Bagian Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Ahmad Usman ketika dihubungi di Penajam, Sabtu (26/9).

Pipa induk ukuran 125 sentimeter untuk distribusi gas ke rumah-rumah serta regulator sistem sektor atau gardu kecil di sejumlah kelurahan dan desa juga sudah terpasang.

Sebanyak 3.862 sambungan gas rumah tangga dipasang di wilayah baru, di antaranya Kelurahan Lawe-lawe, Petung dan Waru, serta Desa Sidorejo, Girimukti dan Giripurwa.

1.200 sambungan gas rumah tangga menambah pemasangan di daerah lama, yakni di Kelurahan Penajam, Nenang, Nipah-Nipah, Sungai Parit dan Gunung Steleng.

“Tahun ini Kabupaten Penajam Paser Utara dapat kuota atau jatah sebanyak 4.762 sambungan aliran gas rumah tangga dari Kementerian ESDM,” jelas Ahmad Usman.

Namun Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mengajukan usulan penambahan kuota, dan disetujui penambahan 300 sambungan aliran gas rumah tangga.

Pengerjaan pemasangan sambungan gas rumah tangga pada 2020 menurut Ahmad Usman, bakal lebih cepat dibandingkan tahap pertama pada 2018.

“Pipa utama jaringan gas sudah tersedia yang dibangun pada 2018, tinggal dilakukan pemasangan saja. Jadi bisa lebih cepat pemasangan sambungan gasnya,” ujarnya.

Kabupaten Penajam Paser Utara kembali mengusulkan 15.000 sambungan aliran gas rumah tangga kepada pemerintah pusat untuk dipasang pada 2021.

Pemasangan sambungan aliran gas rumah tangga pada 2020 merupakan tahap kedua setelah Kementerian ESDM pada 2018 memasang 4.260 sambungan gas rumah tangga yang tersebar di lima wilayah Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara.(ant)

Editor: Puja Mandela

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Tak Berkategori

20 Tahun Jadi Istri Kedua, Nita Thalia Sebut Penghasilannya Dipotong Selama 15 Tahun, Nurdin : Rp 30 Juta Per Bulan Buat Dia
apahabar.com

Tak Berkategori

Belasan Ribu Hewan Kurban Disiapkan, Disbunak Kalsel Pastikan Sehat
apahabar.com

Tak Berkategori

Mulai Juni, Citilink Angkut Penumpang Lagi
apahabar.com

Kalsel

Tak Digubris, Warga di Kelumpang Kotabaru Kembali Adang Truk Perusahaan Sawit
apahabar.com

Tak Berkategori

Keterbatasan APD, Petugas Jemput Pasien Terpaksa Gantian Baju Pelindung

Kalsel

Dugaan Korupsi Retribusi Parkir Ulin Raya: Jaksa Kantongi Dokumen “Emas”
apahabar.com

Tak Berkategori

Sakura Bermekaran di Jepang pada 2019, Catat Tanggalnya
apahabar.com

Tak Berkategori

Protokol Kesehatan di THM, Tunggu Surat Keputusan Bersama
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com